Cara menanam Manggis Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Manggis adalah buah-buahan kaya manfaat, gizi yang terkandung dalam buah manggis banyak sekali. Sangat jarang sekali kita melihat pembudidaya manggis karena ketidaktahuan cara menanam manggis.

Cara menanam buah manggis agar berbuah cepat dan lebat sangat mudah dan tidak jauh beda dengan tanaman buah lainya. Disini kita akan membahas budidaya tanam manggis dari bibit untuk pemula. Cara tanam manggis dari biji sudah kami jelaskan di halaman sebelumnya.

Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 cm sedalam 25 cm dan letakkan galian tanah di satu sisi. Memperdalam lubang tanam hingga 50 cm & tempatkan tanah galian di sisi lain. Keringkan lubang tanam 15-30 hari sebelum tanam. 

Kemudian masukkan tanah di dalam (galian kedua) & masukkan kembali tanah lapisan atas yang telah dicampur dengan 20-30 kg pupuk kandang. Jarak antara lubang 8 x 10 m atau 10 x 10 m dihitung dari titik tengah lubang. untuk tanah miring perlu membuat teras, tanggul & saluran drainase untuk mencegah erosi.

Cara Menanam Buah Manggis
  • Dengan jarak tanam 10 x 10 m atau 8 x 10 m, diperlukan 100-125 biji per hektar. Cara yang benar untuk menanam benih adalah sebagai berikut:
  • Sirami benih dalam polibag dengan air sampai polibag dapat dilepaskan dengan mudah.
  • Buang beberapa akar yang terlalu panjang dengan pisau / gunting tajam.
  • Letakkan biji di tengah lubang tanam, tambahkan ke tanah ke batas akar & padatkan tanah secara perlahan.
  • Bilas sampai tanah cukup lembab.
  • Berikan naungan yang terbuat dari batang bambu dengan atap jerami. Jika ada pohon di sekitarnya, pohon-pohon ini dapat berfungsi sebagai pelindung alami. Pohon pelindung harus alami & mengubah iklim mikro, misalnya tanaman Albisia & Lamtoro.
Cara menanam Manggis agar berbuah cepat dan lebat
Solusi tanaman manggis terserang hama penyakit adalah segera memberi semprot obat hama penyakit khusus manggis/buah-buahan. Jika lambat akan percuma, yang terselamatkan sedikit sekali.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh