8 Makanan Khas Surabaya Jarang Orang Tau

Makanan Khas Surabaya - Makanan khas Surabaya ini memang menggugah selera dengan pasta di setiap hidangan olahan. Karena itu, banyak turis, baik domestik maupun asing, menyukai makanan asli Surabaya.

Sejarah Petis Udang di Indonesia, yang dibuat dari udang kecil atau dikenal dengan nama rebon. Petis yang terbuat dari udang disebut terasi. Tetapi ada juga petis yang terbuat dari ikan, dan di tempat lain petis juga dibuat dari daging sapi.

Sebagai masakan asli Indonesia, Petis menyimpan 'misteri' tentang asalnya. Ada beberapa versi yang menjelaskan asal usul petis. Salah satu literatur kronis Cirebon menjelaskan, petis telah ada sejak zaman Padjajaran.

Tepatnya ketika Pangeran Walangsungsang atau dikenal sebagai Pangeran Cakrabuana dimahkotai. Raja Padjajaran yang merupakan putra Raja Siliwangi memerintah sekitar abad ke-14 Masehi. Itu berarti Anda harus membeli 600 tahun.

Pada saat itu, Kuwu Cairebon (seperti Cirebon di masa lalu) menawarkan hasil tangkapan para nelayan di wilayah utara Cirebon kepada raja, sebagai bentuk penghormatan terhadap negara. Upeti terdiri dari udang rebus rebus.

Air yang tersisa dari rebusan tersebut kemudian diolah menjadi pasta. Diproduksi petis di masa depan dengan pertimbangan awal dengan awal terasi, karena log udang yang diserahkan kepada raja kemudian disebut sebagai terasi, asalkan kata itu masam yang berarti terguncang.

Dilihat dari kota asal Cirebon yang dulu disebut Cairebon, yang terdiri dari dua kata yaitu Cai yang berarti udara dan rebon yang berarti udang kecil. Dari literatur ini dapat disimpulkan bahwa Petis memang dari Cirebon.

Sumber dikutip dari asal kapal Pantura, sebagian besar wilayah Sidoarjo yang telah dikenal sebagai penghasil petis. Awalnya itu hancur mirip dengan apa yang terjadi di Cirebon, semua karena kecelakaan.

Saat itulah para nelayan memukuli hasil tangkapan, sehingga ada ide untuk merebus hasil tangkapan sehingga akan bertahan lebih lama. Dari situasinya, ternyata bisa menghasilkan produk sampingan dalam bentuk air matang. Kemudian air rebusan diberi rempah-rempah oleh para istri nelayan, dari tempat petis mulai muncul.

Di Sidoarjo sendiri bahan dasarnya membuat wadah yang berbeda dengan pasta di daerah lain. Di Sidoarjo petis dibuat dari kupang (Corbula Faba) atau cangkang kecil. Ini berbeda dengan pasta Cirebon yang terbuat dari bahan dasar udang rebon.

Petis mewarisi ke Indonesia Asal usul petis tidak penting. Biasanya petis telah menjadi jenis spesialisasi kuliner, yang ada di Indonesia, berbeda dengan trasi (produk kompetitif) yang juga dikenal di kawasan Asia Tenggara.

Petis telah memperkaya masakan Indonesia, ditambah bumbu yang dibuat untuk beberapa menu makanan seperti salad cingur, bumbu ayam, dan menu lainnya. Selain itu, petis cocok untuk makan makanan yang digoreng.

Pasta ini jauh lebih baik daripada tomat, ditambah lagi jika Anda melihat bahan-bahan yang kaya protein. Petis ini adalah pengganti sosis dan mayones, bukan ikatan karena ikatan budaya, tetapi persiapan pasta ini memang jauh lebih tinggi daripada sosis mayones. Mari lestarikan masakan lokal.

Makanan Spesial Surabaya

1. Rujak Cingur
Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tahu, tempe, daging sapi cingur, sayuran seperti kangkung dan kecambah, buah-buahan seperti pencit, kedondong, nanas, mentimun, bengkoang, bendoyo dan rempah-rempah, yang terbuat dari batu pisang parut, cabai rawit, petis , kacang goreng, bawang putih goreng dan air secukupnya.

2. Lontong Racing dan Sate Shellfish
Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tahu, lento, tauge, bawang goreng, sate kerang dan sambal petis yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit, petis.


3. Tahu Tek
Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, telur dadar, kentang goreng, kecambah pendek, kerupuk kecil dan rempah-rempah petis yang terbuat dari kacang goreng, cabe rawit, bawang putih goreng, petis.

4. Tahu Mix
Makanan ini terdiri dari irisan tahu, kue singkong, daging sapi, selada kritis, kerupuk kecil dan sambal petis yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit dan petis.

5. Kupang Lontong dan Sate Kerang
Makanan ini terdiri dari irisan lontong, sayuran kerang, singkong, bawang goreng, sate kerang dan rempah-rempah petis yang terdiri dari bawang putih, cabai rawit, petis.

6. Mie Lontong
Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tahu goreng, udang goreng, tauge, bawang goreng dan sambal petis yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit, petis.

7. Semanggi
Makanan ini terdiri dari daun semanggi, kecambah, kerupuk katrol dan rempah-rempah yang terbuat dari singkong, kacang tanah dan petis.

8. Buah Rujak Tolet
Makanan ini terdiri dari irisan buah seperti pepaya, bengkoang, mentimun, nanas, melon, tahu goreng dan sambal petis yang terbuat dari bawang putih, cabai rawit, petis.

Itulah makanan khas kota Surabaya yang semakin populer dengan anak-anak hingga orang dewasa. Makanan-makanan ini sekarang dijual dengan baik di depot pinggir jalan ke mal.

Sumber :

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh