Kirab Pawai Budaya di Harjabo ke 200

Harjabo Bondowoso - Telah 2 abad hari jadi Kabupaten Bondowoso di tahun 2019 ini. Hari ini Sabtu 29 Juni 2019 warga Bondowoso merayakan Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke 200 dengan pembukaan tasyakuran kemaren dan sekarang kirab budaya.

Dengan memperingati Harjabo ini kita di untuk mencoba merenungkan kembali moment-moment yang menjadi awal sejarah hari jadi Bondowoso. Banyak kejadian-kejadian penting yang perlu kita ingat dan kita renungkan yang akhirnya terlahir sebutan Bondowoso Kota Tape dan saat bertambah julukan Bondowoso republik Kopi.

Harjabo ke 200

Sejarah Kabupaten Bondowoso paling di kenang yaitu tragedi gerbong maut, tidak ada yang tahu pasti kejadia tersebut dan juga belum tokoh yang menulis pada saat itu. Jika tidak di kenang dan di tulis sejarah gerbong maut, tragedi ini sedikit demi sedikit akan hilang begitu saja.

Dalam memperingati harjabo pemerintah Bondowoso melalui Dinas pariwisata membuka acara dengan Kirab pawai Budaya Ki ronggo lebih dikenalnya kirab kironggo yang memang sudah menjadi acara tahunan kabupaten Bondowoso.

Tak hanya tragedi gerbong maut yang perlu di kenang tetapi Ki Ronggo juga di kenang yang merupakan salah satu pahlawan pembabat kawasan Bondowoso. Sangat setuju sekali jika harjabo ini dirayakan dengan acara budaya jaman dulu.

Rute Kirab budaya di mulai dari alun-alun Bondowoso menuju Makam Kironggo. Berjalan kaki sambil membawa hasil pertanian yang membentuk gunungan di gotong bersama-sama. Setiap Desa di wajibkan ikut serta membawa hasil pertanian untuk memeriahkan acara.


Demi meriahnya Harjabo 2019 ini, banyak acara yang akan di gelar, yang kemaren di awali dengan Tasyakuran. Selanjut setelah acara kirab akan di gelar acara Bondowoso Heritage.

Harjabo juga bertujuan mengundang wisatawan untuk berlibur ke Bondowoso, melalui banner-banner besar di jalan jalur utama dan melalui media sosial rencana acara harjabo di umumkan. Dengan demikian Bondowoso akan lebih di kenal se Nusantara dan bahkan Internasional.

Perayaan Harjabo menjadi pemersatu masyarakat Bondowoso, warga berkumpul di Alun-alun mulai dari yang muda hingga tua, dari yang miskin hingga kaya tak menajadi penghalang berkumpul bersama.

Momentum Harjabo memang waktu yang tepat memberikan semangat kepada para pemuda penerus bangsa, generasi yang baru harus berjuang merawat warisan leluhur. Generasi baru semangat baru memberikan perubahan positif dalam sektor apapun.

Terima kasih telah hadir ke acara Harjabo ke 200 dan yang belum sempat hadir ayo ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel