Jember Hari Ini

Jember Hari Ini - Setiap daerah memiliki sejarah yang kemudian di biaskan menjadi nama sebuah nama daerah / kawasan. Seperti halnya Jember, Kota yang letaknya sebelah selatan Kota Bondowoso ini memiliki luas wilayah dua kali lipat kota Bondowoso dan juga penduduknya yang sangat padat.

Sangat tepat sekali jika Jember terdapat Bandara dan restoran kelas atas mendirikan gerainya di kota ujung timur pulau jawa. Selain padat penduduknya, Jember juga terdapat Universitas ternama dimana mahasiswanya berasal dari luar kota.


Jember Hari Ini
Jember Hari Ini

Banyak cerita dan banyak versi tentang asal usul Kota Jember tapi memang yang namanya sejarah tetap harus di gali dan di ajarkan ke anak bangsa.

Satu versi menyatakan Sejarah nama Jember di ambil dari putri kerajaan pada saat itu.

Cerita berakhir dengan deskripsi kematian Endang Ratnawati atau Putri Jembersari sehingga namanya diabadikan sebagai nama daerah yang sekarang dikenal sebagai Jember.

Kisah ini juga terdiri dari tiga lingkaran aksi, yaitu lingkaran aksi putri dan ayah, lingkaran aksi penjahat, dan lingkaran aksi para pahlawan.

Selain itu, ada makna budaya implisit yang ditemukan dalam asal-usul Cerita Rakyat Jember, seperti makna filosofi hidup yang dimiliki oleh orang Jawa.

Salah satu bentuk pandangan hidup yang dimiliki oleh orang Jawa adalah mengembara. Kebiasaan hidup mandiri membentuk pola pikir dan sikap untuk menjadi lebih dewasa dan introspeksi.

Versi lain lain juga menceritakan, sejarah Kota Jember karena dulunya kawasan tersebut banyak lumpur, kata orang jawa jembrek. Yang dimaksud banyak lumpur disini mungkin rawa atau sering terjadi banjir atau bisa jadi memang daerahnya subur makmur, yang dimana ada air daerah itu pasti subur.

Demikian cerita asal usul nama Jember hari ini yang belum begitu akurat, akan kami coba memperjelas ceritanya dilain waktu dengan mencantumkan sumber terpercaya.

Sumber : berbagai sumber internet dan info warga jember

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel