Pengaruh Rokok Bagi Kesehatan

Pengaruh rokok bagi kesehatan - Ketika merokok, sebenarnya kita telah menghirup banyak zat yang dapat merusak tubuh kita. Merokok seolah menjadi budaya akibat terbiasakan dalam kehidupan masyarakat. Bahaya merokok dapat membahayakan hampir setiap organ tubuh dan penyakit berbahaya lainnya.

Peringatan bahaya merokok bagi kesehatan tidak henti-hentinya diserukan pemerintah melalui dinas kesehatan, tetapi masih banyak orang yang menghisapnya. Merokok seolah menjadi budaya akibat terbiasakan dalam kehidupan masyarakat.

Efek yang disebabkan oleh bahan kimia dalam rokok untuk sistem tubuh adalah sebagai berikut:
  1. Nikotin, menyebabkan kecanduan, merusak jaringan otak, dan mudah membeku darah. Bahan ini dapat mempengaruhi tubuh dengan: merusak sistem saraf pusat, meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah, dan menyebabkan vasokontraksi arteri.
  2. Tar, menyebabkan kerusakan sel paru-paru, meningkatkan produksi lendir atau dahak di paru-paru, dan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Tar bersifat karsinogenik, yang merupakan zat penyebab kanker (kanker paru-paru).
  3. Karbon monoksida, yang dapat mengurangi jumlah oksigen yang dapat diikat oleh darah, dan menghalangi transportasi oksigen dalam tubuh. Karbon monoksida adalah gas yang terkandung dalam asap rokok. Karbon monoksida berbahaya karena dapat mengikat hemoglobin darah yang mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah.
  4. Zat karsinogen, dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  5. Zat iritan, dapat menyebabkan batuk, kanker paru-paru, dan iritasi paru-paru.
  6. Menurut penelitian, setiap tahun 3,5 juta orang meninggal karena merokok atau rata-rata 10.000 kematian per hari, baik perokok aktif maupun perokok pasif.

DAMPAK ROKOK UNTUK KESEHATAN
Ketika sebatang rokok dinyalakan dan asapnya mulai dihisap, sejumlah bahan kimia akan bersirkulasi ke berbagai organ vital dalam tubuh, yaitu paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Tubuh akan terkontaminasi bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dan kecanduan.

Asap rokok memancarkan lebih dari 40 bahan kimia penyebab kanker, serta sejumlah kecil racun lain seperti arsenik dan sianida dan lebih dari 4000 bahan kimia lainnya.


Salah satu bahan kimia dalam rokok adalah nikotin. Nikotin akan membuat Anda kecanduan rokok dan kecanduan. Nikotin akan meningkatkan zat kimia otak yang disebut dopamin, yang akan membuat Anda merasa bahagia. Dopamin inilah yang menyebabkan proses kecanduan.

Karbonmonoksida yang Anda hirup dari asap rokok menggantikan oksigen dalam sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ lainnya. Merokok juga membunuh rasa dan bau, sehingga makanan tidak lagi sedap seperti biasanya.

Efek langsung yang dialami oleh orang yang merokok, misalnya: aktivitas otak dan sistem saraf yang awalnya meningkat kemudian berkurang, euforia ringan, terasa rileks, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, menurunkan aliran darah ke anggota badan seperti jari dan kaki, pusing, mual, mata berair, asam lambung meningkat, nafsu makan berkurang, dan rasa dan bau berkurang.

Sementara efek jangka panjang dari penggunaan tembakau adalah munculnya berbagai penyakit, termasuk:
  1. Kecanduan nikotin
  2. Berbagai jenis kanker, terutama kanker paru-paru, ginjal, tenggorokan, leher, payudara, kandung kemih, pankreas dan perut. Satu dari enam perokok pria akan menderita kanker paru-paru.
  3. Penyakit jantung dan pembuluh darah: stroke dan penyakit pembuluh darah perifer.
  4. Penyakit pernapasan: flu, bronkitis, penyakit paru obstruktif kronis.
  5. Cacat bawaan pada bayi dari ibu yang merokok selama kehamilan.
  6. Penyakit Buerger
  7. Katarak
  8. Gangguan kognitif (daya berpikir): lebih rentan terhadap penyakit Alzheimer (demensia), susut otak.
  9. Ketidakmampuan
Dampak merokok pada diri sendiri dan orang lain adalah:
Untuk dirimu,
  1. Merokok membawa lebih banyak kerugian daripada manfaat bagi tubuh
  2. Menyebabkan saran untuk diri kita sendiri, bahwa jika kita tidak merokok mulut terasa buruk dan masam
  3. Rasa ingin tahu, antusiasme untuk belajar, dan berbagai hal positif yang ada dalam diri kita hilang ketika kita menjadi perokok
Untuk yang lain,
  1. Ketika kita merokok, asap rokok kita dapat mengganggu orang lain dan juga menyebabkan polusi udara
  2. Menyebabkan seseorang yang dekat dengan kita menjadi perokok pasif
  3. Jika Anda membuang puntung rokok dengan sembarangan tanpa mematikannya sebelumnya, itu dapat menyebabkan kebakaran
  4. Menyebabkan lapisan ozon berkurang
Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.