SKCK Bondowoso

SKCK Bondowoso - SKCK kependekan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang memiliki fungsi sebagai bukti bahwa si pemilik SKCK telah membuat keterangan dirinya tidak memiliki riwayat kriminal.

SKCK wajib di buat dan di keluarkan oleh pihak kepolisian, instansi lain tidak diberi kewenangan mengeluarkannya. Pada umumnya, SKCK di keluarkan untuk kebutuhan syarat pelengkap lamaran kerja dan pindah rumah ke luar kota.

Dengan melengkapi secarik kertas SKCK, perusahaan atau tetangga rumah baru merasa nyaman dengan kedatangan orang baru. Banyak kegunaan lain dari SKCK adalah sebagai syarat pelengkap sebagai peserta sebuah acara, seminar, dan sebagainya.

Mengurus SKCK sangat mudah, estimasi waktu mendapatkan SKCK hanya 2 jam, tidak sesulit mengurus SIM. Dan biaya membuat SKCK hanya Rp 30.000 sebagai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) baik SKCK baru maupun perpanjang SKCK.

Apa syarat bikin SKCK?
  1. FC KTP dengan menunjukan KTP asli.
  2. FC Paspor. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  3. FC Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah.
  4. FC kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
  5. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Diatas itu persyaratan buat SKCK khusus untuk warga negara Indonesia (WNI), bagaimana dengan warga negara Asing (WNA)? WNA juga dapat memiliki SKCK dengan syarat- syarat :
  1. Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.
  2. Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI).
  3. Fotokopi Paspor.
  4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  5. Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.
  6. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.
Begitu mudahnya membuat SKCK apalagi biaya murah hanya 30.000 dengan menunggu 2 jam selesai gak ribet. Perpanjang SKCK sebelum masa berlaku habis, SKCK berlaku selama 6 bulan sejak SKCK di terbitkan.

Informasi lengkapny silahkan datang langsung ke Polsek / Polres Bondowoso atau POLRES terdekat dimana anda tinggal.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.