Google Fit vs Samsung Health: Mana yang Lebih Baik dalam Pelacakan Kebugaran?

Google Fit vs Samsung Health - Ekosistem Android dan iOS dipenuhi dengan banyak aplikasi di sekitar kemampuan pelacakan kebugaran. Sebutan yang menonjol adalah Runtastic, MyFitnessPal, Swortkit, Runkeeper, dan banyak lagi. Hampir semua dari mereka dibayar atau datang dengan berlangganan. Saat itulah Anda ingin mencoba yang dasar terlebih dahulu.

Apple memiliki aplikasi Kesehatan yang sangat baik dan terintegrasi dengan baik dengan seri Apple Watch. Tidak hanya itu, perusahaan ini menggandakan upayanya untuk pelacakan kebugaran pada produk yang akan datang.

Untuk dunia Android, terutama ada dua pilihan baru-baru ini didesain ulang Google Fit atau aplikasi Samsung Health, jika Anda ingin berada di ekosistem Samsung.

Kedua aplikasi menawarkan beberapa fungsi pelacakan kesehatan dan pada saat yang sama berbeda dalam banyak aspek. Dalam posting ini, kami akan membandingkan Google Fit dan Samsung Health pada berbagai karakteristik.

UKURAN APLIKASI
Ukuran aplikasi Google Fit bervariasi dengan perangkat, tetapi pada Pixel XL saya, ia menempati ruang sekitar 20MB. Aplikasi Samsung Health membutuhkan ruang 72MB yang hampir 3,5 kali Google Fit.

Unduh Google Fit

Unduh Samsung Health

USER INTERFACE
Google Fit dan Samsung Health menerima facelift dengan desain ulang baru-baru ini. Samsung dan Google tampaknya telah mengikuti filosofi yang sama di sini. Kedua aplikasi memiliki bilah menu bawah dan banyak latar belakang putih di halaman utama.

Pendekatan Google sederhana saja. Beranda menampilkan foto profil dengan data hari ini di bagian bawah. Ini melibatkan jumlah gerakan, langkah, kalori, dan kilometer untuk hari ini.

Anda juga dapat melihat denyut jantung (Jika perangkat Anda mendukungnya), bagan berat badan dan tambahkan aktivitas melalui ikon ‘+’ di sudut kanan bawah. Salah satu area di mana Fit dapat meningkatkan adalah pada penggunaan ruang. Banyak area terbuang hanya dengan gambar profil dengan data langkah.

Samsung menampilkan spanduk motivasi besar dengan artikel berita di depan. Data langkah-langkah dengan tren minggu ini ditampilkan di bagian bawah. Anda dapat mengakses semua data kesehatan Anda seperti berat badan, detak jantung, asupan air, jumlah lantai, kebiasaan tidur, dan tingkat stres dari beranda itu sendiri.

Aplikasi ini sekarang mengikuti pedoman Samsung One UI dengan sudut membulat. Saya suka pendekatan Samsung di sini karena konten utama disajikan dengan rapi di layar beranda tanpa gesekan yang tidak perlu.

LINTAS-PLATFORM DAN DUKUNGAN YANG DAPAT DIGUNAKAN
Google Fit tersedia di setiap smartphone Android. Model mana pun yang Anda pilih, data aplikasi akan mengikuti Anda. Cukup masuk dengan akun Google Anda dan sinkronkan data Anda.

Samsung Health hanya terbatas pada perangkat Samsung, tetapi perusahaan membuat beberapa layanannya tersedia untuk massa. Namun, Anda memerlukan akun Samsung untuk mengakses data.

Berbicara tentang perangkat yang dapat dikenakan, Google Fit tersedia di semua perangkat Wear OS. Dengan desain ulang platform baru-baru ini, data Fit hanya berjarak sedikit pada semua jam tangan Android.

Seperti yang diharapkan, Samsung Health dapat diakses di semua jam tangan Galaxy / Gear. Data terakhir menunjukkan bahwa ekosistem pakai Samsung jauh di depan Google Wear OS.


KAPABILITAS PELACAKAN KEBUGARAN
Secara default, Google melacak setiap gerakan Anda di latar belakang. Makeover baru-baru ini membawa sesuatu yang disebut Hearts points, yang memotivasi Anda untuk melakukan aktivitas dengan lebih cepat.

Di beranda, Anda dapat melihat gerakan, langkah, kalori yang terbakar, titik jantung, dan kilometer. Ketuk salah satu item dan akses data masing-masing secara detail.

Misalnya, gambar di bawah ini menunjukkan bahwa Google telah secara otomatis melacak perjalanan sepeda pagi dan malam saya dengan data waktu dan rute yang akurat dengan integrasi Google Maps. Seperti biasa, Anda dapat melihat data grafik mingguan dan bulanan dari menu di atas.

Selain itu, Anda juga dapat secara manual menambahkan tekanan darah, berat badan, dan aktivitas apa pun termasuk olahraga, berjalan, Hiking, Menyelam, dll ke jurnal. Ketuk opsi ‘+’ dan pilih menu yang sesuai.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melacak latihan Anda. Anda dapat memilih dari beberapa opsi dan memulai timer.

Gambar di bawah ini menunjukkan aktivitas berjalan dengan data peta, dan itu akan saling menambah kalori dan data kilometer ke jurnal.

Samsung telah menambahkan aplikasi yang dikemas dengan banyak fungsi. Secara default, aplikasi melacak data latihan Anda, waktu aktif, jumlah lantai naik, dan data tidur. Anda dapat secara manual memeriksa Detak Jantung dan tingkat stres Anda, dan juga menambah berat badan dan asupan air dalam sehari.

Ketuk widget apa pun, dan itu akan memberi Anda analisis rinci tentang aktivitas dengan diagram lingkaran dan grafik. Misalnya, Anda dapat mengatur waktu tidur dan waktu bangun di menu tidur dan membiarkan aplikasi memberi tahu Anda tentang waktu tidur dan waktu bangun.

Tab Bersama memungkinkan Anda menantang teman Anda di aktivitas apa pun. Mirip dengan Heart points di Google Fit, Samsung Heath memberi Anda hadiah dengan berbagai lencana.

AKURASI PELACAKAN
Akurasi adalah aspek utama dari setiap aplikasi pelacakan kebugaran. Dan saya senang melaporkan bahwa kedua aplikasi berjalan seperti yang diharapkan dalam penggunaan dua minggu saya yang terbatas. Ada beberapa pengamatan.

Aplikasi Fit sering mengakhiri aktivitas bersepeda saya ketika saya berhenti selama satu atau dua menit untuk mengisi ulang bahan bakar (menghirup minuman olahraga). Aplikasi ini menghitung aktivitas pelacakan dua kali untuk satu rute tunggal. Akurasi peta tepat sasaran.

Aplikasi Samsung Health mengambil perjalanan bus saya sebagai aktivitas berjalan kaki dan menghitung total jarak dalam aktivitas berjalan kaki. Dengan data Tidur, ketika saya bangun untuk memeriksa ponsel saya selama hampir satu menit, aplikasi mendaftarkannya sebagai panggilan bangun dan mengakhiri waktu tidur.

Singkatnya, kedua aplikasi berjuang untuk mendeteksi kegiatan dengan benar dan berada di bawah sensor untuk merekam data. Jadi Anda akan mendapatkan data yang hampir akurat dan tidak akurat.

Jujur saja, jika Anda tinggal di ekosistem Samsung, tidak terlihat lagi dan tetap menggunakan opsi default. Aplikasi ini dipenuhi dengan banyak opsi pelacakan kesehatan, dan yang mengejutkan kebanyakan dari mereka bekerja secara akurat dalam pengujian saya. Aplikasi ini juga tersedia untuk semua smartphone Android.

Google Fit membuat casing ketika Anda ingin menggunakan smartwatch Wear OS. Wear smartwatches juga memiliki beragam pilihan untuk dipilih karena banyak OEM yang memproduksi perangkat berbasis Wear.

Selanjutnya: Mirip dengan pelacakan kebugaran, Play Store dipenuhi dengan aplikasi meditasi dan dua pilihan terbaik adalah Headspace dan Calm. Periksa pos di bawah untuk melihat aplikasi mana yang terbaik untuk meditasi.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Sumber :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.