Informasi Biaya Kuliah di ITS Surabaya Terbaru

Informasi Biaya Kuliah per semester di ITS Surabaya - Mulai dari tahun akademik 2013/2014, biaya kuliah ITS atau pendidikan siswa baru untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN menggunakan satu komponen biaya kuliah ITS, yaitu Single Tuition (UKT) untuk semua program studi kecuali Double Degree Marine Engineering Study Program atau Double Degree Teknik Sistem Perkapalan.

Ukuran UKT tergantung pada indeks kemampuan sosial ekonomi orang tua. Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITS dibagi menjadi 7 (tujuh) kategori yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua siswa. Indeks kemampuan ekonomi orang tua ditentukan saat mendaftar ulang.

Nilai kategori, indeks kapasitas ekonomi orang tua dan tarif UKT. UKT diterapkan untuk semua calon siswa yang diterima di berbagai program studi melalui SNMPTN kecuali Program Studi Double Degree di Teknik Sistem Pengiriman (Teknik Kelautan).

Seleksi independen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bernama Program Kemitraan dan Independen (PKM). Tujuan penerimaan siswa baru melalui PKM adalah sebagai berikut.
  • Jaring calon mahasiswa berkualitas tinggi
  • Tingkatkan kerjasama dan peluang yang setara
Dalam implementasinya, Program PKM ITS dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri.

Penerimaan Jalur PKM
Ada 2 (dua) jalur penerimaan bagi calon siswa melalui PKM, yaitu melalui Program Kemitraan dan Program Mandiri.
  • Program Kemitraan dimaksudkan untuk siswa sekolah menengah / MA / SMK serupa sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan kurir dari lembaga mitra (Perusahaan / Pemerintah Provinsi / Kabupaten / Kota) yang memiliki nota kesepahaman dengan ITS yang ditunjukkan oleh MoU dan MoA.
  • Program Mandiri ditujukan untuk siswa sekolah menengah / MA / Kejuruan yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang tertarik.
Mekanisme Masuk Jalur PKM
Seleksi calon mahasiswa baru Program PKM-ITS dapat diikuti oleh pelamar dari SMA / MA / sekolah kejuruan dari jenis yang sama pada tahun 2016, 2017, dan 2018.

Seleksi PKM ITS TIDAK memerlukan ujian tertulis, seleksi akan didasarkan pada skor / skor yang diperoleh dalam ujian SBMPTN Tahun 2018 Saintek atau Kelompok Pemeriksaan Campuran, dan Ilmu Sosial (khusus untuk Program Studi Manajemen Bisnis).

Kandidat khusus yang memilih Program Studi Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual yang belum mengikuti tes keterampilan SBMPTN 2018, harus mengikuti ujian keterampilan di ITS.
  • Bagi calon peserta yang mengikuti ujian keterampilan seni rupa ketika berpartisipasi dalam pemilihan SBMPTN 2018, mereka TIDAK diharuskan mengikuti tes keterampilan desain di ITS untuk memasuki Program Studi Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual.
  • Bagi calon peserta yang TIDAK mengikuti ujian keterampilan seni rupa selama pemilihan SBMPTN 2018, HARUS mengikuti Tes Keterampilan Desain di ITS yang akan diadakan pada hari Minggu, 8 Juli 2018 mulai pukul 09.00 - selesai, di dalam Produk. Departemen desain.
  • Bagi calon peserta yang TIDAK mengikuti ujian keterampilan seni rupa selama pemilihan SBMPTN 2018, TIDAK DIPERBOLEHKAN untuk memilih Program Studi Desain Interior.
Biaya sekolah ITS atau biaya jalur PKM mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh ITS, yaitu:
1. Program Kemitraan
a. Biaya kuliah
Rp. 7.500.000,00 per semester untuk semua program studi, kecuali untuk biaya kuliah ITS atau biaya kuliah di program Double Degree Shipping Engineering sebesar Rp. 20.000.000,00 per semester, serta program Double Degree Marine Engineering sebesar Rp. 19.700.000,00 pada semester pertama dan Rp. 17.500.000,00 pada semester berikutnya.
b. Sumbangan Pengembangan Institusi
Sesuai dengan apa yang disepakati dalam Piagam Kerjasama Kemitraan antara ITS dan Mitra ITS.


2. Program Mandiri
a. Biaya kuliah
Rp. 7.500.000,00 per semester untuk semua program studi, kecuali untuk biaya kuliah ITS atau biaya kuliah di program Double Degree Shipping Engineering sebesar Rp. 20.000.000,00 per semester, serta program Double Degree Marine Engineering sebesar Rp. 19.700.000,00 pada semester pertama dan Rp. 17.500.000,00 pada semester berikutnya.
b. Donasi Pengembangan Institusi (SPI)

Untuk lebih jelasnya informasi terupdate biaya kuliah di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya bisa langsung ke kantor Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa

Sekretariat BAPKM
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Nomer Telp. 031 5994251-54

Sumber : ITS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel