Syarat Makanan Sehat Menurut Ahli Gizi dan Nutrisi

Syarat Makanan Sehat - Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu syaratnya adalah mengonsumsi makanan sehat. Makanan dikatakan sehat jika memenuhi beberapa syarat. Makanan sehat itu makanan yang higienis mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Jangan menunggu anda sakit lalu makan makanan sehat, sebelum penyakit menyerang tubuh sebaiknya makanlah makanan sesuai standard pemerintah melalui dinas kesehatan.


Syarat Makanan Sehat Menurut Ahli Gizi dan Nutrisi


Berikut 8 Persyaratan Makanan Sehat yang harus dipenuhi agar tubuh menjadi sehat :

1. Makanan harus murni, utuh, dan alami. Tidak menjalani rekayasa genetika, tumbuh secara alami tanpa campur tangan manusia. Akar atau umbi utuh, batang, buah, kulit kayu, biji-bijian, daun, dan bunga utuh. Bebas dari polusi kimia seperti pestisida kimia atau kandungan residu kimia 0%.

2. Mengandung unsur nutrisi lengkap. Sumber hidrat arang, seperti beras, jagung, dan umbi-umbian. Sumber protein, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Sumber daya mineral, seperti sayuran. Sumber vitamin, seperti buah-buahan.

3. Makanan yang dikonsumsi 60% mentah dan segar. Tujuannya untuk mendapatkan makanan yang padat nutrisi dan mengandung banyak serat alami.

4. Komposisi pH makanan terdiri dari 20% asam dan 80% basa. Tubuh sakit asam, ini bisa terjadi karena makanan yang bersifat asam memasuki tubuh lebih dari 20%. Sumber makanan yang menghasilkan pH asam dalam tubuh adalah arang dan protein hidrat. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan alkali

5. Makanan harus bervariasi. Makanan yang dikonsumsi, meskipun berbeda tetapi masih terdiri dari 4 macam dan tingkat gizi satu sama lain saling melengkapi. Perlunya variasi makanan untuk menghilangkan kebosanan atau kebosanan dengan satu makanan.

6. Jumlah makanan atau asupan yang kita makan benar. Itu tidak berlebihan dan tidak kurang. Kelebihan makanan bisa memicu obesitas. Kekurangan makanan akan menyebabkan kekurusan.

7. Pemanenan, penyimpanan, dan pemrosesan makanan harus sesuai. Memanen, menyimpan, dan mengolah makanan harus tepat untuk mendapatkan makanan yang sangat baik, tidak rusak, dan bergizi tinggi. Pengolahan makanan harus direbus atau dikukus. Makanan yang digoreng hanya akan menyebabkan kolesterol tinggi.

8. Menggunakan pertanian organik. Untuk mendapatkan makanan yang memenuhi persyaratan di atas, makanan harus diproduksi dari pertanian organik atau berkelanjutan yang tidak menggunakan bahan kimia.

Sebenarnya Ada beberapa syarat tambahan, tidak hanya 8 syarat diatas tapi mungkin ini yang utama syarat makanan sehat.

Sumber : https://syaratregistrasi.blogspot.com/2019/08/syarat-makanan-sehat-menurut-para-ahli.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel