Cara Memperbaiki Regulator Tabung Gas Bocor dengan Tepat

Cara Memperbaiki Kepala Regulator Tabung Gas - Kebocoran pada tabung gas itu hal biasa namun jangan sampai-sampai kebocoran terjadi kepada siapa saja. Tidak ada yang tahu usia tabung gas dan regulator gas.

Baru beli regulator besok sudah ngobos (bocor), baru beli tabung gas juga ngobos, ganti karet gas juga tetap ngobos. Memang sangat menggangu aktifitas apabila tabung bocor apalagi terjadi ledakan dahsyat. Tak ada yang mau terjadi ledakan ini, maka dari itu kalian harus bisa memperbaiki sendiri dirumah.

Memperbaiki gas yang ngobos itu mudah, jangan khawatir meledak, pastikan tidak ada api sekitar anda. Karena gas itu mudah terbakar jadi hati-hati jangan sampai ada gesekan antar besi yang menimbulkan percikan api.

Tak perlu memanggil tukang servis kompor gas untuk datang kerumah, kalian bisa mencobanya sendiri. Jika masih was-was sebaiknya panggil melalui nomer telpon / handphone tukang servis Bondowoso yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Bagaimana cara memperbaiki gas yang bocor?

1. Cek karet gas
Pastikan karet gas bagus, apabila tetap bocor lilit karet gas dengan benang secukupnya hingga lekukan di tengah kosong. Pasang dan coba lagi masih ngobos tidak?

2. Regulator
pastikan beli regulator yang ber SNI dan rekomendasi dari pemerintah, beli yang mahal demi kenyamanan bersama. Saat ini ada regulator tanpa karet pun bisa, walaupun tanpa karet bisa sebaiknya tetap gunakan karet.

Dengarkan suara ngobos nya berasal dari mana, apa dari tabung gas atau regulator? Jika menggunakan regulator yang ada pengukur volume gas, boleh anda dengarkan pada bagian tersebut bisa jadi berrasal dari kaca, ada lubang kecil pada kaca yang tak kasat mata seperti foto dibawah ini :

Cara Memperbaiki Kepala Regulator Tabung Gas

Regulator yang kami gunakan diatas merk starcam, kata penjual regulator terbaik dan murah saat ini merk tersebut. Pada foto kerusakan pada kaca alat pengukur volume gas pecah sedikit, cukup kami lem menggunakan perekat yang kuat.

Kompor gas tidak mau nyala padahal gak ngobos, bagaimana cara betulinnya?

Kasus seperti ini sering kita dengar, kompor gas gak mau nyala padahal gak ngobos. Solusinya Lepaskan regulator dari tabung gas dan Goyangkan regulator apabila bunyi seperti kelereng atau baut itu berarti normal, jika tidak bunyi itu berarti tidak normal.

Di dalam Regulator tidak bunyi klotok klotok karena peluru penyumbat atau bahasanya lainnya adalah kelereng itu menyumbat lubang keluarnya gas. Caranya agar tidak tersumbat dengan cara mendorong ke dalam dengan paku sampai kelerengnya lepas atau regulator bunyi lagi.

Fungsi kelereng pada regulator gas untuk menyumbat aliran keluarnya gas apabila selang tidak terpasang. Jika tidak percaya, cobalah pasang regulator tanpa selang, dengarkan apakah ada gas yang keluar atau tidak? Jika tidak berarti kelereng berhasil menutup aliran. 

Kemudian tutup lubang keluarnya gas dengan jari anda, kelereng tidak akan menutup saluran gas, kelereng akan jatuh. Apabila lubang tidak di tutup maka kelereng akan menutup lubang.

Demikianlah cara memperbaiki kerusakan pada kompor gas, pastikan cek regenerasi regulator, selang, dan kompor gas anda setiap 3 - 5 tahun sekali atau service berkala 1 tahun sekali. Video Cara Memperbaiki Regulator Tabung Gas Bocor akan kami bagikan besok.

Sumber : Kang Kompor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel