Tips Sebelum Membeli Bibit Gaharu

Tips Membeli Bibit Gaharu - Gaharu, umumnya tumbuh di hutan Kalimantan di daerah perbukitan, mulai mengurangi habitat jenis ini yang biasanya menghasilkan gubal gaharu berkualitas terbaik (super). Jika ingin budidaya pohon gaharu, diharapkan membaca tips membeli bibit gaharu.

Gaharu pesisir umumnya tumbuh di lembah berbukit juga di tepi atau dekat dengan aliran sungai berdaun lebar seperti daun sirsak. Jenis ini jarang didapat kualitas super. Jadi berhati-hatilah membeli pohon gaharu apalagi via online.

Tips Sebelum Membeli Bibit Gaharu

Ada beberapa tips sebelum membeli bibit gaharu yakni :
  1. Pada umumnya petani gaharu berkelompok untuk menghindari gaharu palsu dan susah jual gubal gaharu, jadi bergabunglah dengan kelompok tersebut.
  2. Belajar bersama kelompok petani tentang pohon termahal ini.
  3. Tanam di lahan terdekat dari rumah anda agar mudah di pantau atau rumah penjaga.
  4. Bersedekah
Gaharu tumbuh di lereng bukit juga lembah, batang pohon kecil (terbesar dari lengan kita) memiliki akar tunggal yang besar, gubal gaharu ditemukan pada akar tunggal yang biasanya menghasilkan kualitas Super terbaik untuk mendapatkan gubal gaharu.

Harga gaharu yang sangat mahal membuat perburuan kayu gaharu meningkat di hampir setiap desa, ada kelompok orang yang mencari gaharu ke dalam hutan, pekerjaan mencari gaharu sangat melelahkan untuk sampai ke hutan di mana kayu berada dibutuhkan untuk sekitar 3 hari atau bahkan berjalan tidak harus bertemu dengan gambar pohon gaharu (51) harus bermutasi di hutan terlebih dahulu. terus kalau ada pohon gaharu belum tentu ada juga gubal (teras) gaharu.

Kelompok pencari gaharu memiliki keterampilan rata-rata dalam memprediksi ada atau tidaknya gubal di pohon gaharu. jika mereka berpikir bahwa pohon itu diprediksi memiliki gubal gaharu, mereka akan memotongnya langsung jika prediksi tidak ada, mereka pergi dan mencari yang lain, dan seterusnya.

Sangat membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan gubal gaharu di hutan yang harus mereka belanjakan malam di hutan lebat selama berminggu-minggu minggu dan beberapa bahkan hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang memadai, atau sampai persediaan mereka habis (beras).

Manfaat Kayu Gaharu Untuk Kesehatan
  1. Mengatasi Sakit Perut
  2. Menjaga Kesehatan Ginjal
  3. Menurunkan Tekanan Darah
  4. Mencegah Penuaan Dini
  5. Mencegah Dan mengobati Tumor
  6. Merilekskan Pikiran
Proses mengambil gubal (teras) gaharu dari pohon
Setelah pohon yang diprediksi ada gubuk dalam penebangan pohon, itu ditebang dan dihaluskan, dicari bagian dari pohon yang memiliki gaharu, dari batang pohon, ranting-rantingnya juga ranting. akar.

Butuh keahlian khusus dalam hal ini. bagian dari pohon yang memiliki teras adalah apa yang mereka bawa pulang (masih dalam bentuk kasar) kemudian ketika dia tiba di rumah (desa) maka bentuk kasar dibersihkan dengan hati-hati sampai hanya teras, lagi-lagi diperlukan keterampilan khusus, mereka memproses menggunakan alat pisau kecil yang biasa disebut peraut.

Itulah tahap pengolahan kayu gaharu hingga menjadi teras gaharu. Sangat sulit untuk mendapatkan teras gaharu bernilai tinggi, ada beberapa hal yang harus kita acungkan jempol kepada para pencari gaharu:

- Mereka tidak akan memotong kayu gaharu yang mereka prediksi. Tidak ada teras. Ini berarti tidak semua pohon gaharu yang mereka temui di hutan ditebang, sehingga pelestarian gaharu tetap ada di hutan.

- Usaha mereka begitu gigih dalam mendapatkan hasil untuk keluarga, meninggalkan keluarga selama berbulan-bulan, berjalan selama berbulan-bulan sambil membawa barang untuk persediaan, bayangkan saja ketika mereka membawa persediaan dan peralatan hampir 40kg masing-masing dengan berjalan 3 hari, begitu Anda membawa pulang lagi kayu gaharu.

Bahkan jika Anda beruntung, karena tidak harus setiap kali Anda pergi, pulang dengan hasil, Anda juga gagal mendapatkan teras gaharu meskipun Anda telah di hutan selama berbulan-bulan.

- kelompok-kelompok ini tidak ingin mencari gaharu di hutan lindung karena warganya masih mengikuti aturan pemerintah

3 hal yang menurut kami perlu diacungi jempol untuk kelompok pencarian gaharu, betapapun mahalnya harga kayu gaharu mereka masih ingat pelestarian kayu gaharu demi anak dan cucu mereka, juga untuk hutan Kalimantan yang kita cintai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel