Hindari Konsumsi Mie Instan di Campur Nasi, Berdampak Buruk Pada Tubuh

Kapan terakhir kali Anda mengonsumsi mie instan dicampur dengan nasi putih? Jika Anda sering melakukannya, Anda harus mulai mengurangi itu sekarang. Mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi memang akan mengisi perut.

Tetapi menurut ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK., mencampurkan kedua jenis makanan tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh.

"Mie instan mengandung karbohidrat dari tepung yang diproses berulang kali, ditambah dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Jika keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik," kata Dr. Samuel Oetoro kepada Kompas Lifestyle.

Selain itu, menurut ahli gizi dari MRCCC Siloam Semanggi Hospital, kebiasaan mengonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi hanya akan membuat tubuh dipenuhi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Tubuh akan kekurangan nutrisi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

"Sudah makan nasi yang ditambahkan ke mie instan, ini parah. Jadi itu karbohidrat ganda," jelasnya.


Mie instan favorit indonesia
Jika Anda adalah orang yang suka mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi putih, maka risiko menjadi orang dengan diabetes akan meningkat, dibandingkan jika Anda makan banyak sayuran dan buah.

"Penyakit yang akan datang dengan cepat seperti diabetes, diabetes, dan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah," katanya. Karena itu, Dr. Samuel menyarankan untuk tidak mengkonsumsi mie instan ditambah dengan nasi putih.

Bahkan jika Anda tidak dapat langsung mengimplementasikannya karena sudah kecanduan, cobalah untuk menguranginya. Baik mie dan nasi, keduanya sama-sama membutuhkan karbohidrat sehingga Anda bisa memilih satu kali makan sekaligus.

Satu bungkus mie instan biasanya bervariasi ukurannya, yaitu sekitar 75-90 gram. Jumlah kalori satu bungkus mie akan bervariasi, umumnya sekitar 350-500 kalori. Jika dilihat dari ukuran rata-rata, mie instan seberat 85 gram mengandung:

- 460 kalori
- 18,8 gram lemak
- 9 gram protein
- 66 gram karbohidrat

Sedangkan jika Anda mengambil satu detik penuh nasi putih atau sekitar 100 gram, isinya:

- 175 kalori
- 0,2 gram lemak
- 4 gram protein
- 40 gram karbohidrat

Nah, ternyata kalori dalam mie instan saja sangat banyak.

Sekarang Anda bisa membayangkan apa yang terjadi jika Anda makan mie instan bersama nasi putih, bukan?

Sumber :
http://intisari.grid.id/read/031280476/masih-suka-makan-mi-instan-campur-nasi-hentikanlah-sekarang-juga-akibatnya-sangat-berbahaya

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.