Manfaat Teh Rendah Gula / Tanpa Gula

Less Sugar Tea - Teh adalah salah satu minuman paling populer di Indonesia dan juga di dunia, selain rasa dan aromanya yang khas, teh, terutama teh hijau, juga dipercaya memiliki banyak manfaat. Manfaat Teh Rendah Gula atau teh tanpa gula sudah terbukti di beberapa penelitian.

Minuman yang satu ini sangat cocok untuk dihidangkan dalam segala situasi, apakah itu pagi sebagai teman untuk sarapan, makan siang saat bepergian, atau di sore hari ketika berkumpul dengan keluarga, aroma teh harum dapat membantu relaksasi setelah seharian beraktivitas.


Ada juga beberapa orang yang suka makan teh tanpa menggunakan gula. Teh tanpa gula sering disebut sebagai teh segar atau kurang gula karena rasanya tidak manis atau tawar dan tanpa menggunakan gula sama sekali.

Tapi tahukah Anda bahwa ada begitu banyak manfaat di balik rasa pahit dari kurang gula teh. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi lebih sedikit teh gula.

Menurunkan berat badan
Banyak yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi 3-4 cangkir teh tawar setiap hari dapat sangat membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan. Ini terkait dengan kandungan teh bebas kalori, kecuali bila dicampur dengan zat lain seperti gula dan krim atau susu.

Dibandingkan dengan mencoba alternatif lain yang tidak alami, mahal dan bukan tidak mungkin, metode ini tentu cukup solutif dan efektif. Meski begitu, jika Anda memang memiliki program diet, ada baiknya mengonsumsi teh hijau dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

Karena manfaat teh hijau terbukti dan diyakini banyak orang dapat menunda rasa lapar. Juga pastikan untuk tidak mencampur bahan apa pun ke dalam teh seperti gula atau krim karena campuran seperti itu akan mengurangi atau bahkan menghilangkan manfaat teh itu sendiri.

Menjaga Kesehatan Tulang
Teh juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang karena kandungan asam amino yang terkandung di dalamnya.

Kandungan ini dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh yang nantinya akan sangat berfungsi dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, rambut, kulit, dan otot yang sehat.

Fungsi seperti itu lebih baik didukung oleh kandungan manfaat vitamin D dalam teh. sehingga tulang dapat sepenuhnya terjaga hanya dengan mengonsumsi teh secara teratur.

Meningkatkan Metabolisme
Metabolisme tubuh dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan dengan mengonsumsi teh biasa karena kandungan polifenol katekin, terutama yang terkandung dalam teh hijau.

Kandungannya dapat merangsang dan mendorong pengeluaran energi dalam tubuh dengan memberikan efek hangat atau thermogenesis sehingga lemak segera teroksidasi dan sensitivitas insulin meningkat. Akibatnya, metabolisme tubuh juga meningkat.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Teh memiliki kandungan mangan atau Mn yang sangat efektif untuk membantu memecah gula dan mengubahnya menjadi energi. Dari sana, kandungan mangan juga sangat berguna dalam menjaga kadar gula darah dalam posisi normal.

Seperti diketahui, kadar gula berlebih dalam darah dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit mulai dari diabetes, masalah jantung dan sebagainya.

Mencerahkan Wajah
Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh dapat menghilangkan racun yang menempel pada kulit wajah kita dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, manfaat minum teh tanpa gula memiliki rooibos yang penuh dengan manfaat vitamin C, manfaat magnesium dan manfaat seng untuk menghilangkan bintik-bintik cokelat yang sering muncul di wajah. Manfaat tersebut terutama ditemukan dalam teh hijau atau teh hitam.

Membantu Mencegah dan Mengobati Tumor
Kandungan polifenol dan antioksidan yang terkandung dalam teh sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati kanker dan tumor. Karena itu, konsumsi teh segar secara teratur bisa sangat berguna terutama untuk tujuan pencegahan.

Menjaga kesehatan gigi
Jika Anda memperhatikan iklan pasta gigi atau kemasannya, Anda akan selalu bertemu dengan zat yang disebut fluoride yang berfungsi untuk menyehatkan gigi. Zat semacam itu juga ditemukan dalam teh sehingga mengonsumsi teh dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Belum lagi, teh juga mengandung flavonoid yang berfungsi meningkatkan enamel gigi dan asam anti-bakteri. Inilah yang membuat konsumsi teh sangat efektif dalam mengurangi bau mulut. Dan untuk menjaga gigi Anda tetap bersih, jangan lupa menyikat gigi secara teratur setiap hari.

Namun, manfaat mengonsumsi teh terkadang dapat memengaruhi penampilan kita, terutama masalah gigi. Teh juga mengandung zat yang bisa menempel pada gigi dan bisa meninggalkan bekas noda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel