Lebih Baik Mana Berkurban Sapi Patungan atau Kambing Sendirian?

Hewan Kurban - Dalam melaksanakan kurban, umat Islam diberikan pilihan di antara tiga jenis hewan kurban, yaitu unta, sapi dan kambing.

Di antara ketentuan yang berlaku dalam hewan kurban jenis ini adalah, satu unta dan sapi dapat digunakan secara kolektif untuk pengorbanan tujuh orang, sementara satu kambing hanya dapat digunakan untuk pengorbanan satu orang. Di Indonesia, yang biasa dilakukan adalah pengurbanan untuk sapi dan kambing.

Lebih Baik Mana Berkurban Sapi Patungan atau Kambing Sendirian?

Bagi orang yang memiliki keuangan berlebihan, berkurban dengan satu sapi tentu lebih baik daripada satu kambing. Tetapi bagi mereka yang memiliki dana terbatas, seekor sapi adalah sesuatu yang tampaknya sulit untuk dicapai.

Opsi yang paling terjangkau adalah membeli satu kambing. Anda masih dapat mengurbankan ternak tetapi harus mengundang orang lain untuk melakukan usaha patungan dan mengeluarkan kurban secara kolektif.

Pada titik ini muncul pertanyaan, mana yang lebih penting, antara mengurbankan seekor sapi secara kolektif dan mengurbankan seekor kambing secara pribadi?

Ulama menegaskan urutan keutamaan hewan yang dikurbankan adalah unta, sapi, domba, kambing, pengurbanan unta kolektif, lalu pengurbanan sapi kolektif terakhir.

Tolok ukur urutan afdhaliyyah pertama difokuskan pada jumlah daging. Karena unta lebih penting daripada sapi, sapi lebih penting daripada domba, karena lebih banyak daging dikurbankan.

Pertimbangan kedua mengacu pada sisi kualitas daging. Karena itu, domba lebih penting daripada kambing.

Pertimbangan yang tidak kalah pentingnya adalah pengorbanan yang dilakukan secara pribadi lebih baik daripada secara kolektif, bahkan aspek ini adalah yang paling ditekankan dari dua aspek di atas (kuantitas dan kualitas).

Oleh karena itu, pengorbanan dengan satu kambing secara pribadi lebih baik daripada pengorbanan unta atau sapi kolektif, meskipun secara kuantitas daging masih di bawah unta dan sapi.






Sumber : nu.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel