Cara Menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku Untuk Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu

Cara cek Sertifikat Tanah -Tanah dapat dianggap sebagai salah satu aset berharga. Bagaimana tidak, harga tanah dari tahun ke tahun selalu meningkat, baik untuk investasi maupun penggunaan properti lainnya.

Salah satu hal penting atau penting ketika Anda ingin membeli tanah adalah untuk memeriksa keaslian sertifikat.

Sertifikat tanah adalah bukti kepemilikan tanah yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Ketika Anda ingin membeli tanah, Anda harus memeriksa atau memeriksa keaslian sertifikat dari penjual. Untuk mengetahui apakah sertifikat tanah itu asli atau tidak, Anda dapat menggunakan layanan notaris yang akan memeriksa.

Cara Menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku Untuk Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu

Pengecekan itu sendiri juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). BPN dapat memeriksa keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat pengukuran, dan buku tanah. Ini diatur dalam Pasal 34 PP No. 24 tahun 1997.

Prosesnya memang bisa berlangsung dalam satu hari. Namun, jika antriannya tinggi, Anda bisa menunggu hingga hari berikutnya.

Untuk alasan ini, sekarang di era teknologi dan serba online, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan aplikasi "Sentuh Tanahku", yang dapat diunduh secara gratis melalui PlayStore atau App Store.

Dikutip dari situs resmi ATR / BPN, dengan aplikasi Tap Tanahku, jika sertifikat tanah belum terdaftar dalam aplikasi, Anda dapat melaporkannya langsung melalui aplikasi ini dengan memasukkan informasi sertifikat terperinci dan bukti foto sertifikat Anda.

Namun, untuk dapat menggunakan fitur info file dan info sertifikat, Anda harus mengkonfirmasi nomor identifikasi tempat tinggal (NIK) ke kantor pertanahan terdekat untuk proses aktivasi.

Selain itu, Sentuh Tanahku menghadirkan fitur untuk kavling tanah yang berpartisipasi jika sertifikat tanah Anda belum dicatat sebagai sebidang tanah di peta yang dapat diperiksa pada fitur lokasi plot.

Berbagai informasi tentang ketentuan pengaturan layanan juga disajikan bersama dengan simulasi biaya interaktif sehingga Anda dapat memperkirakan jumlah biaya yang diperlukan untuk mengatur layanan.

Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan aplikasi Tap Tanahku seperti dikutip dari situs web resmi BPN:

Langkah dan Cara Menggunakan Aplikasi Sentuh Tanahku

1. Unduh atau Unduh Aplikasi Sentuh Tanahku
Aplikasi Sentuh Tanahku Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional tersedia dalam versi Android dan iOS.

Untuk versi Android, aplikasi ini dapat diunduh melalui alamat URL https://play.google.com/store/apps/details?id=en.go.bpn.touch

Sementara itu, untuk iOS, Sentuh Tanahku dapat diunduh melalui alamat URL: https://itunes.apple.com/app/app/sentuh-tanah / id1287142144? Mt = 8

2. Daftarkan Akun Baru
Setelah Anda mengunduh aplikasi dan menginstalnya, pertama kali Anda menggunakan aplikasi ini adalah mendaftarkan nama pengguna dan kata sandi. Nama pengguna tidak boleh mengandung spasi. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:
  • Lengkapi formulir pendaftaran
  • Dapatkan pemberitahuan pendaftaran
  • Periksa email Anda dan klik tautan aktivasi akun
  • Klik tombol aktivasi
  • Pengguna telah diaktifkan, silakan masuk
3. Halaman Login / Login
Untuk memasukkan aplikasi, pengguna harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi dengan benar.
  • Jika kata sandi lupa, pengguna dapat mengatur ulang kata sandi dengan menyentuh tautan kata sandi yang dilupakan.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda lalu klik tombol "enter". Jika nama pengguna dan kata sandi benar, maka pengguna akan masuk ke menu utama, sentuh tanah saya.
4. Menu Pemberitahuan
Perangkat seluler menerima notifikasi secara real-time dari sistem dan menampilkan info di header bar untuk Android dan pusat notifikasi di iOS.

5. Menu Info File
Untuk mengetahui file yang diminta di Kantor Pertanahan, Anda dapat menggunakan menu Info File.
  • Daftar File Pengguna: Menampilkan informasi tentang kemajuan manajemen file (jika pengguna diverifikasi)
  • Detail File Pengguna: Menampilkan informasi file terperinci dari salah satu daftar file
  • Pencarian File: Cari informasi file spesifik
Informasi File (Akun Terverifikasi)
  • Daftar file yang terkait dengan pemilik akun sebagai pemohon dan pengacara akan ditampilkan sebagai daftar file (berdasarkan NIK).
  • Pengguna dapat menyentuh daftar untuk melihat detail file.
  • Kenyamanan yang ditawarkan adalah bahwa pengguna yang diverifikasi tidak perlu mengingat nomor file.
6. Menu Info Sertifikat
Menampilkan informasi daftar kepemilikan bersama dengan detail sertifikat. Jika sertifikat fisik belum tersedia dalam daftar kepemilikan sertifikat, pengguna dapat melaporkan informasi sertifikat yang belum tersedia.

Daftar agunan berfungsi untuk menampilkan informasi daftar kode agunan dari sertifikat.

Daftar sertifikat yang terkait dengan pemilik akun akan ditampilkan sebagai daftar kepemilikan (berdasarkan NIK). Pengguna dapat menyentuh daftar untuk melihat detail sertifikat.

Dari detail sertifikat, pengguna dapat melihat lokasi parsel mereka di peta atau membantu memplot parsel jika belum dipetakan (lihat Mencari Lokasi Plot).

Kenyamanan yang ditawarkan adalah bahwa pengguna yang terverifikasi tidak perlu mengingat nomor sertifikat mereka di semua wilayah Indonesia.

Jika kepemilikan tidak muncul, pengguna dapat melaporkan kepemilikan mereka melalui aplikasi ini.
Pelaporan Sertifikat dan Lokasi Kepemilikan
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dari menu informasi sertifikat, pengguna dapat melaporkan kepemilikan.
  • Untuk melaporkan sertifikat kepemilikan, pengguna perlu mengetahui nomor sertifikat beserta wilayah administrasinya.
  • Selain itu, pengguna harus mengunggah foto sertifikat yang dilaporkan sehingga dapat diperiksa silang dengan buku tanah di Kantor Pertanahan.
  • Selain itu, Kantor Pertanahan akan memverifikasi data dan memasukkan NIK pengguna ke dalam catatan buku pertanahan yang disebutkan dalam database KKP.
7. Menu Plot Bidang tanah
Untuk memplot bidang, pengguna harus memasukkan nomor sertifikat yang akan diplot. Selanjutnya pengguna harus menggambar bidang tanah pada peta sesuai dengan bentuk dan lokasi mereka.

Selanjutnya, dengan menyentuh menu save plot, data akan disimpan di server. Kantor Pertanahan akan memverifikasi data nanti. Jika plot bidang Anda telah diverifikasi, bidang Anda akan muncul di plot bidang.

8. Menu Lokasi Tanah
Pengguna memilih area administratif dari sebidang tanah, kemudian memasukkan jenis hak dan nomor. Dengan menyentuh tombol proses, lokasi sebidang tanah yang dimaksud akan ditunjukkan pada peta. Peta bersifat interaktif, pengguna dapat menggeser, memperbesar, bahkan memutar peta.

9. Menu Info Layanan
Daftar dan Pencarian Info Layanan: Menampilkan daftar informasi layanan dan menyertakan fitur pencarian layanan untuk memudahkan pengguna menemukan informasi tentang syarat, biaya, dan jangka waktu penyelesaian, serta simulasi biaya.

Pengguna dapat memilih jenis layanan yang mereka inginkan atau mencari berdasarkan kata kunci. Dengan menyentuh layanan yang dipermasalahkan, Sentuh Tanahku akan menampilkan persyaratan, waktu (menurut SPOPP 1/2010), tarif biaya (sesuai PP 128/2015) dan simulasi biaya.

Sumber :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel