Sejarah dan Syarat Kuliah di Universitas Kerala

kerala university - Universitas yang satu ini merupakan perguruan tinggi ternama di India yang masih eksis walaupun pernah turun kualitasnya pendidikannya. Tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan di Univeristas ini.

Calon mahasiswa wajib mengikuti ujian dan melengkapi syarat-syarat sebelum menjadi mahasiswa kerala university. Tak sedikit orang merasa kecewa setelah menerima hasil pengumuman ujain calon mahasiswa.

Sejarah Universitas Kerala
Salah satu dari 16 Universitas pertama di India, Universitas Kerala didirikan sebagai Universitas Travancore di negara bagian Pangeran Travancore (sekarang bagian selatan Kerala dan beberapa bagian negara bagian Tamilnadu) di tahun 1937.

Selama 7 dekade sejak Universitas Kerala tumbuh dan menyusut secara fisik dan mengubah dirinya dalam banyak cara. Sulit untuk meringkas apa Universitas Kerala dalam ruang singkat.
Pendiri bersama dengan Pro-Kanselir, VC, PVC, dan Panitera
Asal usul paling awal dari Universitas dapat ditelusuri kembali ke dua institusi pembelajaran modern di Kerala, University College, Thiruvananthapuram dan Trivandrum Observatory. 

University College pada awalnya didirikan sebagai Sekolah Gratis Maharaja oleh Maharaja Swathi Thirunal pada tahun 1834, dengan Bapak John Roberts. Seorang Missonary Kristen sebagai Kepala Sekolah, dan segera tumbuh menjadi sebuah perguruan tinggi pada tahun 1866, berafiliasi dengan Universitas Madras.

Ketika Universitas Travancore didirikan, Departemen perguruan tinggi menjadi Departemen Universitas, hanya untuk beralih kembali ketika transformasi ke Universitas Kerala terjadi pada tahun 1957. University College masih mempertahankan hubungannya dengan Universitas sebagai perguruan tinggi yang terafiliasi.

Trivandrum Observatory didirikan pada tahun 1838 dan memiliki seorang ilmuwan terkenal internasional, John Caldecott FRS sebagai Direktur pertamanya. Itu menjadi bagian dari Universitas Travancore, tetapi untuk beberapa waktu dikelola sebagai lembaga pemerintah yang independen. Sekarang lembaga tertua di bawah Universitas Kerala.

Universitas Travancore didirikan pada tahun 1937 oleh sebuah pengumuman Maharajah dari Travancore, Sri Chithira Thirunal Balarama Varma yang juga merupakan Kanselir Universitas yang pertama. Sir C. P Ramaswamy Ayyar, Diwan (Perdana Menteri) Negara saat itu adalah Wakil Rektor pertama. Dia adalah seorang sarjana terkemuka dan administrator yang cakap.

Dikatakan bahwa Pemerintah melakukan upaya yang gagal untuk mengundang Albert Einstein menjadi Wakil Rektor pertama. Universitas dimodelkan setelah Universitas terbaik di Inggris, dan bahkan hari ini mempertahankan beberapa fitur ini. Namun sistem afiliasi Universitas berkembang menjadi berbeda dari sistem perguruan tinggi di Universitas Inggris.

Hanya sepuluh perguruan tinggi di Negara Bagian Travancore, yang pada waktu itu berafiliasi dengan Universitas Madras, menjadi perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Universitas Travancore.

Pada tahun 1954, negara bagian Kerala yang bersatu terbentuk dengan sebagian besar Travancore dan seluruh negara bagian Cochin dan Malabar sebagai presiden Madras menjadi bagian darinya. Kerala University Act (Act 14 of 1957) diberlakukan dan University of Travancore diubah namanya menjadi University of Kerala.

Universitas memiliki tiga kampus yang terletak di tiga bagian berbeda Negara yaitu. Thiruvananthapuram, Ernakulam dan Kozhikode. Jumlah perguruan tinggi yang berafiliasi tumbuh secara fenomenal.

Namun, pada tahun 1968, Pusat Universitas di Kozhikode menjadi Universitas penuh, Universitas Calicut, yang mengafiliasi perguruan tinggi yang berlokasi di distrik Thrissur, Palakkad, Kozhikode dan Kannur di Kerala dan mengubah Pusat Kozhikkode menjadi Departemen Universitas.

Universitas Sains dan Teknologi Cochin - CUSAT - (1971), Universitas Pertanian Kerala (1971) dan Universitas Mahatma Gandhi (1983) kemudian didirikan, dengan CUSAT mengambil alih pusat Universitas di Cochin. Perkembangan ini telah menyusutkan yurisdiksi Universitas Kerala ke Thiruvananthapuram, Kollam, Distrik Alappuzha dan beberapa bagian dari Distrik Pathanamthitta.

Saat ini, Universitas memiliki enam belas fakultas dan empat puluh satu departemen pengajaran dan penelitian di samping pusat studi dan departemen lainnya. Perpanjangan Pengajaran, Penelitian dan Pengetahuan adalah mandat dari Departemen.

Mereka terutama berfokus pada program pasca sarjana (master), program MPhil (gelar penelitian 1 tahun) dan penelitian doktoral. Pada 2007, Universitas memberikan lebih dari 100 PhD. (Kegiatan penelitian Universitas juga berlangsung di perguruan tinggi tertentu dan pusat penelitian yang diakui di dalam dan di luar negara).

Universitas di fakultasnya memiliki para ulama terkemuka yang dilatih di bawah tokoh-tokoh legendaris (mahasiswa Sir C V Raman di Departemen Fisika, mahasiswa Prof S R Ranganathan di bidang Ilmu Perpustakaan dan mahasiswa Prof Benjamin Bloom di Departemen Pendidikan).

Beberapa anggota fakultas sendiri adalah legenda, seperti penyair terkenal K Ayyappa Panciker, sarjana Timur T Ganapathi Sasthri dll. Jumlah total siswa penuh waktu di Departemen Universitas di atas 2000 termasuk siswa penelitian dan sejumlah kecil siswa asing.

Institute of Distance Education menawarkan sejumlah program sarjana dan pascasarjana yang melayani lebih dari 7000 siswa, di seluruh negeri dan luar negeri.

Universitas juga memiliki sejumlah pusat studi di bidang-bidang khusus seperti teknologi Nano, Studi Kerala, Bioinformatika, Studi Womens, Kesulitan Belajar, Studi Sree Narayana, Studi Gandhi dll. Beberapa pusat studi ini telah mengajarkan program (Sertifikat / Diploma / Master / Mphil) dan banyak menawarkan program PhD. 

Universitas juga telah mendirikan 10 Universitas Pendidikan Guru (UTEC) dan 8 Universitas Institute of Technologies (UIT) yang keduanya menawarkan program sarjana (BEd dalam UTECs dan BSc Ilmu Komputer / IT, Elektronik / BBA dalam UIT), meskipun program master tersedia di UIT tertentu. Fakultas Teknik Universitas di Karyavattom menawarkan Pendidikan Teknik di tingkat Sarjana. Lembaga-lembaga ini bersama-sama memiliki kekuatan siswa lebih dari 5000.

Universitas memiliki lebih dari 150 perguruan tinggi yang berafiliasi. Peran Universitas dalam menentukan program studi dan melakukan ujian serta menerbitkan sertifikat. Administrasi sehari-hari lembaga-lembaga ini tidak berada di bawah lingkup Universitas.

Namun, lembaga-lembaga ini membentuk bagian utama dari Universitas. Dari 60 ini adalah perguruan tinggi Seni dan Sains. Ada 2 Sekolah Tinggi Hukum, 17 Sekolah Tinggi Teknik, 9 Sekolah Tinggi MBA / MCA, 37 Sekolah Tinggi Pelatihan Guru, 4 Sekolah Tinggi Kedokteran, 4 Sekolah Tinggi Ayurveda, 2 Sekolah Tinggi Homeopati, satu Sekolah Tinggi Kedokteran Siddha, 3 Sekolah Tinggi Gigi, 10 Sekolah Tinggi Perawat, 4 Sekolah Tinggi Farmasi, 2 Sekolah Tinggi Seni Rupa, dan Sekolah Tinggi Musik. 

Universitas juga memiliki Sekolah Tinggi Pendidikan Jasmani Nasional yang berafiliasi dengannya. Jumlah total siswa di perguruan tinggi ini melampaui 84.000.

Universitas mengikuti sistem kredit dan semester berbasis Choice untuk semua program pasca sarjana (master) dan sedang dalam proses memperkenalkan ini di tingkat sarjana (bujangan). Semester biasanya jatuh selama bulan Agustus-Januari dan Februari-Juli.

