Biaya Tes Darah

Biaya Cek Darah - Tes darah ini berfungsi mengukur kadar lemak dalam tubuh kita. Cek darah itu sangat penting, ada beberapa perusahaan dan instansi menyarankan hasil cek darah di lampirkan pada saat melamar kerja.

Cek darah tidak hanya mengetahui kadar gula dalam darah tetapi mendeteksi gejala bermacam-macam penyakit seperti jantung, kanker hingga kelainan darah. Maka dari itu rutin cek darah sejak dini apalagi usia di atas 40 semakin rawan terkena penyakit.

Berapa biaya hitung darah lengkap?
Biaya melakukan hitung darah lengkap bervariasi, tergantung pada rumah sakit yang menyelenggarakannya.

Di rumah sakit swasta di Indonesia, biaya tes ini bisa mulai dari Rp. 50.000 hingga lebih dari Rp. 630.000. Disarankan untuk menyiapkan lebih banyak dana untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yaitu sekitar 20-30% dari perkiraan biaya.

Biaya cek darah di puskesmas tidak selengkap dan semahal di rumah sakit tapi kami sarankan untuk cek darah di Rumah sakit terdekat.

Apa itu hitung darah lengkap?
Perhitungan kadar sel darah secara keseluruhan dalam komponen pembentuk darah, yaitu sel darah merah, sel darah putih dan trombosit, dan pemeriksaan hemoglobin, hematokrit, jumlah sel darah putih, MCV, MCH, dan MCHC.

Apa kegunaan dari penghitungan darah lengkap?
Untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan, mendiagnosis masalah kesehatan yang dialami oleh pasien, memantau perkembangan penyakit, dan mengevaluasi efektivitas pengobatan.


Apa yang perlu Anda perhatikan dari hitung darah lengkap?
Mengambil sampel darah jarang menyebabkan efek samping. Namun, kesulitan pengambilan sampel darah berbeda untuk setiap orang, tergantung pada ukuran pembuluh darah dan tubuh tempat pengambilan sampel darah.

Terkadang, mengambil sampel darah berisiko menciptakan hematoma (penyerapan darah di kulit), infeksi, perdarahan, dan pusing atau pingsan. Jumlah sel darah juga bukan metode diagnosis yang pasti, sehingga pemeriksaan lebih lanjut sering diperlukan dengan tes lain.

Apa yang perlu disiapkan sebelum hitung darah lengkap?
Tidak ada persiapan khusus, pasien dapat makan dan minum seperti biasa sebelum hitung darah lengkap dilakukan. Dokter hanya dapat menyarankan pasien untuk mengenakan kemeja lengan pendek atau yang bisa digulung, sehingga memudahkan pengumpulan darah biasanya dari siku atau punggung tangan.

Seperti apa hitung darah lengkapnya?
Petugas laboratorium akan membersihkan area kulit di atas vena yang merupakan lokasi pengumpulan darah menggunakan alkohol. Selanjutnya, tali elastis diikat ke lengan atas sehingga aliran darah tersumbat dan tersumbat di vena di bawah.

Dokter akan memasukkan jarum ke kulit menuju vena untuk mengambil sampel darah. Jika sampel darah telah diperoleh, dasi tali dibuka dan titik tusukan pada kulit akan ditutup menggunakan selotip untuk menghentikan pendarahan.

Berapa lama tes ini berlangsung?
Hanya beberapa menit.

Kapan hasil hitung darah lengkap diperoleh?
Secara umum hasil dapat diperoleh dalam beberapa jam atau hari berikutnya.

Bagaimana jika hasil hitung darah lengkap dinyatakan abnormal?
Dokter Anda dapat merekomendasikan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisi Anda.

Kondisi apa yang dapat menyebabkan hasil hitung darah abnormal?
Mulai dari kekurangan vitamin atau mineral, reaksi obat, peradangan, infeksi, penyakit jantung, penyakit autoimun, kelainan darah, hingga kanker.

Apakah BPJS menerima cek darah?
Kalau sudah mengikuti JKN tidak harus pusing, mudah berobatnya, dan bisa menggunakan rujukan BPJS untuk cek darah dan pemeriksaan.

Sumber : alodokter

Tags : 
Bondowoso
Jember
Situbondo
Banyuwangi
Probolinggo
Pasuruan
Surabaya
Bangil
Malang
Lumajang
Malang
Bojonegoro
Gresik
Jomabng
Madiun
Tulungagung
Trenggalek
Ponorogo
Pacitan
Tuban
Nganjuk
Pamekasan
Bangkalan
Sampang
Sumenep
Lamongan
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.