Batik Tulis Tamanan, Motif dan Corak Khas Bondowoso Banget

Batik Bondowoso, Batik Tamanan - Batik merupakan salah satu warisan budaya yang tidak bisa dikesampingkan. Ada sejarah dan filosofi di balik setiap motif yang ada di kain batik.

Meski terlihat sama, namun antara batik Bondowoso, Yogyakarta, Solo, Jember hingga Pekalongan memiliki karakteristik masing-masing. Baik dari segi motif, ukuran, hingga warna.

Karakteristik batik Bondowoso terinspirasi dari daun singkong dan tembakau, dimana Bondowoso sendiri memiliki makanan khas tape yang bahan dasarnya adalah singkong serta penghasil tembakau sebagai bahan rokok.


Batik Bondowoso


Para wanita desa sibuk dengan canting mereka untuk membuat batik, sementara para pria melakukan kegiatan lain seperti mengolah malam, mencelupkan kain, mengeringkan dan sebagainya. Umumnya bisnis batik telah dilakukan dari generasi ke generasi.

Sebagai bagian dari batik Indonesia yang memiliki keragaman motif, pola, dan pola yang mencerminkan unsur-unsur daerah asal, seperti motif batik Tamanan Bondowoso juga memiliki karakteristik sendiri baik dari segi gaya dan warna, yaitu hijau.

Sehingga disebut sebagai batik daun singkong / ketela dan. Motif pada setiap helai kain batik Tamanan juga mengandung makna dan filosofi tertentu. Tamanan tidak hanya terkenal tahu nya, tetapi terkenal batik tulisnya.


Batik Bondowoso, Batik Tamanan
Batik Bunga Tembakau

Gabungan Motif Daun Ketela dan Tembakau

Batik Tembakau

Batik Bondowoso, Batik Tamanan
Batik Daun Tembakau

Tak hanya di Tamanan saja, di Bondowoso juga terdapat batik tulis yang sudah mengudara yang berada di Desa Sumbersari, Maesan.

Sumber foto : https://batiktamanan.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel