Resep Ayam Singgang Khas Padang

Resep Ayam Singgang - Ayam Singgang adalah salah satu makanan khas Padang, Sumatera Barat, yang sulit ditolak. Nikmati dengan nasi hangat dan sayuran kapau dari nangka muda yang mantap!

Tingkat kesulitan: mudah
Waktu memasak: 60 menit
Untuk: 4 porsi

Resep dan cara membuat Ayam Singgang

bahan
1 (800 g) ayam kampung
Garam
1 sdt bubuk lada
4 sendok makan minyak goreng
3 batang serai putih, memar
10 daun jeruk
1 daun kunyit
1 sdt gula
1.500 ml santan, dari 1 kelapa
1 buah asam kandis

Bumbu halus
12 bawang merah
5 siung bawang putih
2 sendok makan cabai merah giling
4 butir kemiri panggang
2 cm lengkuas
2 cm jahe
2 cm kunyit


Cara memasak Ayam Singgang :
1. Potong ayam menjadi 4 bagian, tusuk permukaannya dengan garpu. Olesi ayam dengan 1 sendok teh garam dan merica, sisihkan selama 15 menit agar bumbu meresap.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus dengan serai, daun jeruk dan daun kunyit hingga harum. Tambahkan 1 sendok teh garam dan gula, tambahkan santan dan ayam.

3. Masak sampai santan mendidih, kecilkan apinya. Masak terus menerus sampai saus mengental, masukkan asam candis. Setelah santan berminyak, angkat. Pisahkan ayam dari rendaman.

4. Panggang ayam di atas bara atau di dalam oven, sesekali berputar sambil menaburkan bumbu di setiap sisi. Setelah kecoklatan dan harum, angkat.

catatan:
-Asam kandis (Garcinia paarviflia) berasal dari buah yang berbentuk seperti jeruk nipis, diambil dari kulit buahnya dan dikeringkan menjadi hitam. Rasanya agak pahit asam. Simpan asam dalam wadah tertutup rapat sehingga tidak berjamur. Semakin lama dimasak, semakin asam rasanya, semakin Anda mencicipi makanan, jika cukup asam, keluarkan asam kandis dari piring.

Sumber : Primarasa
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.