Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan Perkembangan - Pertumbuhan adalah proses peningkatan ukuran, baik volume, berat, dan jumlah sel yang ireversibel (tidak dapat kembali ke asal). Padahal, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih matang.

Pertumbuhan dan perkembangan memiliki makna yang penting bagi makhluk hidup. Sebagai contoh terjadi pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang manusia dapat mempertahankan kelangsungan hidup mereka dan juga melestarikan keturunan mereka.


Ketika masih bayi, balita, dan anak kecil, manusia memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Namun, setelah tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, daya tahan tubuh semakin kuat sehingga kelangsungan hidupnya terjamin.

Pertumbuhan dan perkembangan membawa orang menuju kedewasaan. Setelah dewasa, manusia dapat menghasilkan keturunan sehingga populasi manusia akan terpelihara. Sekarang, coba bayangkan jika tidak ada pertumbuhan dan perkembangan pada manusia?

Mungkin populasi manusia akan punah. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan. Jika hewan dan tumbuhan tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, mereka akan mengalami kepunahan.

Pada tanaman, perkembangan ini menghasilkan berbagai jaringan dan organ tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan yang berbeda bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Namun, pada dasarnya ia memiliki tahapan perkembangan yang sama, yaitu sebagai berikut.

1. Pembelahan sel
Setelah pembuahan (pembuahan sel gamet jantan dan sel gamet betina), zigot terbentuk. Zigot mengalami pembelahan mitosis terus menerus. Pembagian ini berlangsung sangat cepat. Sel-sel yang dihasilkan dari pembelahan disebut morula. Morula berkembang menjadi bentuk berongga yang disebut blastula.

2. Morfogenesis
Blastula terus mengalami pembelahan sel. Morfogenesis terjadi selama pembelahan ini, yang merupakan proses pengembangan berbagai bagian tubuh embrionik.

3. Diferensiasi
Blastula terus membelah dan membentuk gastrula. Embrio terbentuk dari gastrula. Sel-sel embrionik berkembang untuk membentuk jaringan, organ, dan sistem organ yang membentuk struktur dan fungsi khusus yang akan berfungsi di masa dewasa.

4. Pertumbuhan
Setelah organ itu terbentuk, pertumbuhan makhluk hidup menjadi lebih besar bahkan lebih tinggi. Pembangunan berjalan seiring dengan pertumbuhan. Pembangunan merupakan proses mencapai kedewasaan.

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, yaitu pada per-vegetasi yang dapat diukur dengan ukuran tertentu, sedangkan pengembangan tidak dapat diukur dengan suatu ukuran.

Itulah Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, pembahasan diatas sangat cocok untuk mengisi makalah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel