Cara Memperbaiki Fitur Overview Tidak Berfungsi pada Android 9.0 Pie

Cara Memperbaiki Fitur Overview Tidak Berfungsi pada Android 9.0 Pie - Google memperkenalkan beberapa fitur keren di Android Pie. Salah satunya adalah Seleksi Ikhtisar. Ini adalah salah satu fitur yang diremehkan dari Android 9.0 Pie dan hadir di layar Recent apps, lebih dikenal sebagai layar Overview.

Fitur ini memungkinkan Anda menyalin teks dan gambar dari pratinjau aplikasi di layar Ikhtisar. Anda juga dapat menggunakan Google Lens untuk mengidentifikasi gambar atau mencari gambar yang serupa.

Namun, terkadang fitur ini tidak berfungsi. Jika Anda menghadapi masalah ini dan Seleksi Ikhtisar tidak berfungsi pada perangkat Anda, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.

Seleksi Ikhtisar tidak akan berfungsi jika Anda mencoba menggunakannya pada versi Android selain Android 9.0 Pie. Fitur ini adalah bagian dari pembaruan Pie dan tidak kompatibel dengan verison sebelumnya.

SENDIRI PERANGKAT PIXEL
Sayangnya, fitur keren Android 9.0 Pie ini saat ini terbatas pada jajaran Google Pixel - Pixel, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL. Yup, kecuali jika Anda memiliki ponsel Google Pixel, fitur ini tidak akan berfungsi untuk Anda. Itu tidak mendukung perangkat lain, bahkan yang menjalankan pembaruan Android Pie.

Aktifkan SELEKSI GAMBARAN UMUM
Meskipun fitur ini biasanya diaktifkan secara default, ada baiknya Anda memeriksa apakah sudah dinyalakan atau tidak. Pengaturan untuk melakukannya ada di Pixel Launcher. Jadi jika Anda menggunakan peluncur berbeda selain Pixel, beralihlah ke Peluncur Pixel lalu ikuti langkah-langkah ini.

CATATAN: Fitur pemilihan Ikhtisar berfungsi pada semua peluncur Android melalui telepon Pixel yang menjalankan pembaruan Pai. Hanya ketika Anda perlu mengaktifkan atau menonaktifkannya, Anda harus beralih ke Peluncur Pixel.

Langkah 1: Setelah Anda mengaktifkan Peluncur Pixel, ketuk dan tahan pada layar beranda. Kemudian pilih Pengaturan rumah dari menu pop-up.

Langkah 2: Di bawah Pengaturan, ketuk pada Saran. Pada layar berikutnya, pastikan opsi Seleksi Ikhtisar diaktifkan. Matikan harus biru. Jika mati, hidupkan sakelar untuk mengaktifkan fitur.
Aktifkan LAYANAN AKSI
Hal lain yang perlu Anda periksa adalah apakah Layanan Tindakan diaktifkan atau tidak. Jika dinonaktifkan, pemilihan Ikhtisar tidak akan berfungsi.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Anda dan buka Aplikasi & pemberitahuan. Ketuk pada Lihat semua aplikasi.

Langkah 2: Ketuk Layanan Tindakan.

Langkah 3: Anda akan melihat dua tombol di bagian atas. Pastikan yang pertama menunjukkan Nonaktifkan. Jika Anda melihat Aktifkan, itu berarti Layanan Aksi dinonaktifkan pada perangkat Anda dan Anda harus mengaktifkannya dengan mengetuk Aktifkan.


CLEAR CACHE UNTUK LAYANAN AKSI
Buka Aplikasi & pemberitahuan di Pengaturan. Di sini, pilih aplikasi Layanan Tindakan dan ketuk Penyimpanan. Di bawah Storage, ketuk pada Clear Cache.

Membersihkan cache berbeda dari membersihkan data, dan itu tidak akan menghapus file atau pengaturan penting dari perangkat Anda.

CLEAR CACHE UNTUK PIXEL LAUNCHER
Demikian pula, buka Peluncur Pixel di bawah Aplikasi & pemberitahuan di Pengaturan. Kemudian ketuk Storage dan tekan Clear Cache.

Ganti bahasa sistem
Jika pilihan Tinjauan umum masih tidak berfungsi bahkan setelah mencoba semua perbaikan di atas, Anda perlu mengubah bahasa perangkat ke Bahasa Inggris (AS). Begini cara melakukannya.

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda dan pergi ke Bahasa & Input. Biasanya hadir dalam pengaturan Sistem.

Langkah 2: Ketuk Bahasa.

Langkah 3: Jika Bahasa Inggris (Amerika Serikat) adalah bahasa kedua atau ketiga Anda, seret menggunakan ikon Pindahkan yang ada di sisi kanan ke posisi pertama.

Jika bahasa Inggris (Amerika Serikat) tidak tersedia secara langsung, ketuk pada Tambah bahasa. Kemudian dari daftar bahasa, tambahkan bahasa Inggris (Amerika Serikat) dan simpan di posisi teratas.

Langkah 4: Kembali dan coba gunakan pilihan Gambaran Umum. Seharusnya berfungsi dengan baik sekarang.

CATATAN: Mengubah bahasa perangkat juga akan memengaruhi bahasa Google Assistant Anda.

BONUS TIP: GUNAKAN SELEKSI GAMBARAN UMUM UNTUK MENGEKSEKSIKAN TEKS DARI GAMBAR
Kami biasanya mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengekstrak teks dari gambar. Namun berkat fitur baru ini, kini Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa aplikasi apa pun.

Begini cara melakukannya.

Langkah 1: Buka gambar dari mana Anda ingin mengekstraksi teks.

Langkah 2: Masuk ke layar Ikhtisar dengan menggunakan tombol Aplikasi terkini atau gerakan yang baru diperkenalkan.

Langkah 3: Ketuk dan tahan pada teks dalam gambar. Anda akan mendapatkan opsi pemilihan teks yang biasa - Salin, Cari, dan Bagikan. Pilih Salin atau Bagikan.

Selain itu, jika teks berisi elemen yang dapat dikenali seperti nomor telepon, URL, alamat email, atau alamat fisik, Anda akan ditampilkan aplikasi yang relevan dalam opsi pemilihan.

Misalnya, pada tangkapan layar di atas, saya telah memilih alamat pada gambar. Anda akan melihat bahwa Google Maps terlihat di opsi pemilihan.

MENGAMBIL Gigitan PIE
Seleksi Ikhtisar adalah salah satu dari banyak fitur menarik Android 9.0 Pie. Pembaruan Android terbaru ini mencakup penambahan baru pada Android 8.0 Oreo. Fitur Smart Selection pertama kali diperkenalkan di Android 8.0 Oreo di antara fungsi-fungsi lainnya. Pembaruan Android Pie membawanya ke level lain dengan menjaga fitur dalam mode Tinjauan umum juga.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.