Universitas memiliki sistem fungsi yang sangat demokratis. Badan tertinggi - Senat dan Dewan Akademik memiliki sejumlah besar anggota terpilih dan siswa diwakili di keduanya. Badan eksekutif Universitas, Syndicate juga memiliki perwakilan mahasiswa di dalamnya (untuk pertama kalinya di Universitas India, pada tahun 1977).

Kebijakan Universitas ditujukan untuk pemberdayaan siswa di setiap bidang. Union University adalah kehadiran aktif dalam kehidupan Universitas sejak 1939. Untuk melayani siswa yang jauh dari kantor pusat di Trivandrum, Pusat Studi Universitas telah dibentuk dengan bantuan UGC, di Kollam, Alappuzha dan Pandalam. Selain itu, ada 13 Pusat Informasi Taluk.

Universitas juga menyediakan informasi kepada siswa melalui Meja Bantuan di perguruan tinggi yang berafiliasi. Koordinator Program Skema Layanan Nasional dan Direktur Layanan Mahasiswa mengatur kegiatan kesejahteraan kaum muda dengan kerja sama aktif dari Serikat Mahasiswa Universitas. Universitas mengantongi Penghargaan Nasional Indira Gandhi untuk kegiatan NSS terbaik pada tahun 2005.

Departemen Pendidikan Jasmani Universitas memelihara olahraga di kalangan mahasiswa. Ini telah memberi bakat olah raga dan wanita luar biasa di negara ini. Stadion Universitas di jantung kota ini memiliki jalur sintetis kelas dunia. Universitas memiliki Perpustakaan Utama yang dibangun di dekat kampus kotanya dan melayani semua siswa, staf, dan masyarakat.

Selain kampus Karyavattom ini memiliki Perpustakaan Kampus. Perpustakaan departemen dan perpustakaan perguruan tinggi melengkapi layanan informasi kepada siswa.

Selain Depts, Pusat dan perguruan tinggi terafiliasi, Universitas memiliki sejumlah lembaga lain di bawahnya. Akademik Staf Perguruan Tinggi dibentuk dengan bantuan Komisi Hibah Universitas, menawarkan kursus dalam layanan kepada para guru di pendidikan tinggi dan telah melatih lebih dari 15.000 guru di seluruh negeri.

Ini telah berulang kali dinilai sebagai yang terbaik di negara ini. Centre for Adult & Continuing Education (CACEE) bertujuan untuk 'pendidikan lanjutan bagi orang-orang berpendidikan' yang menerima penghargaan UNESCO-NLM untuk melek huruf pada tahun 2005.


Departemen Publikasi, salah satu Departemen Universitas tertua, telah mengeluarkan beberapa publikasi penting termasuk Saraswathi Kantabharanam, sebuah risalah tentang Tata Bahasa Sanskerta, lima volume Kerala Sahitya Charithram oleh Mahakavi Ulloor S.

Parameswara Ayyar dan Seri Sahithya Nayakanmar (Men Letters), Chitra Ramayana, berdasarkan pada manuskrip lontar dan bahasa Inggris dan Melayu terkini terjemahan Hortus Malabaricus, risalah klasik tentang kekayaan tanaman di Asia dan daerah tropis.

Leksikon Malayalam besar sedang diupayakan oleh Departemen Leksikon. Tujuh volume dari sebelas volume Malayalam Lexicon yang diusulkan telah dirilis sejauh ini dan pekerjaan penyuntingan dari empat volume sisanya sedang berlangsung.

University Computer Center, yang memiliki sejarah panjang (kembali ke penggunaan Arithma Computer buatan Electro-Mechanical buatan Ceko pada 1950-an dan IBM-Core dan Memory buatan IBM membuat TDC pada 1970-an), hari ini mempelopori inisiatif e-Governance Universitas. Dukungan komputasi untuk penelitian tidak lagi terpusat, dengan munculnya kekuatan komputasi desk-top yang terjangkau.

Kampus utama Universitas di Karyavattom terhubung dengan kuat ke jalan raya cyber dengan koneksi pita lebar yang mengalir ke ratusan komputer. Situs web universitas juga telah berevolusi sejak tahun 2000 menjadi forum maya yang sangat diperlukan yang menghubungkan komunitas universitas dan menyajikan informasi kepada semua pemegang saham.

Sumber : situs kerala university
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.