Estimasi Waktu dan Rute Naik ke Puncak Piramid

Estimasi Waktu Rute Naik ke Puncak Gunung Piramid - Bulan Juli waktu yang tepat untuk menembus hutan mendaki gunung karena bertepatan hari libur dan perpindahan musim hujan ke kemarau. Pepohonan masih hijau, tak seperti pada saat puncak kemarau di bulan Oktober.

Jika hendak mendaki gunung, siapkan apa yang diperlukan. Jangan sampai ada yang ketinggalan apa lagi kalian masih pemula. Dan perhatikan pantangan yang harus kalian tahu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, misalnya :

1. Berbicara kotor
2. Sombong, meremehkan teman walau hanya hiburan
3. Buang air sembarangan apalagi tanpa izin
4. Cerita yang menakutkan
5. Merusak alam

Masih ada lagi pantangan lain, 5 saja sudah cukup membuat kalian aman dalam mendaki gunung. Jika melanggar akan merasakan dampaknya, tidak hanya alam yang marah tetapi penghuni hutan sebagai tuan rumah pun ikut marah.

Seperti halnya kita bertamu kerumah oranglain, kalian harus sopan santun, jika tidak tuan rumah akan mengusir kalian dan yang pasti tuan rumah akan membuat aturan baru khusus tamu. Begitu pun juga tanaman, hewan, dan mahluk halus yang ada di gunung. mereka tidak mau rumahnya dirusak orang.

1 orang melanggar saja, mereka akan memarahi semua pendaki walaupun tidak bersalah. Itulah mengapa kita harus terus memperhatikan pantangan tersebut, sekali lagi jangan melakukan 5 hal tersebut.

Estimasi Waktu dan Rute Perjalanan menuju Puncak Bukit Piramid
Dari perkampungan perkemahan dan villa jam 06.00 wib menuju sungai butuh waktu sekitar 1 Jam sekitar pukul 07.00 wib, setelah di sungai kalian lanjut menuju punggungan kaki bukit butuh waktu 1 jam 30 menit sekitar pukul 08.30 wib. Akses menunju puncak sangat ekstrim jadi jangan tergesa-gesa.

Dari punggungan tersebut bisa melanjutkan menuju Batu langger (Batu Besar) dengan estimasi waktu 30 menit dari 08.30 sampai 09.00wib. Sesampainya di batu langger kalian beristirahatlah sejenak karena nanti akan memasuki area batas vegetasi.

Di Batu langger jangan mencorat coret atau menaikinya. Setelah istirahat 10 menitan kalian lanjut menuju batas vegetasi bukit piramid membutuhkan waktu cepat 20 menitan.

Pada perbatasan vegetasi ini kalian harus kompak saling menjaga karena sering kali pendaki kesasar, tidak ada penunjuk jalan. Lebih mudahnya kalian bersama rombongan lainnya agar lebih aman.

Dari batas vegetasi piramid langsung menuju puncak piramid dengan estimasi waktu lama sekitar 3 jam. Jalan setapak mulai menanjak dengan kemiringan 20-40 derajat dan juga jalan penuh kerikil lumayan licin.

Tak hanya itu juga, jalan setapak hanya bisa di lewati 2 orang secara bergantian ini cukup membahayakan, sebelah kanan terdapat jurang dan sebelah kiri juga jurang dengan kedalaman 300 meter.

Medan yang sangat berbahaya ini pendaki harus siap mental dan adrenalin tinggi. Dalam perjalana menuju puncak hanya dikelilingi rumput ilalang, tidak ada pohon satupun untuk berteduh. Panas terik matahari mulai menyengat kulit.


Target harus sampai di puncak pukul 12.30 siang hari, tidak bisa berlama-lama di atas puncak, setibanya dipuncak kalain akan merasakan suhu dingingin dengan ketinggian 1520 mdpl. Lihatlah keindahan alam yang hijau, padatnya rumah di tengah kota Bondowoso dan pesona alam liar yang natural.

Abadikan dengan kamera moment terindah ini, pamerkan kepada mereka yang belum pernah berpetualang ke gunung piramid.

Jam menunjukkan pukul 13.00,  cukup 30 menit saja diatas puncak, kalian harus segera kembali ke perkemahan dan villa. Saat turun, harus lebih berhati-hati jangan meninggalkan yang lain, walaupun mengejar waktu agar tidak terlalu malam.

Untuk turun di butuhkan waktu sekitar 4- 6jam, tergantung pada kondisi orang masing-masing karena tenaga mulai habis dan fisik sudah terasa sakit melewati jalan extrim.

Itulah estimasi waktu perjalanan menuju puncak gunung piramid Bondowoso. Ayo ke Bondowoso dan rasakan sensasinya berwisata kawasan Bondowoso.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.