Apa itu Tuberculosis?

Apa itu tuberculosis - Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan Mycobac terium tuberculosa, mycobacterium boviss e rta Mycobacyerium avium, tapi lebih umum disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosa (FKUI, 1998).

Pada tahun 1993, WHO meluncurkan keadaan darurat global tuberkulosis di dunia, karena di sebagian besar negara di dunia, tuberkulosis menjadi tidak terkendali.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa orang lebih rentan terhadap infeksi TBC. Tidak semua orang yang sudah terkontaminasi atau terpapar dengan bakteri penyebab TB akan menjadi sakit.

Di Indonesia sendiri, TBC adalah masalah kesehatan utama. Pada 1995, hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) menunjukkan bahwa TBC adalah penyebab kematian nomor tiga (3) setelah penyakit kardiovaskular dan penyakit pernapasan pada semua kelompok umur.

Di Indonesia sendiri, menurut Kartasasmita (2002), karena sulitnya mendiagnosis tuberkulosis pada anak, kejadian tuberkulosis pada anak belum diketahui, tetapi jika kejadian tuberkulosis pada orang dewasa tinggi dapat diperkirakan maka kejadian tuberkulosis pada anak akan juga tinggi.

Ini terjadi karena orang dewasa dengan BTA positif akan menular ke 10-15 orang di lingkungan mereka, terutama anak-anak (Depkes, 2002; Kartasasmita, 2002; Kompas, 2003).


Lingkungan tidak terlepas dari aktivitas kebiasaan manusia dan lingkungan, baik itu secara fisik maupun secara biologis, memainkan peran penting dalam proses masalah kesehatan masyarakat, termasuk masalah kesehatan dalam bentuk TBC pada anak-anak (Notoatmodjo, 2003). Karena itu kesehatan anak sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, baik secara fisik, biologis dan sosial.

Lingkungan rumah merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap status kesehatan penghuninya (Notoatmodjo, 2003). Lingkungan rumah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam penyebaran kuman tuberkulosis.

Kuman tuberkulosis dapat hidup selama 1-2 jam bahkan hingga beberapa hari hingga minggu tergantung pada ada atau tidak adanya sinar ultraviolet, ventilasi yang baik, kelembaban, suhu rumah dan kepadatan penghuni rumah.

Sumber :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.