Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS di Bondowoso - Seperti diketahui bersama, kesehatan adalah salah satu aspek terpenting dari proses pembangunan bangsa. Kondisi kesehatan yang baik akan membuat masyarakat tetap produktif sehingga cita-cita pembangunan dapat terwujud.

Menjaga kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat juga berkewajiban untuk berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan pribadi, lingkungan dan menjalani gaya hidup sehat.

Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, pemerintah sejak 1 Januari 2004 meresmikan BPJS Kesehatan. Sekarang Anda dapat memeriksa kesehatan Anda menggunakan BPJS secara gratis.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan transformasi dari PT Askes (Persero) yang telah dipercaya oleh pemerintah sebagai penyelenggara program jaminan sosial di sektor kesehatan.

Melalui BPJS Kesehatan, pemerintah hadir untuk memastikan bahwa seluruh penduduk Indonesia dilindungi oleh asuransi kesehatan yang komprehensif, adil dan merata. Namun, seberapa jauh Anda dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan? Inilah ulasannya.

Biaya kesehatan sekarang melonjak sehingga dengan menjadi anggota BPJS, ini akan menguntungkan Anda. Saat mengklaim BPJS Kesehatan untuk perawatan, Anda bisa mendapatkan pengobatan gratis karena biayanya ditanggung oleh BPJS.

Namun, beberapa jenis perawatan dan perawatan masih membutuhkan biaya tambahan dari pengguna. Biaya tergantung pada kesesuaian jenis perawatan dan perawatan yang dipilih selama perawatan dan kategori BPJS yang dipilih saat mendaftar. Jika diperiksa lagi, secara keseluruhan Anda akan mendapat manfaat dari menjadi anggota BPJS Kesehatan.


Prosedur Perawatan / Pemeriksaan Kesehatan Menggunakan BPJS Kesehatan
Seperti asuransi konvensional lainnya, sehingga biaya pengobatan dapat sepenuhnya ditanggung oleh BPJS, Anda harus memenuhi aturan atau prosedur yang mereka miliki.

Pertama kali Anda harus mengerti adalah Anda tidak dapat segera datang ke rumah sakit untuk mengklaim hak-hak mereka.

Anda harus datang ke Fasilitas Kesehatan (FASKES) 1 terlebih dahulu seperti pusat kesehatan terdekat dari rumah Anda. Jika benar-benar memerlukan penanganan lebih lanjut dari penyakit yang Anda alami, maka dokter di Puskesmas merujuk ke rumah sakit bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Dalam keadaan darurat, dan membutuhkan penanganan cepat dan peralatan yang lebih lengkap, maka Anda dapat langsung pergi ke rumah sakit bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Pasien dikatakan dalam keadaan darurat jika dia dalam kondisi sakit yang dapat menyebabkan kematian atau cacat.

Setelah mendapat surat rujukan untuk pergi ke rumah sakit, Anda diharuskan datang tidak terlambat dengan membawa beberapa barang lain, seperti:
  • Kartu BPJS asli dan fotokopi.
  • Salinan KTP yang valid.
  • Foto copy KK (Kartu Keluarga).
  • Foto kopi surat rujukan dari FASKES 1
Jika Anda telah melakukan semua tahapan prosedur dengan benar, maka Anda dapat memeriksa kesehatan Anda menggunakan BPJS secara gratis. Perlu diingat, tidak semua perawatan bisa ditanggung oleh BPJS. Ada beberapa pengecualian yang akan membuat Anda dikenai biaya tambahan. Pengecualian saat menggunakan BPJS meliputi:
  • Munculnya obat-obatan dari rumah sakit yang tidak tercakup atau tidak termasuk dalam daftar obat-obatan yang ditanggung oleh BPJS.
  • Biaya kelas perawatan. Ini karena kelas perawatan maksimum yang disediakan oleh BPJS Kesehatan adalah Kelas 1. Jadi jika pasien atau peserta asuransi kesehatan ingin dirawat di kelas perawatan yang lebih tinggi, misalnya VIP atau VVIP, maka ada perbedaan dalam biaya yang harus ditanggung dan hal itu menjadi beban dan kewajiban peserta BPJS.
Selain itu, BPJS tidak dapat menjamin pemeriksaan medis, atau melakukan tes laboratorium atas permintaan mereka sendiri. Anda harus mengunjungi FASKES 1 terlebih dahulu untuk kemudian dirujuk ke rumah sakit bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.