Cara Agar Mudah Lolos Interview Kerja

Cara Agar Mudah Lolos Interview Kerja - Beberapa tips wawancara yang akan Anda pelajari di bawah ini telah kami praktikkan sendiri dan bukan hanya asal tulisan dan sebagian besar berhasil mengantarkan penulis ke karyawan di beberapa perusahaan.

Dan sampai artikel ini diterbitkan kami telah bekerja di tujuh perusahaan, dan mungkin ini adalah perusahaan tempat kami bekerja sekarang ini adalah yang terakhir yang akan kami jadikan tempat mencari nafkah untuk keluarga.

Semoga tips interview kerja agar ke terima kerja di bawah ini dapat membatu anda mencari lahan rejeki :

1. Tunjukkan bahwa Anda memiliki PD tinggi
Untuk saat ini, jenis kemampuan ini adalah yang paling disukai oleh perusahaan, terutama yang bidangnya akan bersinggungan dengan banyak orang, seperti pemasaran, teller, layanan pelanggan, hubungan masyarakat, karyawan STAN, hotel, administrasi, dan sebagainya.

Jika salah satu dari modal ini tidak dimiliki, maka sangat mungkin Anda akan sulit untuk melewati tahap-tahap tes untuk memasuki pekerjaan wawancara ini. Keyakinan dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tetapi juga tentang kemampuan untuk menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan kepada karyawan, sehingga PD akan semakin merasa mampu menyelesaikan semua tugas yang diberikan dan bahkan seseorang dengan karakter seperti itu, jauh lebih cepat untuk mempelajari hal-hal baru yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri, ia akan merasa sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain dan tentu saja banyak pekerjaan akan diabaikan karenanya. Belum lagi soal tenggat waktu dan target yang dipaksakan, jika dia kurang percaya diri, pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang dia hadapi.

2. Apakah Anda ingin lulus wawancara? Jangan pernah memberikan jawaban 'Tidak!'
Seringkali ketika kita mengikuti tes wawancara, penguji akan selalu bertanya tentang kemampuan apa yang kita miliki, misalnya, ditanya, "Bisakah komputer?" Atau "Bisakah Anda menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?" Nah jika Anda mendapatkan pertanyaan wawancara seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab 'tidak', karena begitu Anda menjawabnya, pemeriksa sudah dapat memberikan penilaian kemampuan Anda dan mungkin bahkan dia dapat memutuskan dalam hati Anda bahwa Anda tidak layak bekerja, dan dipastikan tidak akan ada lagi panggilan untuk proses lamaran kerja berikutnya (seperti negosiasi gaji bulanan, dll.) karena Anda dianggap sudah mati.

Kami pikir ini adalah poin penting tentang bagaimana agar mudah diterima oleh intervie karena saat ini hampir semua dunia kerja membutuhkan kemampuan untuk menggunakan berbagai program pada komputer untuk membuatnya lebih mudah ketika ada tugas yang berkaitan dengannya, seperti desain grafis, mengedit foto / gambar di komputer, membuat slide presentasi dan sebagainya.

Lalu apa solusinya jika Anda tidak mengetahuinya sama sekali, apakah Anda harus berbohong? Jadi seperti ini, jika Anda tidak melamar sebagai perancang grafis, maka ini bisa dilakukan. Caranya adalah dengan hanya mengatakan 'bisa' dan yang berikutnya adalah Anda hanya ingin belajar dari buku, terutama hanya ingin belajar program seperti photoshop dan power point, hanya perlu 1 hingga 2 minggu untuk dapat memahami penggunaan, lalu belajar sambil berjalan resmi menjadi karyawan.

Karena ini adalah bagaimana Anda, umumnya setelah Anda lulus Anda akan ditanya kapan Anda bisa mulai bekerja, sekarang adalah kesempatan Anda untuk memberikan alasan bahwa sekitar 2 minggu atau 1 bulan hanya dapat mulai karena ada masalah yang harus diatur pertama. Selain itu, persyaratan untuk kemampuan menggunakan desain grafis bukanlah persyaratan mutlak dan hanya digunakan saat dibutuhkan.

Mirip dengan bahasa Inggris, sekarang ada juga banyak perusahaan yang membutuhkan kepasifan minimum, meskipun kadang-kadang mereka tidak diperlukan di tempat kerja. Masuk akal bukan? Selain keterampilan yang disebutkan di atas, ada satu lagi yang juga diperlukan jika Anda ingin memasuki perusahaan media penerbitan atau situs berita online, yaitu memahami dan bagaimana mengetik 10 jari.

Ini sangat diperlukan karena menyangkut soal kecepatan kerja karyawan dalam menjalankan tugasnya setiap hari.

3. Jawab sesuai dengan pertanyaan yang diberikan
Dalam masalah ini, ada banyak pelamar pekerjaan yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab secara lisan akan benar-benar mendapat peringkat buruk dari pemeriksa, atau Kepala Seksi. HRD yang biasanya melakukan tugas merekrut karyawan baru.

Di antara efeknya adalah itu akan dianggap tidak ketat dan 'pandai finishing'. Karena itu, Anda harus menjawabnya jika ingin lulus wawancara dengan mudah dan mendapatkan pekerjaan yang mudah. Jika jika hanya jawaban 'ya' atau 'tidak' yang diminta maka jawab saja seperti itu, tidak perlu panjang lebar yang membuat Anda kesulitan sendiri.

Kecuali Anda diminta langsung dari HRD, maka Anda menjawab secara lengkap dan terperinci. Misalnya, apakah Anda pernah bekerja di tempat lain? Maka jawab saja 'Ya' jika ini benar, dan hanya penjelasan yang akan ditambahkan jika ada pertanyaan lebih lanjut.

4. Berikan alasan untuk meninggalkan pekerjaan dari perusahaan sebelumnya yang 'positif'
Ini juga sangat penting untuk dilakukan, jika Anda memang 'mengundurkan diri' dari perusahaan lain maka berikan sebanyak mungkin alasan yang tidak membuat penilaian negatif dari pemeriksa, misalnya keluar karena alasan pindah dan karena perusahaan sebelumnya tertutup atau sebaliknya, yang penting jangan sampai menyebabkan penilaian negatif terhadap kepribadian Anda.

Jawabannya tidak bagus, misalnya keluar dari pekerjaan karena mereka sudah malas bekerja di tempat itu, karena mereka membuat kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga mereka harus dikeluarkan tanpa rasa hormat dan orang lain yang jika dikirim ke orang lain maka Anda akan dinilai memiliki sifat buruk. Nah, biar kami tidak kaget dan bisa bersiap sebelum wawancara kerja, jadi ada baiknya tahu persis apa metodenya.

5. Apa motivasi Anda untuk bekerja?
Ketika ditanya tentang motivasi kerja, berikan jawaban yang cocok dengan bidang yang Anda lamar, misalnya melamar menjadi penulis di penerbit, lalu katakan saja bahwa Anda suka menulis dan senang dengan pekerjaan itu.

Jangan memberikan alasan yang buruk, misalnya, karena Anda harus melamar bisnis atau apa pun yang sebenarnya membuat Anda dianggap sebagai calon karyawan yang buruk. Atau bisa dijawab sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Misalnya, karena penghuninya melamar koperasi syariah yang berkomitmen ingin menghapus riba, maka berikan saja alasan ketika Anda mewawancarai bahwa kami suka bekerja di tempat itu karena itu dapat membantu banyak komunitas Muslim menghindari praktik Riba dan sebagainya.

Tips Interview Kerja

6. Ketika tawar menawar memberikan jawaban normatif Normatif berarti bahwa jawaban yang Anda berikan tidak secara khusus menjawab pertanyaan dari kepala departemen personalia yang biasanya merupakan juru bahasa seleksi. Jadi misalnya bertanya "berapa gaji yang Anda inginkan?" Maka cukup katakan "sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah sendiri!" 

Tidak perlu memberikan jawaban muluk. Atau misalnya, Anda sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka katakan saja "mungkin lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya Anda telah bekerja di bidang yang sama dan memiliki pengalaman di bidang yang diusulkan".

 Jangan bersikeras bahwa Anda ingin dibayar sesuai dengan jumlah yang Anda minta karena sudah pasti bahwa dalam tips tentang cara mudah lulus wawancara ini Anda akan dinyatakan tidak layak menjadi karyawan baru di perusahaan karena Anda dianggap punya banyak keinginan dan suka menuntut.

7. Harus membaca, Mengenai cara lulus wawancara kerja di atas dengan mudah, pastikan Anda tidak mengabaikan pertanyaan ‘Jangan berikan jawaban‘ tidak bisa! 'Dan juga motivasi apa yang Anda bekerja? karena ini akan sangat menentukan apakah pelamar diterima atau tidak sebagai pegawai resmi.

Selain itu, selalu berdoa dan berlatih sebelum hari-H adalah salah satu kunci penting jika Anda ingin berhasil dipekerjakan di perusahaan yang Anda lamar, karena meskipun Anda telah mencoba yang terbaik tetapi tidak disertai oleh Rida Allah maka semua usaha Anda akan sia-sia. percuma saja. 

Dan akhirnya, tetap semangat meskipun Anda gagal nanti, karena masih ada peluang di tempat lain dan mungkin Tuhan telah menyediakan tempat yang lebih baik untuk Anda di perusahaan lain.

Sumber :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel