9 Cara Memperbaiki Kerusakan Aplikasi Facebook di Android

Cara Mengatasi Facebook Error - Ada suatu masa ketika hampir semua orang ada di Facebook. Saat ini, sebagian besar anak muda pindah ke Instagram. Namun, banyak yang masih menggunakan aplikasi Facebook (FB) di perangkat.

Sayangnya, aplikasi Facebook, mirip dengan aplikasi lain tidak bebas dari bug dan crash berkali-kali. Jika Anda menghadapi masalah di mana aplikasi Facebook terus mogok di perangkat Android Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Di sini, saya akan membagikan 9 solusi untuk memperbaiki aplikasi Facebook. Mari kita mulai.

1. REBOOT TELEPON
Jika Anda meminta ahli teknologi untuk memperbaiki masalah pada gadget Anda, solusi pertama yang sering mereka berikan adalah me-reboot ponsel. Mengapa demikian? Karena itu berfungsi sebagian besar waktu. Memulai ulang ponsel, tablet, atau bahkan PC diketahui dapat mengatasi banyak masalah.

2. LOG OUT DARI APLIKASI
Selanjutnya, coba keluar dari aplikasi Facebook. Kadang-kadang masalah muncul dengan sesi akun Anda dan keluar mungkin memperbaikinya.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka aplikasi Facebook dan ketuk ikon tiga baris di sudut kanan atas.
Langkah 2: Ketuk Log Out.
Langkah 3: Setelah Anda keluar, masuk lagi.

3. CLEAR CACHE
Mirip dengan memulai ulang perangkat, membersihkan cache juga telah menjadi penyelamat utama bagi banyak pengguna. Tanpa menghapus data penting, membersihkan cache memperbaiki masalah dengan menghapus file sementara.

Untuk menghapus cache untuk aplikasi Facebook, ikuti langkah-langkah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan perangkat di ponsel Anda dan ketuk Aplikasi & pemberitahuan atau Manajer Aplikasi tergantung pada opsi yang ada di perangkat Anda.
Langkah 2: Jika aplikasi tersedia secara langsung, ketuk semua aplikasi, atau ketuk Aplikasi yang diinstal.
Langkah 3: Di bawah Aplikasi yang diinstal, ketuk di Facebook.
Langkah 4: Ketuk Penyimpanan dan tekan tombol Hapus cache.

4. CLEAR DATA
Jika mengosongkan cache tidak menyelesaikan masalah, Anda harus melangkah maju dan menghapus data untuk aplikasi Facebook. Menghapus data berbeda dari membersihkan cache karena akan mengeluarkan Anda dari aplikasi dan menghapus pengaturan aplikasi serta media yang diunduh dari Facebook.

Jika Anda telah mengunduh gambar dari Facebook, gunakan file explorer atau galeri untuk memindahkannya dari folder Facebook ke folder lain mana pun. Itu sebabnya membersihkan data membantu karena menghapus semua yang ada di folder Facebook.

Untuk menghapus data aplikasi Facebook, ulangi langkah 1-3 untuk Bersihkan cache. Kemudian ketuk Storage dan alih-alih menekan opsi Clear cache, ketuk Clear Storage / Clear data.


5. MEMPERBARUI APLIKASI
Terkadang, masalahnya bisa karena bug di aplikasi Facebook. Buka Google Play Store dan di bawah Aplikasi saya, periksa pembaruan untuk aplikasi Facebook. Jika pembaruan tersedia, segera instal. Setelah diinstal, restart perangkat Anda.

6. Pasang kembali aplikasi
Perbaikan lain yang dapat Anda coba adalah menghapus aplikasi Facebook dan menginstalnya kembali di perangkat Anda. Untuk menghapus aplikasi, buka Play Store dan cari Facebook. Kemudian ketuk tombol Uninstall.

Atau, buka Aplikasi & pemberitahuan atau Manajer Aplikasi di bawah Pengaturan. Ketuk Facebook dan tekan tombol Uninstall. Kemudian pasang kembali dengan mengunduhnya dari Play Store.

7. INSTAL SEBUAH VERSI Lama
Jika tidak memperbarui atau menghapus instalan aplikasi memperbaiki masalah, Anda harus mencoba memutar kembali ke versi aplikasi yang lebih lama.

Begini cara melakukannya.

Langkah 1: Pertama, hapus instalan aplikasi Facebook seperti yang ditunjukkan di atas.
Langkah 2: Buka ApkMirror.com dan kunjungi halaman aplikasi Facebook. Dari sana, Anda dapat mengunduh file APK untuk versi Facebook sebelumnya.
Langkah 3: Karena Anda belum mengunduh file APK dari Google Play Store, Anda harus mengaktifkan pengaturan Sumber Tidak Dikenal untuk menginstal file APK pada perangkat yang menjalankan Android 7.0 Nougat dan di bawahnya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan pada perangkat Anda dan ketuk Keamanan / Privasi. Kemudian aktifkan Sumber Tidak Dikenal dan lanjutkan ke langkah 4.

Untuk perangkat, menjalankan Android 8.0 Oreo dan di atasnya, ikuti langkah berikutnya.

Langkah 4: Ketuk file yang diunduh untuk menginstal file APK. Anda akan diminta untuk masuk ke Pengaturan ketika Anda mengetuk file APK pada Android 8.0 Oreo dan yang lebih tinggi. Di Pengaturan, aktifkan sakelar di sebelah Izinkan dari sumber ini. Melakukan ini dengan aman akan menginstal file APK.

8. Nonaktifkan MODE Hemat Daya
Terkadang mode hemat daya atau mode pengoptimal baterai juga bertanggung jawab atas kerusakan aplikasi Facebook. Untuk memeriksa apakah itu bertanggung jawab, Anda perlu menonaktifkan mode hemat daya.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan di perangkat Anda dan ketuk Baterai. Di sini, nonaktifkan mode Penghemat Baterai. Atau, matikan mode Penghemat Baterai dari Pengaturan Cepat di panel Pemberitahuan.

MASIH TIDAK BEKERJA?
Jika bahkan setelah mencoba semua solusi yang disebutkan di atas, aplikasi Facebook masih terus macet, saya sarankan Anda menunggu pembaruan berikutnya.

Sementara itu, Anda dapat menggunakan Facebook dari situs web di perangkat Anda atau mencoba aplikasi Facebook Lite jika tersedia di negara Anda. Anda dapat mengunduh Facebook Lite jika tersedia di negara Anda dengan mengklik tombol di bawah ini.

Unduh Facebook Lite

Ini merupakan alternatif ramah data yang bagus untuk aplikasi Facebook. Aplikasi ini sangat ringan dan tidak memakan banyak memori. Masalah dengan aplikasi Facebook utama bisa menjadi berkah tersembunyi bagi Anda untuk beralih ke aplikasi Lite.

Sumber :
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.