Jack Ma Mendadak Pensiun Dini, Apa Alasannya? Siapa Penggantinya?

Alibaba Grup mengumumkan Chairman of the Board Alibaba Group bukan lagi Jack Ma tetapi Daniel Zhang, Zhang sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer. Diharapkan menggantikan Jack Ma melanjutkan kepemimpinan di perusahaan teknologi ini.

Jack Ma Mendadak Pensiun Dini, Apa Alasannya? Siapa Penggantinya?


Jack Ma Mendadak Pensiun Dini, Apa Alasannya? Siapa Penggantinya?
Jack Ma

Tak langsung lepas, untuk memastikan transisi kepemimpinan ke Daniel Zhang berjalan dengan lancar, selama 12 bulan kedepan Jack Ma masih akan mengawal Alibaba Grup. Jack Ma adalah mitra seumur hidup di Alibaba Partnership dan anggota komite kemitraan perusahaan.

Kemitraan Alibaba saat ini terdiri dari 36 mitra yang juga anggota manajemen senior dan perusahaan afiliasi Alibaba Group.

Ma akan menyelesaikan tugas sebagai anggota Direksi Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan pada tahun 2020.

Sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga Alibaba Group, Kemitraan Alibaba memiliki hak untuk mencalonkan sebagian besar anggota Dewan Direksi di perusahaan.

Setelah diganti, Ma mengirim surat yang ditujukan kepada pelanggan, karyawan, dan pemegang saham Alibaba. Dalam surat itu, Ma menjelaskan bahwa suksesi Ketua Eksekutif adalah pengumuman yang menggembirakan bagi Ma.

"Hari ini, bertepatan dengan peringatan 19 tahun Alibaba, saya senang berbagi berita gembira: Dewan direksi telah sepakat bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019, yang juga merupakan peringatan 20 tahun Alibaba, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Ketua Dewan Grup Alibaba. Dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan dengan lancar, setelah itu, saya akan tetap berada di dewan direksi Alibaba sampai Jenderal Rapat Pemegang Saham pada tahun 2020, "tulis Ma.

Dalam surat itu, Ma menjelaskan bahwa, ia telah memikirkan dan menyiapkan rencana suksesi selama sepuluh tahun terakhir. Berkat dukungan Kemitraan Alibaba dan dewan direksi, kata Ma, dia sangat senang dapat mengumumkan rencana ini.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua kolega di Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kami selama 19 tahun terakhir telah mempersiapkan kami untuk apa yang dicapai hari ini dengan keyakinan dan kekuatan," lanjut Ma.

Ma menutup surat itu dengan menyatakan bahwa Alibaba bukan miliknya, tetapi dia milik Alibaba.

"Satu hal yang bisa aku janjikan kepada semua orang adalah: Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma akan selamanya menjadi milik Alibaba," Ma menyimpulkan.

Sumber :
https://tekno.tempo.co/read/1125205/jack-ma-mundur-dari-alibaba-group-ini-penggantinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel