Tips Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Tips Cara Investasi Reksa Dana - Reksa dana adalah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Sistem reksa dana cukup sederhana, investor hanya menempatkan sejumlah modal yang dipercayakan kepada para profesional untuk diinvestasikan kembali.

Karena sistem ini, Anda tidak perlu khawatir dan memikirkan saham atau obligasi apa yang harus Anda beli. Anda hanya perlu menentukan reksa dana apa yang ingin Anda beli.

Selanjutnya, manajer investasi bersertifikat dan profesional akan mengelola modal Anda.

Tips Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Langkah-langkah untuk Membeli Reksa Dana

1. Memilih Reksa Dana untuk Dibeli
Ada lebih dari 800 produk reksa dana yang dijual di Indonesia. Untuk mengetahui fakta atau informasi material tentang produk reksa dana secara lengkap dan rinci, Anda dapat membaca prospektus reksa dana (informasi lengkap tentang reksa dana).

Alternatif lain untuk mendapatkan informasi tentang produk reksa dana adalah melalui dokumen Fact Fact Fund.

Dokumen ini umumnya diterbitkan setiap bulan oleh Manajer Investasi (MI). Lembar Fakta Dana berisi laporan kinerja bulanan dan ringkasan informasi penting tentang prospektus, seperti tujuan investasi, strategi investasi, komposisi portofolio, dana investasi minimum, dan sebagainya.

Luangkan waktu Anda untuk mempelajari produk, terutama kebijakan dan risiko investasi, dan kenali track record dan reputasi MI.

Pelajari prosedur untuk berinvestasi dalam reksa dana, termasuk biaya transaksi jika ada. Kemudian, pilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi dan kemampuan ekonomi Anda.

2. Mengunjungi Poin Penjualan Reksa Dana
Setelah memilih investasi reksa dana untuk dibeli, Anda dapat mengetahui di situs web Manajer Investasi Reksa Dana, apakah kita dapat membeli reksa dana langsung dari MI (seperti Panin atau Trimegah) atau harus pergi ke agen penjual (seperti Schroders / BNP) Paribas hanya mengizinkan pembeli melalui agen penjual mereka di bank).

Jika Anda sudah tahu ke mana harus membeli reksa dana, yang harus Anda lakukan adalah datang dan buka rekening dana investasi.

Jika di bank, Anda mencoba datang ke kantor cabang utama, karena tidak semua kantor cabang dapat melayani pembukaan rekening dana investasi.

3. Membeli Reksa Dana
Jika Anda membeli reksa dana langsung dari MI, Anda biasanya akan diminta untuk mentransfer uang sesuai dengan yang Anda inginkan ke rekening reksa dana.

Kemudian Anda mengirim / memberikan salinan bukti transfer ke Layanan Pelanggan dari MI untuk diproses sebagai pembelian awal (serta pembelian berikutnya).

Harus diingat, akun untuk setoran haruslah nama reksa dana, bukan akun pribadi atau akun perusahaan.

Jika Anda membeli dari agen penjual bank, Anda biasanya akan diberikan formulir untuk diisi dengan nominal yang akan dikurangkan dari rekening tabungan Anda.

Beli Secara Konsisten dan Ikuti Perkembangannya
Setelah Anda berhasil melakukan pembelian pertama, langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pembelian yang konsisten.

Anda harus membayangkan berinvestasi dalam reksa dana seperti menabung. Anda harus melakukannya secara konsisten untuk hasil yang lebih baik.

Jangan membeli dan menjual reksa dana jika Anda tidak mengerti benar untuk membeli dan menjual transaksi, karena itu hanya akan merugikan Anda dan investasi Anda.

Belajar perlahan dengan mengikuti perkembangan hasil keuntungan reksa dana Anda ketika Anda berinvestasi secara konsisten.

Setelah itu, jika Anda sudah mulai mengerti dan memiliki lebih banyak pengetahuan, maka Anda bisa melakukan transaksi jual beli. Selamat mulai berinvestasi dalam reksa dana.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.