Bukit Piramid Bondowoso Yang Menakjubkan

Bukit Piramid Bondowoso - Pasti kalian penasaran dengan bukit yang satu ini yakni bukit piramida yang berlokasikan di Desa Ardisaeng Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso Jawa timur. Destinasi wisata baru ini sangat di gemari pendaki karena tantangan yang menantang adrenalin.

Sejarah bukit piramida Bondowoso ini belum ada yang tahu pasti, sampai saat ini tidak ada yang mengetahui sejak kapan bukit ini dinamakan bukit piramid, warga sekitar menyebutnya bukit piramid, puncak piramid, dan Gunung Piramid.

Untuk menuju puncak bukit ini, kita melalui Dusun Tegal tengah Desa Curahpoh Kecamatan Curahdami. Disana ada tempat peristirahatan berupa lahan perkemahan dan villa. Rute perjalanan cukup susah, estimasi perjalanan menuju puncak dibutuhkan waktu 6 jam lebih, sedangkan untuk turun di butuhkan waktu 4 - 6 jam perjalanan.

Jika kita lihat dari bentuk bukit memang seperti piramid mengkerucut ke atas walau tidak persis dengan piramid aslinya di mesir. Selama belum ada yang memberikan informasi lengkap sejarah bukit ini, kami juga menyebutnya piramid.

Bukit piramid berada di ketinggian 1520 mdpl, cukup tinggi dan alam masih terasa sejuk. Di puncak gunung piramid tidak ada pepohonan di sekeliling, yang ada hanya rumput ilalang hijau bila di musim hujan dan kering di musim kemarau.

Puncak Piramid

Kabarnya Puncak piramid bersebelahan dengan puncak gunung saeng, patirana dan argopuro. Jika di lihat dari google maps puncak gunung saeng, patirana, dan puncak piramid ini masih kategori kaki gunung Argopuro.


Banyak slentingan mitos-mitos pada bukit piramit, apa saja mitos bukit piramid? Kami akan menjelaskan di halaman berikutnya.

Misteri bukit Piramid yang menghebohkan, misteri sampai saat ini belum terpecahkan. Warga sekitar mengatakan bukit tersebut merupakan tempat tinggal Dewi Rengganis putri kerajaan pada masanya. Entah Misteri itu benar atau tidak, belum ada penelitian yang sampai saat ini yang membenarkannya.

Destinasi baru untuk wisata Bondowoso, wisata ini tiket masuknya masih gratis, anda cukup membayar uang parkir kepada warga yang menjaga kendaraan anda. namun tempat wisata yang satu ini rutenya cukup berbahaya, loh kenapa?

Rute menuju puncak piramid Bondowoso hanya jalan setapak, kanan kiri jurang dengan ketinggian ratusan meter. Untuk menuju bukit piramid kalian harus berjalan ribuan kilometer medan jalan menuju bukit memanjang dan menanjak.

Sepanjang jalan kalian akan terhalang dengan bebatuan kecil dan besar, selain itu juga warga sekitar belum membuka akses jalan yang benar untuk pemula, dengan demikian banyak pendaki kesasar salah jalan.

Tapi bagi kalian yang sudah terbiasa mendaki gunung dan masuk hutan sudah paham apa yang dilakukan ketika salah jalan.


Di atas ujung puncak piramid, rasa lelah kalian dalam perjalanan akan dibayar dengan keindahan alam Bondowoso yang hijau mempesona menambah kekuatan iman bahwa Allah Maha Besar. Panorama alam terlihat jelas, lekukan bumi dan pemandangan kota Bondowoso.

Jika akan berwisata ke bukit ini, kalian harus mengajak gaet wisata atau orang yang berpengalaman sering ke bukit ini, tidak akan sia-sia kalian mengajak gaet daripada kesasar dan merugikan orang lain.

Siapkan kamera andalan kalian untuk mengabadikan moment keseruan mendaki puncak piramid, jangan lupa setelah sampai rumah pamer foto agar puncak ini semakin eksis. Dan siapkan peralatan mendaki yang lengkap minimal jaket, sepatu, air, makanan ringan dan tongkat.

Saran kami ketika anda berwisata ke bukit ini, mohon untuk tidak membuang sampah dalam perjalanan dan tidak merokok karena sekitar bukit itu kawasan rumput ilalang yang mudah terbakar. Jaga lingkungan walaupun itu bukan lingkungan rumah anda.

Jangan mendaki, jika kalian belum siap dengan rasa ingin lagi. Jangan memulainya, jika kau belum siap mengulanginya. Rasakan sensasinya mendaki puncak bukit piramid Curahdami Bondowoso.

Sumber : ayo ke Bondowoso
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.