Google Search Console for Optimizing SEO, Complete Guide & How to Use - BENDEBESAH.COM Google Search Console for Optimizing SEO, Complete Guide & How to Use - BENDEBESAH.COM bendebesah bendebesah media informasi dan tutorial terbaru

Google Search Console for Optimizing SEO, Complete Guide & How to Use

Google Search Console: Panduan Lengkap & Cara Penggunaan - What is Google Search Console? Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmasters) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster.

Fungsi Google Search Console untuk Mengoptimasi SEO. Ada banyak tools yang bisa memudahkan dan memperbaiki SEO website Anda.

A Beginner's Guide to Google Search Console, If the name "Google Webmaster Tools" rings a bell for you, you might already have an idea of what Google Search Console is. Cara-cara efektif menggunakan Google Search Console untuk optimasi website di search engine. Ada banyak alat SEO yang kuat di dunia pemasaran saat ini.

Kebanyakan alat SEO bisa sangat bermanfaat, tetapi sering kali disertai dengan biaya yang terkait dengannya. Namun, ada beberapa alat yang dapat dimanfaatkan pemasar cerdas untuk membantu berbagai tugas yang diperlukan pada hari tertentu.

Salah satu alat yang dapat dimanfaatkan pemasar cerdas untuk SEO adalah Google Search Console. Alat gratis yang disediakan oleh Google ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan tentang situs Anda dalam satu platform utama. Google Search Console sering kurang dimanfaatkan oleh tim pemasaran pencarian.

Untuk membantu Anda mendapatkan manfaat terbaik dari Google Search Console, kami menguraikan empat bidang utama dalam alat untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran pencarian Anda. Sebelum kita masuk ke empat area utama dalam Google Search Console, mari kita bahas alat apa itu.

Apa itu Google Search Console?
Google Search Console (sebelumnya Google Webmaster Tools) adalah alat SEO berbasis web gratis untuk webmaster untuk melacak pengindeksan dan perayapan statistik dari Googlebot sambil juga menyediakan metrik untuk membantu mengoptimalkan situs web untuk visibilitas organik. Alat SEO ini berguna untuk memantau metrik dan menemukan wawasan baru untuk membantu meningkatkan jejak organik Anda.

Google menyatakan bahwa siapa pun yang memiliki situs web harus menggunakan Google Search Console. Satu hal hebat tentang Google Search Console adalah mudah digunakan untuk siapa pun yang memiliki akses ke properti.

Penyiapan dan Verifikasi Konsol Google Penelusuran
Langkah pertama untuk menggunakan Google Search Console adalah proses penyiapan dan verifikasi. Anda ingin membuat properti Google Search Console untuk setiap versi situs Anda termasuk:

  • http://example.com
  • http://www.example.com
  • https://example.com
  • https://www.example.com
  • Any other subdomains

Anda akan mendapatkan tampilan lengkap dengan mengatur semua versi domain Anda. Selain mengatur properti untuk setiap versi, Anda juga dapat mengatur properti untuk subfolder individual di situs Anda. Dengan menyiapkan properti untuk subfolder, Anda akan dapat melihat metrik untuk bagian tertentu dari situs Anda, yang dapat bermanfaat untuk situs besar.

Setelah Anda membuat properti, Anda perlu memverifikasi situs. Ada beberapa cara untuk memverifikasi properti Anda dalam Google Search Console, termasuk:

  • HTML file upload – Upload an HTML file to your site
  • HTML tag – Add a meta tag to your site’s home page
  • Domain name provider – Sign in to your domain name provider
  • Google Analytics – Use your Google Analytics account
  • Google Tag Manager – Use your Google Tag Manager account

Kami merekomendasikan metode verifikasi yang akan menjadi yang termudah dan paling efisien untuk situs Anda. Metode verifikasi paling umum yang kami rekomendasikan adalah melalui Google Analytics atau Google Tag Manager. Jika tidak, kami biasanya menyarankan untuk menambahkan tag HMTL ke header situs.


Search Searchearear
Salah satu bagian utama pertama dari Google Search Console adalah bagian “Search Searchearear”. Bagian ini penting bagi webmaster untuk memahami bagaimana situs web mereka saat ini disiapkan dan bagaimana situs tersebut berpotensi muncul pada Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). Di dalam bagian tampilan pencarian terdapat informasi mengenai markup terstruktur, kartu kaya, peningkatan HTML (informasi metadata), dan pengaturan Laman Seluler Dipercepat (AMP).

Setiap area dalam bagian ini penting untuk dilacak setiap bulan, tetapi area peningkatan HTML memberikan wawasan yang bermanfaat saat mengoptimalkan situs web. Area ini dapat memunculkan wawasan tentang deskripsi meta duplikat dan tag judul. Ini juga menyatakan kapan konten tidak dapat diindeks, yang dapat membuat perbedaan signifikan ketika memprioritaskan upaya optimasi Anda.

Traffic Search
Bagian selanjutnya di Google Search Console adalah bagian “Traffic Search”. Bagian ini memberikan wawasan mengenai kata kunci yang ditampilkan untuk situs Anda, menautkan metrik dari sumber eksternal dan internal, tindakan manual apa pun, metrik penargetan internasional, dan kegunaan seluler situs web Anda.

Setiap area dalam bagian Lalu Lintas Pencarian adalah penting, tetapi sebagian besar waktu Anda kemungkinan besar akan ditemukan menganalisis tab Analisis Pencarian. Tab Search Analytics menunjukkan kata kunci yang muncul untuk situs Anda. Anda dapat memecah tab menjadi beberapa subbagian antara klik, tayangan, RKT, dan posisi.

Jika itu belum cukup bagi Anda, Anda dapat masuk lebih dalam ke metrik berdasarkan halaman individual, kata kunci, negara, perangkat (desktop, ponsel, tablet), jenis pencarian (web, gambar, video), tampilan pencarian (AMP atau cuplikan kaya), dan rentang tanggal (dalam 90 hari).

Tab analytics pencarian adalah alat SEO yang sangat kuat. Anda dapat menganalisis situs Anda untuk peluang kata kunci di halaman atau bagian situs Anda. Anda juga dapat menelusuri kinerja kata kunci seluler Anda dibandingkan dengan kata kunci desktop Anda.

Di Pemasaran TopRank, kami menggunakan tab ini untuk mengidentifikasi strategi SEO untuk membantu meningkatkan visibilitas organik dengan mengoptimalkan kembali konten yang memiliki beberapa peringkat kata kunci di bagian bawah halaman satu atau di atas halaman dua. Kami juga menggunakan tab untuk memandu pembuatan paket konten kami untuk berbagai kampanye SEO.

Tab kedua yang harus Anda habiskan lebih banyak adalah tab kegunaan seluler. Tab ini menguraikan apakah situs web Anda ramah seluler atau tidak. Penting untuk tetap mengetahui masalah kegunaan seluler apa pun sehingga situs Anda merender dengan benar untuk semua jenis perangkat, terutama dengan Google yang pindah ke indeks pertama seluler.

Indeks Google
Bagian ketiga di Google Search Console adalah bagian "Google Index". Bagian ini berguna untuk memahami berapa banyak halaman yang dimasukkan indeks Google dan jika ada sumber daya yang diblokir di situs Anda. Tab status indeks berguna saat menganalisis apakah Google mengindeks semua halaman yang ingin Anda sertakan dalam SERPs. Baik untuk memeriksa pola status indeks situs web Anda sehingga jumlah halaman tumbuh secara konsisten atau tidak menurun dengan cepat secara acak.

Tab sumber daya yang diblokir adalah cara terbaik untuk dengan mudah mengidentifikasi jika halaman tertentu diblokir dari Googlebot. Pastikan Anda memeriksa tab ini untuk mengoptimalkan perayapan laman / sumber daya yang Anda ingin dirayapi oleh Googlebot.

Anda juga dapat menghapus URL sementara dari indeks Google dengan tab hapus URL. Tab ini berguna saat Anda harus menghapus halaman dengan cepat. Sebagai catatan, tab hanya menghapus halaman sementara (sekitar 90 hari) dan Anda masih perlu memperbarui situs Anda untuk menghapus halaman secara permanen.

Crawl
Bagian utama terakhir dari Google Search Console adalah bagian "Crawl". Bagian ini memberikan informasi pemasar yang cerdas mengenai halaman atau file yang rusak di situs web, merayapi statistik dari Googlebot, dan informasi parameter URL. Bagian ini juga menyediakan alat untuk mengirimkan konten Anda ke Google, menguji file robots.txt Anda dan mengirimkan sitemap Anda ke Google.

Tab kesalahan perayapan adalah salah satu area yang lebih penting di dalam Google Search Console. Tab ini menunjukkan URL yang mungkin rusak dari sumber internal dan eksternal. Di TopRank Marketing, kami sering merekomendasikan menerapkan pengalihan 301 untuk kesalahan perayapan yang sebenarnya adalah halaman di beberapa titik. Penting untuk mengaudit daftar untuk memastikan Anda tidak menerapkan arahan ulang yang tidak diperlukan.

Tab lain yang bermanfaat adalah area peta situs, karena Anda dapat mengirimkan peta situs Anda ke Google untuk memudahkan situs Anda untuk dirayapi dan diindeks. Demikian pula, Anda juga dapat mengirimkan halaman individual ke Google dengan mengambil sebagai alat Google. Ambil sebagai alat Google adalah cara terbaik untuk membuat konten Anda yang diperbarui diindeks dengan cepat.

Gunakan Google Search Console untuk Membantu Meningkatkan Visibilitas Organik Anda
Google Search Console adalah alat SEO yang sangat kuat untuk berbagai alasan. Kami merekomendasikan penggunaan Google Search Console ketika menjalankan kampanye SEO untuk memaksimalkan visibilitas Anda dan merencanakan keseluruhan strategi. Untuk meningkatkan visibilitas organik Anda ke mesin pencari lainnya, pastikan Anda menggunakan Bing Webmaster Tools juga untuk mendapatkan lebih banyak wawasan.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Sumber : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel