Resiko Mengubah HTTP ke HTTPS

Cara Redirect http ke https Pada Website - Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara redirect HTTP ke HTTPS dan Resiko redirect HTTP ke HTTPS pada website. Sebelum anda membaca artikel lebih lanjut, kalian harus tahu perbedaan utama HTTP dan HTTPS.

Perbedaan utama yang paling mencolok antara http dan https adalah tambahan huruf "S". Sudah tahu huruf "S" pada https? Huruf "S" pada htpps adalah singkatan dari security, dengan begitu apabila anda migrasi dari http ke https pada website maka website tersebut lebih dari sebelumnya.
Membangun situs dengan HTTPS memang lebih repot daripada HTTP biasa. Tapi investasi ini memiliki manfaat yang sangat besar. Jika ada manfaat pasti ada resiko. Resiko menggunakan htpps akan kami jelaskan di bawah ini.

HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol dan HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Security. Sebenarnya HTTP dan HTTPS fungsinya sama yakni sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Yang membedakan keduanya adalah dari segi keamanan, semakin canggih suatu teknologi, keamanan semakin lemah, maka dari itu perlu update keamanan agar website lebih aman dan diterima oleh aplikasi browser manapun.

Website yang aman dengan HTTP biasanya memiliki sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) dari otoritas yang diakui. Ada beberapa website / situs besar tidak memakai https itu karena mereka sudah yakin dengan sertifikat yang mereka miliki itu terbaik. Browser manapun akan menerima website tersebut sesuai kemajuan zaman.

Selama beberapa tahun terakhir, Google telah mencoba meningkatkan keamanan website di internet dengan enskripsi HTTPS. Ini berita baik untuk para blogger, mereka yang masih memanfaatkan hosting gratis dari google, bisa merasakan keamanan website.

Cara mengubah http menjadi https pada website :
1. Login blog dengan email dan password kalian
2. Masuk ke menu Settingan
3. Pilih menu Basic
4. Ganti HTTPS Availability dari no ke yes
5. Ganti HTTPS Redirect dari no ke yes (Jika web anda berdomain blogspot.com maka hal ini tidak perlu di lakukan karena tidak akan muncul di dasbord, jika web / situs anda berdomain TLD seperti com, net, dan lainnya menu tersebut akan muncul selang beberapa menit, apabila belum muncul tunggulah)

Contoh web berdomain TLD tapi hosting blogspot


Contoh web berdomain blogspot dan hosting blogspot


Setelah merubah menu seperti di foto, silahkan masuk ke thema lalu edit html. Silahkan edit template kalian yang ada hubungannya dengan URL situs kalian. Misal di edit html tercatat :

1. http://bloganda.blogspot.com harus di ubah ke https://bloganda.blogspot.com
2. http://bendebesah.com ubah ke https://bendebesah.com

Kemudian Save template dan coba cek browsing web anda, apabila URL sudah https berarti sukses walaupun warna tidak hijau namun tetap aman. HTTPS biasanya berwarna hijau, jika tidak berwarna hijau itu berarti masih ada url http yang ada di template yang belum di ubah.

Seiring kemajuan zaman, browser selalu update keamanan, beberapa blog yang masih menggunakan http mudah di curigai dan terindikasi bahwa web nya melanggar ketentuand dan yang pasti pembaca tidak dapat membaca artikel anda.

Cara ganti http menjadi https pada wordpress sudah kami jelaskan pada halaman sebelumnya.

Kelebihan ganti ke https
Dengan rdirect ke https memiliki manfaat yang di dapat oleh pemilik web yakni :
1. Aman
2. Lebih dipercaya
3. Trafik meningkat
4. SEO

Resiko mengubah http ke https
Ada sedikit resiko yang harus di hadapi oleh pemilik web /situs apabila migrasi ke https namun ini bukan menjadi momok yang harus di takuti, apa resikonya?
1. Trafik menurun di awal migrasi web
2. Mesin pencari belum mengenali web
3. Loading sediki lambat

Dari resiko diatas memang sudah biasa terjadi, selang beberapa hari website yang baru saja rdircet ke https akan kembali ke semula dan trafik pengunjung meningkat karena kepercayaan pembaca dan browser.

Menggunakan HTTPS / SSL sangat di sarankan untuk semua web, apalagi web membahas software dan aplikasi. Yang paling kami banggakan dari https adalah keaman dan SEO website. Sudah terbukti mereka situs blog yang menggunakan htpps cenderung di halaman pertama google.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya kalian pertimbangkan kelebihan dan kekurangan ubah https ke https. Jangan khawatir dengan resiko, selalu bereksperimen agar menambah inovasi dan kreatifias baru.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel Resiko / bahaya menggunakan HTTPS di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Sumber :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.