Apa itu Ilmuwan Data?

Apa itu Ilmuwan Data? Ilmu data ( Data Scientist) adalah bidang yang kompleks dan sering membingungkan, dan melibatkan puluhan keterampilan yang berbeda yang membuat mendefinisikan profesi sebagai perjuangan konstan.

Pada dasarnya, seorang ilmuwan data adalah seseorang yang mengumpulkan dan menganalisis dengan tujuan mencapai kesimpulan. Mereka melakukan ini melalui banyak teknik berbeda. Mereka dapat menyajikan data dalam konteks visual, yang sering disebut "memvisualisasikan data," memungkinkan pengguna untuk mencari pola yang jelas yang tidak akan terlihat jika informasi disajikan dalam angka keras pada spreadsheet.

Mereka sering membuat algoritma yang sangat canggih yang digunakan untuk menentukan pola dan mengambil data dari tumpukan angka dan statistik ke sesuatu yang dapat berguna untuk bisnis atau organisasi. Pada intinya, ilmu data adalah praktik mencari makna dalam jumlah massa data.

Mari kita lihat contoh yang cukup khas dari seorang ilmuwan data yang sedang beraksi. Mungkin bisnis besar, katakanlah perusahaan telepon seluler, ingin tahu pelanggan seperti apa yang lebih mungkin untuk beralih layanan ke pesaing mereka.

Mereka mungkin mempekerjakan analis data yang dapat melihat jutaan titik data yang berbeda (atau lebih khusus, membuat algoritma untuk melihat jutaan titik data) yang terkait dengan pelanggan lama.

Mereka mungkin menemukan bahwa pelanggan yang menggunakan jumlah bandwidth tertentu lebih mungkin untuk pergi, atau bahwa pelanggan yang sudah menikah dan berusia antara 35 dan 45 tahun adalah yang paling mungkin untuk berpindah operator.


Perusahaan telepon seluler kemudian dapat mengubah rencana bisnis mereka atau upaya pemasaran untuk melibatkan dan mempertahankan pelanggan ini.

Pengguna Netflix melihat contoh dunia nyata dari manajemen data dalam aksi setiap kali mereka mengakses akun mereka. Layanan streaming video memiliki program yang dirancang untuk memberikan saran yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan menggunakan informasi dari riwayat tontonan Anda di masa lalu, suatu algoritma memberi Anda rekomendasi untuk pertunjukan yang dapat Anda nikmati. Ini juga terlihat dalam layanan seperti Pandora dengan tombol jempol dan jempol ke bawah, dan dari Amazon, dengan rekomendasi belanja mereka.

Lalu Bagaimana cara menjadi ilmuwan data? Silahkan cek di halaman ilmuan data pada website ini.

Sumber :

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh