Cara Memperbaiki Google Play Store Error

Cara Memperbaiki Google Play Store bermasalah - Google Play Store adalah rumah harta perangkat Android tempat seseorang dapat mengunduh aplikasi dan pembaruannya. Mudah digunakan dan dilengkapi dengan kontrol orangtua. Anda akan menemukan semua jenis aplikasi di sini dengan beberapa bahkan kurang dari satu MB.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat mengakses aplikasi ini? Terkadang Play Store tidak berfungsi dan tidak mengunduh aplikasi walau data seluler nyala / ON. Ini berfungsi dengan baik di Wi-Fi, tetapi ketika Anda beralih ke data seluler, ini menunjukkan 'unduhan tertunda' atau tidak berfungsi sama sekali.

Jangan khawatir. Kami akan memberi tahu Anda cara memperbaiki masalah. Inilah solusi yang perlu Anda coba.

Cancel Unduhan
Jika Anda mengizinkan pembaruan otomatis aplikasi melalui Wi-Fi saja, terkadang unduhan yang tertunda bisa menjadi alasan untuk masalah ini. Jika aplikasi memperbarui melalui Wi-Fi dan tiba-tiba beralih ke data seluler, unduhan dapat dihentikan sementara yang menyebabkan masalah unduhan yang tertunda untuk aplikasi lain.

Untuk mengubah ini, Anda harus menghentikan semua aplikasi yang sedang mengunduh secara manual. Untuk melakukannya, buka Play Store dan geser ke kanan dari sidebar kiri. Lalu ketuk Aplikasi dan game saya. Di sini, batalkan semua unduhan dengan mengetuk ikon silang. Kemudian mulailah mengunduh aplikasi baru pada data seluler.

Cache dan data
Anda perlu menghapus cache dan data untuk Google Play Store dan Layanan Google Play. Menghapus cache tidak akan menghapus data apa pun dari perangkat Anda. Demikian pula, menghapus data tidak akan menghapus aplikasi atau datanya dari perangkat Anda. Namun, Anda akan keluar dari Play Store.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan perangkat dan buka Aplikasi / Manajer Aplikasi tergantung pada opsi yang tersedia di perangkat Anda.
Langkah 2: Di bawah Semua aplikasi atau Aplikasi yang diinstal, buka Google Play Store terlebih dahulu. Ketuk Penyimpanan.
Langkah 3: Ketuk pada Clear storage / data diikuti oleh Clear cache.
Langkah 4: Nyalakan kembali perangkat Anda.

Prefensi Aplikasi Reset
Menyetel ulang preferensi aplikasi cukup membantu ketika Anda mengalami masalah pada perangkat Anda. Mirip dengan membersihkan cache, Anda tidak akan kehilangan data berharga. Namun, itu akan mengaktifkan aplikasi dan pemberitahuan yang dinonaktifkan, mengatur ulang aplikasi default, data latar belakang, dan pembatasan izin.

Untuk mengatur ulang preferensi aplikasi, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Anda dan ketuk Aplikasi / Manajer Aplikasi / Aplikasi & pemberitahuan.
Langkah 2: Buka Semua aplikasi. Kemudian ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.
Langkah 3: Pilih Reset preferensi aplikasi dari menu. Anda akan mendapatkan pop-up yang meminta Anda untuk mengonfirmasi. Ketuk pada Reset preferensi aplikasi.

Hidupkan Mode Peesawat
Cara lain untuk mengatasi masalah unduhan adalah mengaktifkan mode pesawat. Mode pesawat mematikan semua konektivitas di perangkat Anda.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan perangkat dan ketuk pada Jaringan & internet.
Langkah 2: Ketuk pada pengaturan mode Pesawat untuk menyalakannya.
Langkah 3: Tunggu 1-2 menit. Kemudian matikan mode pesawat dengan menjentikkan sakelar di sebelah opsi mode Pesawat.

Coba unduh aplikasi pada data seluler dan itu akan berfungsi dengan baik.

Matikan Latar Belakang Batasan
Adalah hal yang baik jika Layanan Google Play memiliki akses data tanpa batas. Ada pengaturan pada perangkat Android untuk menonaktifkannya. Anda perlu memeriksa apakah aksesnya tidak dibatasi atau tidak.

Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Buka Pengaturan perangkat dan pergi ke Jaringan & internet.
Langkah 2: Ketuk Penggunaan data diikuti oleh Penggunaan data aplikasi di bawah Data seluler.
Langkah 3: Ketuk Layanan Google Play. Periksa apakah Data latar belakang dan pengaturan penggunaan data tidak terbatas diaktifkan atau tidak. Jika mati, nyalakan.


Ulangi langkah-langkah untuk Play Store dan Download Manager.
TIP: Jika Anda telah menonaktifkan data latar belakang untuk beberapa aplikasi lain, aktifkan dan coba unduh aplikasi dari Play Store.

Mode Aman
Mode aman biasanya digunakan untuk memecahkan masalah karena aplikasi pihak ketiga. Namun, ini juga terbukti bermanfaat untuk masalah lain.

Untuk masuk ke mode aman, lakukan ini:

Langkah 1: Matikan perangkat Anda menggunakan tombol daya.
Langkah 2: Setelah perangkat mati, tahan tombol daya untuk menyalakannya. Terus pegang sampai Anda melihat logo pabrikan. Segera setelah Anda melihatnya, tinggalkan tombol power dan tekan tombol volume bawah. Tetap tekan sampai perangkat melakukan booting.
Langkah 3: Anda akan dibawa ke mode aman yang ditunjukkan oleh label Mode aman di sudut kiri bawah. Tetap di sana selama satu atau dua menit. Kemudian restart perangkat Anda.

Hapus Akun Gmail
Terkadang akun Google yang tertaut juga dapat bertanggung jawab atas masalah ini. Anda harus menghapusnya sekali dan menambahkannya lagi. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan perangkat dan buka Akun.
Langkah 2: Di sini, ketuk akun Google yang ditautkan dengan Play Store. Kemudian ketuk Hapus akun di layar berikutnya.
Langkah 3: Nyalakan kembali perangkat Anda.
Langkah 4: Sekali lagi, kembali ke Pengaturan> Akun. Di sini, ketuk Tambah akun diikuti oleh Google. Kemudian tambahkan nama pengguna dan kata sandi.
Langkah 5: Buka Play Store dan coba unduh aplikasi.

Kami berharap perbaikan di atas telah menyelesaikan masalah unduhan pada perangkat Anda. Setelah Play Store kembali beraksi, Anda dapat mulai mengunduh aplikasi baru. Tapi hati-hati dan tahu cara mengenali aplikasi palsu.

Anda juga dapat menjadi penguji beta untuk aplikasi dan mendapatkan fitur baru untuk dicoba sebelum yang lain. Namun, karena aplikasi dalam fase beta, mereka mungkin memiliki beberapa bug, jadi bersiaplah untuk itu juga.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Sumber :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.