25 Rahasia Sukses Menjadi penulis blog Yang Keren, Hebat, dan Inspiratif - BENDEBESAH.COM 25 Rahasia Sukses Menjadi penulis blog Yang Keren, Hebat, dan Inspiratif - BENDEBESAH.COM bendebesah bendebesah media informasi dan tutorial terbaru

25 Rahasia Sukses Menjadi penulis blog Yang Keren, Hebat, dan Inspiratif

Pengen Jadi Penulis? Mau tahu apa aja yang harus kamu lakukan buat jadi penulis yang baik Cek di artikel ini. Kata orang semua tergantung kebiasaan, Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Menjadi Penulis Profesional. Sepertinya semua orang kepengin jadi penulis. Tapi, tidak semua orang punya kemampuan yang cukup untuk itu.

Jika kamu ingin jadi penulis tapi tidak tahu apa yang harus kamu lakukan, banyak tips yang bisa kamu coba. Oleh sebab itulah, Kami ingin membagikan tips bagaimana cara menjadi penulis yang baik berdasarkan apa yang telah kami alami.

Apakah kalian tahu Stepen King? Di balik kesuksesan seorang Stephen King yang namanya kini tidak mungkin tidak dikenal orang ternyata berawal dari kesulitan luar biasa. Dengan menjadi penulis kalian bisa menghasilkan uang tetapi tunda dulu berpikir Cara Menghasilkan Uang dengan Menjadi Penulis Artikel Lepas karena uang itu bonus dari usahamu selama ini.

Banyak penulis yang aktif menulis di website atau Blog pribadinya. Biasanya di sana mereka akan lebih bebas dan terbuka mengenai proses. Tidak ada seorang penulis blog / blogger sukses dalam sekali kedip mata. Itu namanya mimpi. Semua Profesi lain diluar sana juga demikian.

Menjadi penulis lepas adalah sebuah tantangan besar, pada umumnya penulis lepas (freelance writer). Pada dasarnya calonnya penulis baik berpikir bahwa dirinya belajar menulis berharap diterima perushaan yang membutuhkan keahliannya sebagai penulis. Semua akan sirna, karena banyak penulis yang telah masuk perusahaan tersebut. Jalan lain adalah dengan menjadi penulis lepas.

Harga jasa penulisan artikel blog Bahasa Indonesia pada saat ini berkisar mulai dari Rp 5.000 - Rp 30.000 per artikel bahkan bisa lebih dari itu. Apalagi penulis yang ada hubungannya dengan bisnis, keuangan, bank, asuransi, kesehatan, bantuan hukum dan pinjaman karena mengajak orang untuk begabung dan berinvestasi selamanya dengannya.

Cara menjadi penulis blog itu sangat mudah karena tidak terikat waktu dan target dari siapa pun. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak cara untuk membangun karier. Salah satunya, dengan memiliki akun di salah satu situs jejaring sosial dan website media lain seperti kompas, detik, babe, ucnews, liputan6, vebma, jalan tikus dan lain-lain.


Penulis freelance writer di blog atau website tidak sama dengan penulis di media cetak karena mereka bersaing untuk mendapat di halaman pertama google dengan mengetahui perkembangan Algoritma google, maka dari itu penulis website membutuhkan kemampuan melihat keyword yang terdapat pada mesin pencari google.

SEO Search Engine Optimization wajib di pahami oleh para penulis blog, ini sangat penting di pelajari, jika tidak, website tidak akan berada di halaman pertama mesin pencari seperti google, bing, yandex, duckduckgo, dan geevv yang akan membuat trafik pengunjung tidak meningkat.

Kebiasaan pertama untuk bisa membuat blogger menjadi penulis hebat adalah konsumsi bahan makanan yang menyehatkan. Dengan mengkonsumsi makanan untuk memperkuat daya ingat dan nutrisi tinggi untuk imajinasi seorang penulis hebat.

Bagaimana cara menjadi penulis blog yang baik dan selalu kaya inspirasi? Mungkin anda bisa menerapkan tips sederhana ini.

1. Menulis setiap hari.
Kebiasaan menulis harian adalah hal nomor satu karena itu yang penting. Majukan cerita Anda dengan beberapa kata setiap hari, dan Anda akan terkejut dengan apa yang terjadi. Atau mungkin tidak, karena apa yang akan terjadi adalah Anda akan menulis buku. Kebiasaan Kreatif Twyla Tharp adalah panduan hebat untuk membantu Anda menciptakan kebiasaan menulis harian.

2. Baca seperti penulis.
Stephen King mengatakan dalam bukunya On Writing bahwa jika Anda tidak punya waktu untuk membaca, maka Anda tidak punya waktu atau alat untuk menulis. Dia benar. Biasakan untuk membawa buku bersama Anda. Simpan satu di kamar mandi Anda. Belajar membaca dalam tegukan bukannya tegukan sehingga tidak punya waktu untuk memanjakan diri tidak akan membuat Anda tidak membaca sama sekali.

Dan ketika Anda membaca, baca seperti penulis. Perhatikan apa yang berhasil dan yang tidak. Baca buku kerajinan. Baca fiksi yang melakukan apa yang Anda ingin cerita Anda lakukan. Cari tahu apa yang berhasil, apa yang tidak, dan - paling penting - mengapa.

3. Menonton TV seperti penulis.
Saya telah menulis sebelumnya tentang keyakinan mutlak saya bahwa jika Anda ingin menjadi penulis, Anda harus menonton televisi. Saya masih percaya itu. Beberapa tulisan dan dongeng terbaik sedang terjadi di televisi. Sama seperti membaca, menonton seperti penulis. 

Perhatikan apa yang membuat Anda suka pertunjukan mengapa Anda rela menginvestasikan berjam-jam hidup Anda di dalamnya. Atau perhatikan mengapa Anda tidak berinvestasi apa pun di dalamnya jika Anda mematikannya dan tidak pernah kembali.

4. Menonton film seperti penulis.
Ray Bradbury menyarankan orang-orang yang ingin menjadi penulis untuk menonton banyak film, terutama film-film lama. Saya pergi ke bioskop setidaknya sekali seminggu. ($ 5 Selasa!) Penulis harus menjadi pecandu cerita, dan film adalah cara untuk mendapatkan keseluruhan cerita dalam dua jam. Perhatikan struktur, bagaimana langkahnya, dan bagian mana yang bekerja untuk Anda atau tidak.

5. Atur ruang Anda.
Anda memerlukan tempat di mana otak Anda secara instan mengetahui waktu menulisnya. Bagi saya, itu adalah sudut ruang kerja saya, langsung dari dapur. Saya berharap saya memiliki seluruh ruangan, tetapi saya tidak. Saya pernah tinggal di apartemen yang sangat kecil dan penuh dengan orang-orang sehingga tempat menulis saya adalah meja pangkuan yang saya gunakan saat duduk di tempat tidur, dan tidak apa-apa juga. 

Begitu juga meja dapur Anda atau Starbucks atau perpustakaan atau ruang kerja koperasi atau kantor. Di mana pun itu, latih otak Anda untuk beralih ke mode penulis ketika Anda berada di sana.

Berada di sekitar penulis lain akan membantu Anda menginternalisasi gagasan bahwa Anda juga memilikinya.

6. Temukan sukumu.
Cari penulis lain. Mereka adalah orang-orangmu. Temukan secara online (jadilah Ninja Writer), di konferensi, di kelas, atau melalui grup menulis langsung. Berada di sekitar penulis lain akan membantu Anda menginternalisasi gagasan bahwa Anda juga memilikinya.

7. Menulis untuk satu pembaca.
Kebalikan dari menemukan suku Anda adalah ini: Jangan mencoba menulis untuk mereka. Menulis untuk seluruh kelompok orang sangat mengganggu. Menulis dan membaca terlalu subjektif untuk itu. Pilih seseorang - hanya satu - dan tulis untuk mereka. Jika mereka menyukai apa yang Anda tulis, maka itu cukup bagus. Anda telah melakukan pekerjaan Anda. Anda bisa mendapatkan pendapat lain atau menggunakan pembaca beta lain, tetapi saran yang bertentangan dapat disaring.

8. Tetapkan batasan dengan teman dan keluarga Anda.
Tulisan Anda penting. Ini adalah pekerjaan Anda, bahkan jika Anda berbulan-bulan atau bertahun-tahun dari bukti nyata yang akan dipahami orang lain. Tetapkan jadwal penulisan Anda, dan kemudian lindungi seperti Anda melindungi jadwal kerja lainnya. Tidak apa-apa untuk mengatakan tidak pada interupsi.

9. Menulis seperti itu adalah pekerjaan Anda
Jika menulis adalah pekerjaan Anda, Anda akan melakukan beberapa hal: Anda akan menginvestasikan waktu di dalamnya. Anda akan berusaha belajar untuk melakukannya dengan baik. Anda akan menyelesaikan apa yang Anda mulai. Anda akan mengharapkan orang lain untuk menghargai pekerjaan Anda. Lakukan semua itu.

10. Menulis dengan pintu tertutup.
Saya melihat ini terjadi setiap saat. Para penulis sering tahu apa awal dan akhir cerita mereka, tetapi bagian tengah - yang sebenarnya sebagian besar dari keseluruhan buku - menjadi keruh. Jadi mereka mulai meminta pendapat. Mereka menjangkau suku mereka dan mengatakan sesuatu seperti, "Saya tidak yakin ke mana harus pergi dengan cerita ini. Apa yang kamu pikirkan?"

Suku Anda cukup penting sehingga mendapatkan itemnya sendiri di daftar ini, tetapi cerita Anda adalah milik Anda sampai Anda siap untuk pembaca. Baru setelah itu menjadi milik mereka. Jangan biarkan itu menjadi milik mereka sampai Anda selesai.

11. Belajarlah untuk mengedit sendiri.
Pengeditan diri sama pentingnya dengan menulis. Anda harus belajar melakukannya. Jika Anda memiliki pemikiran dalam benak Anda bahwa Anda tidak perlu menggunakan ejaan, tata bahasa, atau koma yang baik karena itulah gunanya editor, buang sekarang juga.

Jika Anda menggunakan rute tradisional, Anda tidak akan pernah dekat dengan editor tanpa naskah yang bersih. Jika Anda menggunakan indie, maka Anda harus membayar seseorang untuk menjadi editor Anda. Anda akan menghemat uang dan waktu dan rasa malu jika Anda menyerahkan salinan bersih kepada editor Anda (yang, ingat, Anda membayar). Penyuntingan Mandiri untuk Penulis Fiksi oleh Renni Browne dan Dave King adalah tempat yang bagus untuk memulai.

12. Jika Anda seorang penulis indie, berinvestasi dalam pengeditan dan sampul seni.
Ini tidak bisa dinegosiasikan. Jika Anda tidak akan apa-apa dengan perusahaan penerbitan besar merilis novel Anda hanya dengan suntingan sahabat Anda dan sampul buatan Anda sendiri, maka Anda tidak bisa apa-apa dengan itu. Penerbitan mandiri berarti Anda secara efektif adalah penerbit profesional. Dan itu berarti Anda perlu mempekerjakan para profesional untuk mengedit, merancang sampul buku Anda, dan jika Anda tidak tahu caranya, untuk merancang buku itu sendiri juga.

13. Kirimkan buku Anda - banyak.
Sangat jarang bagi seseorang untuk menulis hanya satu buku dan menjadikannya sesuatu yang terlihat seperti karier. Jangan bicara padaku tentang Harper Lee atau Margaret Mitchell. Mereka adalah unicorn. Mungkin Anda juga unicorn, tetapi kemungkinannya sekitar 99,99 persen bahwa Anda menyukai kami semua. Dan itu berarti Anda harus terus menulis dan terus mengirim buku Anda ke dunia.

14. Berikan 10 buku karir Anda.
Jangan kirim satu buku dan kemudian menyerah ketika tidak masuk daftar buku terlaris. Sebaliknya, buatlah tujuan untuk menulis 10 atau 20 buku yang benar-benar bagus. Dan terus menulis. Anda akan melihat momentumnya meningkat. 

Salah satu posting saran tulisan favorit saya adalah dari Hugh Howey: “Para penulis yang menganggap serius ini adalah yang menghasilkan uang. Lima tahun dari sekarang, para profesional ini akan memiliki 10-20 karya yang tersedia. Mereka hanya perlu menjual 250-500 buku sebulan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sepuluh buku sehari di 20 judul. Itu tujuan jangka panjang. "

15. Baca buku-buku ini
Tentang Penulisan oleh Stephen King
Perjalanan Penulis oleh Christopher Vogler
Penyuntingan Mandiri untuk Penulis Fiksi oleh Renni Browne dan Dave King
Zen dalam Seni Penulisan oleh Ray Bradbury
The Kick-Ass Writer oleh Chuck Wendig
Bird by Bird oleh Anne Lamott
Story Genius oleh Lisa Cron

16. Tetapkan tujuan yang kecil dan mungil.
Saya banyak menulis tentang ini. Kecil, tujuan kecil adalah pengubah hidup. Anda bisa ke mana saja jika mengambil satu langkah kecil pada satu waktu. Jadi tetapkan tujuan yang sangat kecil - lebih sulit untuk dilewatkan daripada hanya melakukannya. Tujuan saya adalah 10 menit: Tulis 10 menit sehari; baca 10 menit sehari. Saya bahkan punya kerangka kerja untuk itu.

17. Beri diri Anda bintang emas.
Ini adalah salah satu hal paling sederhana dan paling efektif yang pernah ada. Ini bekerja untuk semua orang, mulai dari taman kanak-kanak sampai. Dapatkan sendiri kalender. Tetapkan tujuan kecil dan mungil Anda. Temukan tujuan Anda. Beri diri Anda bintang emas di kalender Anda. (Atau, jika Anda terlalu keren untuk bintang, dapatkan Sharpie dan beri diri Anda X besar yang bagus.) Representasi visual dari serangkaian keberhasilan akan mendorong Anda untuk mempertahankan garis. Inilah yang saya gunakan. Saya menyebutnya FRED.

18. Panggil diri Anda seorang penulis.
Percayalah padaku dan ucapkan ini dengan lantang hari ini: "Aku seorang penulis." Dan lain kali seseorang bertanya apa yang kamu lakukan, katakan "Aku seorang penulis." Jika kamu menulis setiap hari, kamu seorang penulis. Anda diizinkan memilikinya. Saya tidak peduli apa pekerjaan harian Anda. Mulailah mengidentifikasi sebagai penulis. Awalnya akan sulit jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, tetapi Anda akan terbiasa.

19. Selesai.
Yang ini penting: Tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang penulis jika Anda tidak menyelesaikan naskah. Otak penulis Anda akan memunculkan ide-ide baru yang mengilap ketika keadaan menjadi tidak lancar pada pekerjaan Anda yang sedang berjalan. Tuliskan, tapi tetap fokus pada cerita Anda. Ingat ketika itu adalah ide baru Anda yang mengkilap dan teruslah menulis. Dapatkan semua jalan sampai akhir.

Saya sangat berharap bahwa ketika buku pertama saya diambil oleh penerbit besar, mereka meluangkan waktu untuk memberi tahu saya bahwa saya perlu membangun audiensi.

20. Jadikan pekerjaan harian Anda bermanfaat bagi karya seni Anda.
Ini adalah perubahan dalam pemikiran yang dapat mengubah segalanya untuk Anda. Mulailah berpikir tentang pekerjaan harian Anda sebagai sesuatu yang Anda lakukan untuk tulisan Anda. Sembilan hingga lima Anda membayar tagihan untuk Anda tulis. Ini memberi Anda uang yang Anda butuhkan untuk editor dan desainer sampul.

21. Buat daftar email.
Saya sangat berharap bahwa ketika buku pertama saya diambil oleh penerbit besar, mereka meluangkan waktu untuk memberi tahu saya bahwa saya perlu membangun audiensi. Daftar email sangat penting bagi seorang penulis. Mulai sekarang. Bahkan jika Anda belum pernah menulis buku. Mulailah menulis di Media atau di blog Anda sendiri. Publikasikan sesuatu sekali seminggu dan letakkan sesuatu seperti Upscribe di bagian bawah.

22. Buat rencana 5 tahun.
Anda benar-benar harus memecahnya. Tuliskan sasaran di mana Anda ingin karier menulis Anda dalam tiga bulan, enam bulan, satu tahun, tiga tahun, dan kemudian lima tahun. Pikirkan masing-masing sebagai batu loncatan. Jauh lebih mudah untuk menggunakan energi untuk menyelesaikan sesuatu seperti, "Tulis tiga cerita pendek dan miliki 50 orang di daftar email saya dalam tiga bulan" daripada hanya memikirkan beberapa tujuan akhir yang besar.

Saya sudah menjadi penulis profesional selama 20 tahun. Saya telah menerbitkan dua buku, dan saya memiliki buku ketiga yang keluar pada bulan Maret 2019. Seperti inilah rencana lima tahun saya:

23. Menyimpan kalender editorial.
Kalender editorial adalah alat sederhana yang akan membantu Anda tetap berada di jalur saat Anda menelusuri rencana lima tahun Anda. Ketika saya menjadi reporter surat kabar, kalender editorial sangat penting untuk pekerjaan saya. Saya tidak pernah kehilangan selera untuk memilikinya. Saya lebih suka menyimpan kalender editorial analog. Anda juga dapat menyimpannya secara online. Buat tenggat waktu untuk diri sendiri dan catat tujuan penulisan Anda.

Saya menggunakan FRED untuk mengelola penulisan novel saya. Saya melacak jumlah kata saya dan mencatat harian pekerjaan saya. FRED adalah mitra akuntabilitas paling efektif yang pernah saya miliki.

Saya menggunakan perencana bulanan untuk penulisan nonfiksi, yang utamanya adalah posting blog dan posting sedang. Saya menulis situs untuk posting dalam lingkaran dan melintasinya ketika saya selesai. Saya pribadi tidak perlu menulis di judul posting saya atau merencanakan posting mana yang akan saya tulis sebelumnya, jadi saya tidak perlu. Saya melacak beberapa hal setiap minggu, seperti pos mana yang saya posting silang ke blog saya atau ke Media sehingga saya lebih kecil kemungkinannya untuk menggandakan secara tidak sengaja. Saya juga menyimpan daftar ide cerita dalam kalender editorial saya.

24. Jadilah menarik.
Saya melihat banyak penulis fiksi pemula membuat kesalahan ini, terutama jika mereka baru saja menandatangani kontrak dengan agen atau menjual naskah. Mereka terjun ke media sosial dengan fokus keras pada penulisan fiksi mereka. Jika Anda bukan unicorn, tidak ada yang peduli dengan proses penulisan Anda. Itu berlaku untuk saya juga. Alih-alih men-tweet #AmWriting dan menulis blog tentang sampul Anda, tulis tentang diri Anda. Biarkan pembaca Anda tahu siapa Anda di luar tulisan.

Tulis tentang bagian paling menarik dari diri Anda. Apakah Anda seorang pilot? Apakah Anda suka menyelam di laut dalam? Sudahkah Anda bepergian ke seluruh Asia dengan berjalan kaki? Apa pun yang Anda lakukan atau yang Anda minati atau ahli, tulislah tentang itu. Dan jika Anda berpikir Anda tidak memiliki sesuatu yang membuat Anda menarik, pelajari sesuatu yang menarik dan ajak orang lain untuk ikut.

25. Berlatih.
Saya memulai daftar ini memberitahu Anda untuk menulis setiap hari. Saya akan berakhir di tempat yang sama. Tidak ada saran lain di sini yang dapat menggantikan kebiasaan menulis harian. Tulis setiap hari dan selesaikan manuskrip Anda. Semua sisanya adalah saus.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel