Aplikasi Memindahkan File Tanpa Kabel Dengan Speed 10Mb per Detik

Aplikasi transfer file antar komputer - Pada zaman dahulu sebelum negara api menyerang, kami menggunakan kabel USB dan Bluetooth untuk memindahkan data antara Android dan PC. Saat ini, kami tidak membawa kabel di mana-mana dan Bluetooth tidak cukup efisien untuk mentransfer sejumlah besar file tanpa menimbulkan masalah.

Sebagian besar pengguna mengandalkan koneksi internet yang stabil untuk mentransfer data menggunakan berbagai media seperti layanan cloud, email, aplikasi obrolan, dll. Tetapi bagaimana jika tidak ada konektivitas internet?

Misalkan Anda bepergian dan Anda perlu mentransfer file dari ponsel ke PC atau PC ke Ponsel. Dan Anda tidak membawa kabel USB dan data seluler tidak bisa diandalkan. Apa yang Anda lakukan dalam situasi seperti itu? Bagaimana cara Anda memindahkan file ke pc tanpa kabel data?

Itulah yang akan kita jelajahi, kecanggihan smartphone mempermudahkan kita mengirim/transfer file data ringan hingga berat. Mari kita lihat cara berbagi file antara Android dan PC tanpa koneksi internet dan tanpa kabel data.

Aplikasi transfer File dengan kecepatan 10MB per detik
Tidak ada manifesto tersembunyi. Kami hanya akan memanfaatkan teknologi Wi-Fi Direct. Ketika Anda mendengar Wi-Fi, biasanya identik dengan internet, tetapi Wi-Fi Direct adalah standar Wi-Fi yang tidak memerlukan koneksi internet.

Ini menciptakan koneksi Peer-to-Peer tanpa menggunakan router Wi-Fi dan bekerja hampir seperti Bluetooth tetapi dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Wi-Fi Direct menjadikan perangkat Anda router virtual portabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer, ponsel, PC, dan lainnya. Namun, teknologi saat ini tidak mendukung transfer file langsung tanpa menggunakan aplikasi.


Untungnya, ada dua cara gunakan aplikasi pihak ketiga dan hotspot asli dengan server FTP. Mari kita periksa.

Aplikasi Pihak Ketiga
Sebagian besar aplikasi di Play Store yang memungkinkan Anda mentransfer file memerlukan koneksi internet yang berfungsi. Untungnya, beberapa aplikasi ini hadir dengan kemampuan untuk memanfaatkan Wi-Fi direct juga.

Untuk menyebutkan beberapa aplikasi yang layak, kami memiliki SHAREit, Xender, dan Zapya. Untuk tutorial ini, saya akan menunjukkan langkah-langkahnya dengan aplikasi Xender.

Shareit kabarnya baru-baru ini memperbarui fitur memindahkan file, yang awalnya hanya dari ponsel ke ponsel dan ponsel ke komputer, saat ini share it dapat memindahkan file dari komputer ke komputer tanpa kabel. Jadi, aplikasi transfer file antar komputer terbaik adalah shareit.

SHAREit vs Xender: Aplikasi Transfer File Mana untuk Android yang Lebih Baik?

Langkah 1: Buka aplikasi Xender di ponsel Anda dan ketuk ikon gambar profil di sudut kiri atas. Kemudian pilih Connect to PC dari sidebar.

Langkah 2: Buka tab Hot Spot dan ketuk Create Hotspot. Xender akan membuat jaringan virtual dengan nama dan kata sandi di layar berikutnya.

Langkah 3: Di PC Anda, sambungkan ke jaringan Wi-Fi ini menggunakan kata sandi yang disediakan pada langkah di atas.

Langkah 4: Setelah terhubung, buka browser web pada PC Anda dan masukkan alamat yang diberikan pada langkah kedua. Jendela konfirmasi akan muncul di perangkat seluler Anda. Ketuk Terima.

Langkah 5: Anda akan dapat mengakses file Android di PC dalam antarmuka yang cantik dan ramah pengguna. Gunakan metode seret dan lepas untuk menambah atau menghapus file. Atau, pilih file dan tekan tombol Kirim di ponsel.

Jika perangkat Anda menjalankan MIUI, Anda beruntung karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Perangkat Anda dilengkapi dengan Mi Drop, aplikasi pra-instal yang menggunakan Wi-Fi Direct untuk memungkinkan Anda mentransfer file tanpa internet. Pengelola file Google yang disebut File oleh Google juga menawarkan fitur ini.

Hotspot Asli
Dalam metode di atas, seseorang harus mengandalkan aplikasi untuk membuat hotspot. Tetapi Anda dapat melakukannya tanpa aplikasi apa pun juga. Apakah itu berarti Anda kemudian dapat langsung mentransfer file menggunakan Wi-Fi Direct? 

Sayangnya, Setelah mengatur hotspot, Anda harus menggunakan FTP. Untuk itu juga, Anda memerlukan aplikasi server FTP pihak ketiga yang sudah diinstal pada ponsel Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WiFi FTP Server dan Ftp Server. Jika Anda menggunakan penjelajah file seperti ES File Explorer dan Solid Explorer, maka keduanya memiliki fitur server FTP yang terpanggang di dalamnya.

Inilah langkah-langkah untuk seluruh proses.

Langkah 1: Di perangkat Android Anda, buka Pengaturan perangkat dan pergi ke Jaringan & internet.

Langkah 2: Ketuk pada Hotspot & tethering diikuti oleh Wi-Fi hotspot.

Langkah 3: Jika Anda menggunakan hotspot untuk pertama kalinya, berikan nama khusus dan setel kata sandi di sini. Kemudian aktifkan dengan menyalakan sakelar.

Setelah diatur, Anda dapat mengaktifkan hotspot di masa mendatang dari pengaturan cepat secara langsung.

Langkah 4: Di PC Anda, sambungkan ke jaringan hotspot ini.

Langkah 5: Buka aplikasi yang didukung FTP dan ketuk Mulai. Saya menggunakan aplikasi WiFi FTP Server di sini. Perhatikan URL server untuk Anda akan membutuhkannya di langkah berikutnya.

Langkah 6: Buka File Explorer di PC Anda, ketikkan URL server yang diberikan dalam aplikasi di bilah alamat dan tekan Enter.

Folder Android Anda sekarang akan tersedia di PC Anda. Anda dapat menambah atau menghapus file di sini dengan mudah.

APA CAVEAT

Satu-satunya tantangan di sini adalah bahwa Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga, dan Anda harus menginstalnya di telepon Anda sebelum Anda mencoba mentransfer file. Jadi unduh dan instal hari ini karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkannya.
APAKAH TUA BENAR-BENAR EMAS?
Anda dapat menggunakan metode yang disebutkan di atas bahkan ketika Anda memiliki konektivitas internet. Kedua cara memiliki beberapa manfaat penting dibandingkan metode tradisional seperti sinkronisasi cloud, email, atau aplikasi obrolan.

Untuk mulai dengan, Anda menikmati kecepatan transfer data yang lebih cepat diikuti oleh kemampuan untuk mentransfer file besar. Selain itu, file Anda tidak ditransfer atau disimpan di server mana pun dalam proses.

Jadi metode mana yang paling cocok untuk Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Sumber :

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.