Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya - Lidah Buaya (Aloe Vera), tanaman yang umumnya kita gunakan hanya sebagai bahan untuk pemupukan atau merawat rambut ini, ternyata menyimpan berbagai manfaat dan manfaat untuk obat-obatan berbagi berbagai jenis penyakit dan berbagai produk kecantikan serta berbagai makanan dan minuman.

Aloe Vera adalah salah satu dari beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh di mana saja, baik di halaman rumah, taman, atau dalam pot. Selain itu, lidah buaya juga merupakan tanaman yang kuat. Kuat di sini berarti tahan terhadap berbagai musim hujan dan kemarau.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga cepat tumbuh, tahan terhadap hama, dan mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan Lidah Buaya
Seperti yang dijelaskan di situs resmi Kantor Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau (distan.riau.go.id). Lidah buaya terbukti menyimpan zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat.

Kandungan mineral adalah kalsium, magnesium, kalium, natrium, besi, seng, dan kromium. Isi enzim termasuk amilase, katalase, selulosa, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya sangat penting bagi metabolisme tubuh.

Lidah buaya juga memiliki berbagai asam amino, yaitu arginin, asparagin, asam asparatik, analin, serin, valin, glutamat, treonin, glisin, lycine, yrozine, prolin, histidin, leusin, dan isoliusin.

Beberapa bahan dalam lidah buaya yang disebutkan di atas tidak hanya perkiraan terbatas. Tapi, itu adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai kelompok. Salah satunya oleh Kantor Pertanian Tanaman Pangan di Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 1998.

Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya
Berikut ini adalah beberapa manfaat dan manfaat Aloe Vera seperti yang dijelaskan sebelumnya pada halaman Cyber ​​Extension dari Kementerian Pertanian Indonesia (cybex.deptan.go.id).

Detoksifikasi / Penangkal racun. Berbagai mineral dan vitamin dalam lidah buaya bermanfaat sebagai detoksifikasi (penangkal racun) dari racun yang masuk ke tubuh dengan cara membuat jus.

Mengatasi gangguan pencernaan. Setelah penyelidikan lebih lanjut, lidah buaya bermanfaat untuk mengobati refluks asam dan menenangkan kerongkongan. Dengan demikian, itu akan mencegah kita dari risiko iritasi usus atau tukak lambung, sehingga proses pencernaan menjadi sehat.


Mengatasi Diabetes. Minum jus lidah buaya secara teratur seharusnya mencegah risiko diabetes. Karena kadar gula darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

Membantu buang air besar dalam pencernaan. Zat getah lidah buaya yang terkandung dalam lidah buaya dapat menghasilkan anthraquinone glycosidesaloin A dan B yang berfungsi sebagai pencahar yang kuat dan juga membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan.

Pertahankan berat badan dan rawat kulit. Selain beberapa manfaat jus lidah buaya di atas, ternyata lidah buaya juga berguna untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit serta bisa menurunkan berat badan.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.