Cara Migrasi Situs Web Ke Host Baru dengan Benar

Cara Migrasi Situs Web / domain - Migrasi domain/hosting atau dengan kata lain pindah, ini sering dilakukan oleh para blogger apalagi pembisnis adsense. Jika situs kalian tidak ada tanda-tanda trafik naik dalam waktu setahun, biasanya situs kena disbale atau sandbox google. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Anda akhirnya memiliki cukup masalah konstan dengan host situs web Anda saat ini dan memutuskan sudah waktunya untuk pindah ke host yang lebih baik. 

Tetapi hanya memikirkan semua detail teknis yang terlibat membuat Anda berkeringat dingin. Atau mungkin Anda bahkan tidak tahu cara memindahkan situs web Anda ke host baru.

Jangan khawatir, pos ini akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat proses migrasi sehalus mungkin.

Sebelum kamu memulai
Meluangkan waktu di muka untuk mempersiapkan akan membantu menghilangkan tekanan dari proses migrasi, dan memastikan transisi yang lancar.

Tentu saja, pertama-tama Anda harus memilih host baru Anda dan mendaftar untuk sebuah akun. Ini sendiri bisa sangat luar biasa - ada banyak pilihan, dan Anda pasti tidak ingin salah lagi!

Jangan khawatir - saya membantu Anda. Jika Anda mengikuti saran dalam posting yang saya tulis tentang memilih host maka Anda tidak dapat salah.

Selanjutnya, Anda perlu mengumpulkan semua detail akun yang Anda perlukan:
  • Login akun pendaftaran domain Anda
  • Login akun hosting Anda yang ada
  • Login akun hosting baru Anda (detail ini akan diemailkan kepada Anda ketika Anda mendaftar)
  • Login admin WordPress Anda
Jika Anda memiliki alamat email pada host Anda saat ini, maka Anda akan memerlukan daftar alamat ini (jangan terlalu khawatir tentang kata sandi saat ini. Anda dapat mengubahnya selama proses migrasi)
Anda bahkan dapat menggunakan daftar periksa yang kami kembangkan untuk menyimpan semua informasi ini di satu tempat yang nyaman untuk digunakan selama proses berlangsung.

Itu juga akan menjadi ide yang baik untuk memastikan Anda memiliki detail kontak dukungan untuk host Anda saat ini dan yang baru kalau-kalau ada masalah dan Anda perlu bantuan.

Terakhir, pastikan Anda mengambil cadangan penuh situs sebelum mulai bermigrasi. Idealnya, simpan cadangan di setidaknya 2 lokasi berbeda - satu secara lokal di komputer Anda (untuk Anda gunakan dalam migrasi), dan satu lagi di penyimpanan data berbasis cloud (misalnya, Dropbox) untuk keamanan ekstra.


Opsi untuk Migrasi
Seperti kebanyakan hal lainnya, ada beberapa cara untuk menguliti kucing ini.

Dan sementara setiap cara akan berhasil, ada alasan mengapa Anda mungkin ingin memilih satu cara di atas yang lain. Itu semua tergantung pada keadaan pribadi Anda.

Mari kita lihat opsi

Dapatkan Host Baru Anda Untuk Melakukannya
Host paling terkemuka akan menawarkan layanan untuk memindahkan situs Anda. Yang lebih baik (seperti SiteGround) bahkan akan melakukannya secara gratis ketika Anda mendaftar untuk akun baru.

Kelebihan jelas dari pendekatan ini adalah bahwa sangat sedikit upaya yang diperlukan di pihak Anda cukup berikan mereka rincian akun hosting Anda sebelumnya dan mereka akan melakukan sisanya.

Kelemahannya adalah segala sesuatu dari situs Anda yang ada akan disalin - termasuk file yang tidak lagi diperlukan. Sementara ini tidak akan menghentikan situs Anda dari bekerja, Anda kehilangan peluang besar untuk membersihkan situs Anda dan membersihkan kelebihan bagasi.

Perhatikan juga bahwa host situs web umumnya tidak akan memindahkan akun email apa pun yang terkait dengan domain Anda (lebih lanjut tentang itu nanti).

Transfer File dan Database Anda secara Manual
Jika Anda mengerti secara teknis, Anda dapat menyalin file situs web dan basis data dari host lama Anda ke host baru Anda sendiri.

Manfaat dari pendekatan ini adalah Anda dapat membersihkan semua lemak yang tidak perlu dalam proses itu.

Tentu saja, jika hal-hal seperti membuat database atau mengedit file wp-config.php Anda membuat Anda takut (atau Anda bahkan tidak tahu apa yang saya katakan) maka ini mungkin bukan pendekatan untuk Anda.

BackupBuddy
Jadi inilah "pendekatan mama bear" (tidak terlalu teknis, tidak terlalu "lepas tangan") - gunakan alat seperti BackupBuddy.

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan file mana yang tidak ingin Anda bawa (sehingga sedikit membersihkan situs Anda), tetapi sebagian besar detail teknis menempatkan file dan database di tempat yang tepat di host baru dirawat dengan hati-hati untuk Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah memuat skrip impor dan file cadangan ke host baru Anda, jalankan skrip impor dan berikan informasi yang diminta penyihir.

Sekali lagi, Anda masih harus memindahkan akun email apa pun secara terpisah.

Test, Test & Test Lagi
Memindahkan file dan database Anda ke host baru Anda bukanlah akhir dari proses.

Pada tahap ini, situs Anda masih dilayani hingga pengunjung dari host yang ada. Host baru Anda tidak akan mengambil alih peran ini hingga Anda memperbarui catatan domain Anda.

Sebelum melakukan perubahan ini, sebaiknya pastikan tidak ada yang salah dalam tindakan.

Maksud saya memeriksa:
  • Semua halaman ditampilkan dengan benar
  • Semua tautan masih berfungsi
  • Semua bentuk berfungsi seperti yang diharapkan
  • Setiap jalur pembayaran berfungsi seperti yang diharapkan
Keanggotaan dan / atau pos dan unduhan yang dijamin masih dilindungi
Detail lisensi seringkali kacau dalam proses migrasi, dan banyak hal berhenti berfungsi. Jadi pastikan Anda memeriksa situs Anda secara menyeluruh.

Anda dapat memeriksa beberapa poin di atas menggunakan tautan domain sementara yang akan disediakan oleh host baru Anda saat mendaftar.

Namun, karena cara WordPress beroperasi secara internal, mengklik tautan (dan terutama halaman pengembalian jalur pembayaran) sering membuat Anda kembali ke host yang ada.

Sejauh ini cara terbaik untuk benar-benar memeriksa situs Anda yang dimigrasikan adalah dengan memperbarui file host di komputer Anda agar sesuai dengan domain Anda dengan alamat IP yang disediakan oleh host baru Anda. Ini memungkinkan komputer Anda untuk melihat situs di host baru, sementara internet lainnya melihat situs Anda di host saat ini.

Kemudian, jika terjadi kesalahan dalam migrasi, Anda harus memperbaikinya sebelum orang lain melihatnya.

Memperbarui Pointer Domain Anda
Setelah Anda yakin semuanya telah dimigrasi dengan benar, saatnya untuk mengirim semua lalu lintas ke host baru Anda.

Cukup masuk ke akun pendaftaran domain Anda dan perbarui rincian DNS ke nilai yang diberikan saat Anda mendaftar ke hosting baru Anda (mereka biasanya juga tercantum di dasbor akun hosting Anda).

Perhatikan bahwa perlu hingga 48 jam untuk semua lalu lintas diarahkan ke host baru, jadi jangan tutup akun hosting lama Anda selama beberapa hari (untuk berjaga-jaga).

Bagaimana dengan Email
Sayangnya, ini adalah bagian dari perubahan host yang paling banyak menimbulkan masalah.

Migrasi yang dikelola oleh host biasanya tidak akan menyertakan akun email apa pun yang Anda miliki di domain Anda. Dan memigrasi situs secara manual tentu tidak akan membawa email Anda.

Jika Anda tidak secara khusus mengatasinya sebagai bagian dari migrasi, Anda mungkin akan menemukan bahwa semua email Anda hilang ketika Anda mengubah domain Anda untuk menunjuk ke host baru Anda. Bukan hanya itu, tetapi semua email baru hanya akan menghilang ke eter, tidak pernah terlihat lagi.

Syukurlah, menghindari bencana ini tidak sulit - hanya butuh sedikit perencanaan.

Sebelum Memperbarui Pointer Domain Anda
Pastikan Anda mereplikasi semua akun email aktif ke host baru Anda.

Ini biasanya melibatkan masuk ke panel kontrol hosting Anda dan mengklik ke area Akun Email. Sesampai di sana, buat akun email baru dengan nama yang sama dengan alamat email Anda saat ini.

Pastikan Anda mencatat kata sandi dan detail koneksi, karena Anda akan membutuhkannya nanti.

Kemudian, tepat sebelum Anda siap untuk repoint domain Anda ke host baru, pindahkan semua email dalam akun yang terkena dari kotak masuk Anda dan ke folder lokal di program surat pilihan Anda. Ini akan memastikan Anda memiliki akses ke email setelah host yang ada tidak lagi tersedia.

Setelah Memperbarui Pointer Domain
Saat domain Anda menunjuk ke server baru (ingat, mungkin perlu beberapa waktu untuk menyelesaikan), Anda harus memperbarui program email Anda untuk terhubung ke akun email yang Anda buat di host baru.

Pastikan Anda menguji apakah Anda dapat mengirim dan menerima email. Saya biasanya mengirim email percobaan ke dan dari alamat email lain yang saya tahu berfungsi.

Ketika email pengujian Anda telah membuktikan semuanya berfungsi, Anda dapat melanjutkan dan menyalin email dari folder lokal yang Anda atur, dan kembali ke kotak masuk Anda. Pikiran Anda, Anda mungkin ingin mengambil kesempatan ini untuk membersihkan beberapa dari email tersebut 🙂

Dan itu dia
Jika Anda mengikuti petunjuk di atas, sekarang Anda harus memiliki file situs Anda pada host baru Anda dan semua email Anda berfungsi.

Setelah Anda tahu bahwa Anda dapat melihat situs Anda berasal dari host baru dan semua email Anda berfungsi, Anda dapat membatalkan akun hosting lama Anda.

Pastikan Anda meminta pengembalian uang untuk waktu yang tersisa di akun hosting lama Anda. Mereka mungkin memprotes, tetapi perlu tegas untuk mendapatkan pengembalian uang.

Sumber : Migrasi Situs Web / domain
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.