Karir Ilmuwan Data

Jalur Karir Ilmuwan Data ( Data Scientist Career Path ) - Meskipun Anda mungkin memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ilmuwan data langsung dari perguruan tinggi, tidak jarang orang membutuhkan pelatihan kerja sebelum mereka berangkat dan menjalankan karier mereka.

Pelatihan ini sering dipusatkan di sekitar program khusus perusahaan dan sistem internal, tetapi mungkin termasuk teknik analitik lanjutan yang tidak diajarkan di perguruan tinggi.

Dunia ilmu data adalah bidang yang selalu berubah, sehingga orang yang bekerja di bidang ini perlu terus memperbarui keterampilan mereka. Mereka terus berlatih untuk tetap menjadi yang terdepan dalam informasi dan teknologi.

Pekerjaan Data Scientist
Ilmuwan data bekerja di banyak pengaturan yang berbeda, tetapi sebagian besar dari mereka akan bekerja di pengaturan seperti kantor yang memungkinkan orang untuk bekerja sama dalam tim, berkolaborasi dalam proyek, dan berkomunikasi secara efektif.

Sebagian besar pekerjaan mungkin termasuk mengunggah angka dan data ke dalam sistem atau menulis kode untuk program yang akan menganalisis informasi.

Kecepatan, suasana, dan tempo semua lingkungan kerja akan sangat tergantung pada perusahaan dan industri tempat Anda bekerja. Anda bisa bekerja di lingkungan kerja yang bergerak cepat yang menekankan hasil cepat, atau Anda bisa bekerja untuk organisasi yang nilai lambat, metodis, kemajuan terperinci.

Anda mungkin menemukan lingkungan kerja yang dirancang untuk mendorong pemikiran kreatif, atau Anda dapat bekerja di kantor yang dirancang untuk efisiensi dan efektivitas; itu benar-benar tergantung pada jenis ilmu data yang Anda lakukan dan sifat bisnis tempat Anda bekerja.

Pro kontra
Ada banyak manfaat menjadi ilmuwan data, dan tidak semuanya berpusat pada pembayaran. Pekerjaan ini adalah karir yang unik namun menantang yang menawarkan berbagai tugas harian, dan variasi ini sering disebut sebagai salah satu manfaat utama.

Sebagai ilmuwan data, Anda dapat bekerja untuk berbagai perusahaan, menghasilkan solusi dan informasi yang terkait dengan penahanan pelanggan, pemasaran, produk baru, atau solusi bisnis umum. Ini berarti Anda dapat terlibat dalam topik dan subjek unik dan menarik yang memberi Anda perspektif luas tentang ekonomi dan dunia pada umumnya.


Sama seperti karir apa pun, ada beberapa kelemahan yang jelas. Sementara variasi subjek yang ekstrem memberi Anda tantangan baru, itu juga bisa berarti bahwa Anda tidak pernah bisa sepenuhnya terjun ke topik tertentu.

Teknologi yang Anda gunakan akan terus berkembang, sehingga Anda mungkin menemukan bahwa sistem dan perangkat lunak yang baru saja Anda kuasai tiba-tiba usang. Sebelum Anda menyadarinya, Anda perlu mempelajari sistem yang sama sekali baru. Ini juga dapat menyebabkan banyak kebingungan, karena menentukan sistem mana yang terbaik untuk pekerjaan tertentu sangat sulit.

Gaji Ilmuwan Data
Tidak peduli sumber apa yang Anda lihat, satu hal yang pasti: para profesional ini berdiri untuk mendapatkan penghasilan besar. Sumber terbaik untuk gaji karier adalah Biro Statistik Tenaga Kerja, tetapi sayangnya mereka tidak mengumpulkan informasi untuk ilmuwan data secara khusus.

Namun, mereka memiliki informasi tentang "Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi," yang mencakup apa yang mereka sebut "data mining," keterampilan yang mencerminkan ilmu data dalam banyak cara.

Menurut BLS, orang yang bekerja sebagai ilmuwan riset komputer dan informasi memperoleh penghasilan rata-rata $ 108.360 per tahun, dan semua pekerjaan yang terkait dengan komputer menarik rata-rata $ 79.390. Lihat laporan BLS tentang data besar di sini.

Angka-angka ini tampaknya berkorelasi dengan angka upah dari sumber lain juga. Glassdoor melaporkan gaji rata-rata $ 113.436 sementara PayScale memiliki penghasilan mereka di $ 93.146. Seorang ilmuwan data dengan 9 tahun pengalaman atau lebih dapat mengharapkan gaji sekitar $ 150.000 dan tim pengelola yang terdiri dari sepuluh atau lebih dapat mengharapkan untuk mendapatkan hampir $ 232.000.

Sumber apa pun yang Anda lihat, Anda dapat melihat keterampilan canggih ini sangat diminati. Jika Anda memiliki keterampilan, pelatihan, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ilmuwan data, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan penghasilan besar selama karier Anda. Ada lebih banyak kabar baik juga, karena para profesional ini akan banyak diminati di masa mendatang.
 
Prospek pekerjaan
Siapa pun yang bekerja di bidang ilmu data dapat mengharapkan pukulan satu-dua dari keamanan kerja. Mereka tidak hanya akan mendapatkan penghasilan jauh di atas rata-rata nasional, mereka juga dapat berharap ladang mereka akan terus tumbuh selama dekade mendatang.

Permintaan untuk ilmuwan data jauh di atas rata-rata nasional dan 50% lebih tinggi dari insinyur perangkat lunak (17%) dan analis data (21%). Jumlah ilmuwan data meningkat dua kali lipat selama empat tahun terakhir dan beberapa bahkan mengutip pertumbuhannya sebesar 300%.

Karena semakin banyak bisnis bergantung pada informasi keras untuk keputusan mereka, kebutuhan akan orang yang tidak hanya dapat menyusun informasi, tetapi juga dapat mengaturnya, menyimpannya, menafsirkannya, dan menemukan tren, akan menjadi semakin penting. Pengumpulan data oleh bisnis akan terus tumbuh, dan analis data harus mengharapkan permintaan tinggi untuk tahun-tahun mendatang.
 
Karir Terkait
Ada banyak karir yang merupakan cabang ilmu data atau ekstensi karir. Salah satu pekerjaan yang mungkin Anda pindahkan selama karier Anda adalah ilmuwan data senior. Para profesional ini akan menggunakan pelatihan dan pengalaman canggih mereka untuk membuat pendekatan baru dan inovatif, memimpin tim ilmu data, dan membangun prototipe dan algoritma baru untuk menganalisis informasi dan mencapai kesimpulan.

Karir serupa juga mencakup pengembangan perangkat lunak, arsitek jaringan komputer, administrator basis data, analis data, dan analis keamanan informasi. Karier apa pun yang menggunakan teknologi komputer, analisis informasi, atau ramalan dapat menjadi rumah potensial bagi siapa saja yang terlatih atau berpengalaman dalam data besar.

Sumber :

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh