Sebelum Melakukan Olah Raga Lari, Perhatikan Hal Penting Ini

Olahraga Lari - Olah raga kini semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia terutama lari. Selain murah, olahraga lari juga memiliki nilai-nilai kesehatan dan sosial dengan sejumlah besar pelari, tetapi tidak semua masyarakat berlari dengan baik.

Menurut Dr. Michael Triangto, Sp.KO Spesialis Kedokteran Olahraga dari Mitra Keluarga Kemayoran, sebelum berlari penting untuk mengetahui tujuan olahraga lari sehingga semua persiapan, implementasi dan proses evaluasi dapat dipantau dengan lebih baik.

Sebelum Melakukan Olah Raga Lari, Perhatikan Hal Penting ini

Tujuan olahraga lari dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori pelari rekreasi (kesenangan), prestasi (profesional) dan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Michael berkata, ketika seseorang menentukan satu tujuan pilihannya, dia akan kehilangan dua tujuan lainnya, misalnya seorang pelari prestasi akan mendapatkan apa yang dia inginkan, misalnya medali atau hadiah uang, tetapi dengan demikian dia harus berlatih dengan intensitas tinggi, ketertiban dan disiplin yang berarti ia akan kehilangan nilai rekreasi dan kesehatan.

Oleh karena itu, sebelum berlatih, kita harus terlebih dahulu menyadari apa saja kelemahan dan kekuatan yang kita miliki untuk meminimalkan risiko cedera dan masalah kesehatan yang mungkin terjadi, seperti gangguan postur, skoliosis dan gangguan dalam bentuk kaki dll.

Dia juga menjelaskan bahwa seorang pelari prestasi pasti akan menghadapi risiko lebih besar masalah kesehatan dibandingkan dengan pelari rekreasi dan kesehatan karena intensitas pelatihan yang tinggi tetapi itu akan terbayar dengan jumlah hadiah yang diterima dan kepuasan yang dicapai.

Bagi kalian pelari pemula atau hanya sekedar hiburan, perhatikan hal penting diatas. Jika terasa ada sesuatu yang aneh pada tubuh setelah berolahraga, periksalah ke dokter.

Sumber : mitrakeluarga
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.