Budidaya Pohon Sawo Agar Cepat Berbuah Lebat Hasil Memuaskan

Buah sawo, sawo matang itu ciri khas orang Indonesia yang berkulit berwarna sawo matang, meski buahnya berwarna gelap tapi rasanya ruar biasa enaknya. Tanaman sawo perlu dilakukan pemangkasan agar tidak tumbuh terlalu tinggi dan cepat berbuah.

Pohon sawo dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian rata-rata 900 meter di atas permukaan laut. Pohon sawo juga membutuhkan daerah yang memiliki volume curah hujan yang cukup, yaitu sekitar 1.250 mm hingga 2.500 mm per tahun. Pastikan juga tempat yang akan dijadikan area budidaya untuk sawo tidak terlalu panas. Juga menyiapkan bibit pohon sawo berkualitas terbaik juga. Biasanya biji sawo coklat ini diperoleh dari graft.

Sawo juga dapat tumbuh di pot, budidaya tanaman sawo di pot / polybag sudah lama di lakukan oleh petani. Tujuan penanaman pohon sawo di dalam pot ada 2 faktor yakni petani yang menyukai bonsai pohon sawo tanpa berharap buahnya dan berharap untuk buah agar metiknya mudah karena Pohon sawo juga dapat berbuah walaupun di tanam di pot.

Juga bersihkan tanah yang akan digunakan untuk penanaman pohon cokelat ini dari gulma atau semak yang tumbuh liar. Sehingga nantinya gulma atau semak tidak mencuri nutrisi yang harus diperoleh oleh bibit pohon sawo coklat. Jika tanah sudah siap, maka siapkan saja hal berikutnya.

Tahap membuat lubang tanam dan jarak tanam biji sawo coklat
Untuk ukuran lubang tanam ideal untuk mentega sawo adalah 70 cm x 70 cm x 70 cm untuk jenis tanah longgar dan 110 cm x 110 cm x 110 cm untuk jenis tanah yang tidak longgar. Penggalian lubang tanam seharusnya tidak dibuang. Belakangan tanah galian ini dicampur dengan pupuk organik (kompos) untuk dijadikan tempat pembuangan akhir.

Untuk jarak tanam, bibit pohon sawo coklat ini memiliki ukuran rata-rata 15 m x 15 m untuk permukaan tanah yang rata dan 10 m x 9 m untuk permukaan tanah yang miring. Lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya tuangkan pupuk kandang dalam dosis yang cukup dan biarkan selama 2 minggu. Jika sudah 2 minggu, maka langkah selanjutnya adalah menanam benih.

Tahap menanam Sawo mentega
Setelah lubang tanam siap, hanya proses penanaman benih. Tanam bibit pohon sawo tepat di tengah lubang tanam. Kemudian tumpukan menggunakan tanah tanah yang sudah kita hasilkan. Padatkan tanah agar bibit pohon sawo akan tumbuh dengan baik dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman pada bibit pohon sawo yang baru saja ditanam.

Tahap perawatan dan pemeliharaan sawo mentega
Yang pertama adalah tahap pemupukan pohon sawo. Selanjutnya, ada penjelasan tentang dosis pemupukan untuk bibit pohon sawo:

Tahap adaptif, tahap ini adalah tahap pembuahan ketika benih pohon sawo berumur 0 - 3 tahun. Gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang. Berikan dosis pupuk 5 kg - 10 kg per bibit pohon sawo.

Tahap vegetatif, tahap ini adalah tahap pemupukan ketika bibit pohon kecoklatan berumur 4 - 7 tahun. Gunakan pupuk anorganik SP 36, Urea, dan KCI. Untuk dosis 3,5 kg untuk pupuk Urea, 1,5 kg untuk pupuk SP 36, dan 1 kg untuk pupuk KCI. Lakukan pemupukan ini 4x selama 1 tahun.

Pada tahap reproduksi, tahap ini adalah tahap pembuahan ketika pohon sawo berumur 8 tahun - 14 tahun. Gunakan pupuk anorganik dan pupuk organik yaitu pupuk Urea, pupuk SP 36, pupuk KCI, dan pupuk kandang. Untuk dosis 5 kg untuk pupuk Urea, 2 kg untuk pupuk SP 36, 1,5 kg untuk pupuk KCI, dan 5 kg - 10 kg untuk pupuk kandang.


Perawatan selanjutnya adalah penyiangan, lakukan penyiangan secara teratur. Bersihkan dari berbagai jenis gulma dan semak-semak yang tumbuh di sekitar biji pohon sawo. Juga membuat penipisan dari buah sapon coklat mengingat bahwa buah sawo coklat rentan terhadap hama yang menyebabkan lubang pada buah dan akhirnya membusuk. Lakukan pemangkasan cabang secara teratur atau cabang yang tumbuh tidak teratur. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa nutrisi dari pohon sawo dipertahankan dan tidak disia-siakan.

Tahap memanen buah coklat
Menyediakan Benih Mentega Sawo Unggul dengan Harga Termurah

Pohon sawo ini hanya bisa menghasilkan buah sekitar umur 3 tahun - 5 tahun. Untuk periode berbuah berikutnya ketika pohon sawo berumur 5 tahun - 6 tahun. Buah sawo coklat tidak dapat masak secara bersamaan karena harus disortir pertama, ketika panen tiba.

Manfaat buah coklat bagi tubuh
  1. Buah sawo berkhasiat mengatasi penyakit diare, buah sawo coklat ternyata baik untuk kesehatan pencernaan bila dikonsumsi secara teratur.
  2. Buah sawo berkhasiat mencegah anemia, walaupun buah sawo coklat yang tidak mengandung terlalu banyak zat besi masih efektif mencegah anemia jika kita mengkonsumsinya.
  3. Buah sawo berkhasiat untuk mengobati penyakit radang mulut, buah sawo coklat baik untuk kebersihan mulut juga bila dikonsumsi secara teratur.
  4. Buah sawo berkhasiat untuk menyehatkan tulang tubuh, buah sawo coklat cukup untuk kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kita jika dikonsumsi secara teratur.
  5. Buah sawo berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, buah sawo coklat ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Rajin - rajin mengkonsumsi buah coklat ini.
  6. Buah sawo coklat ini juga dapat mencegah penyakit infeksi, buah sawo coklat ini mengandung banyak nutrisi sehingga pertumbuhan bakteri dalam tubuh akan terhambat dan bahkan mati.
  7. Buah sawo berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi, buah sawo coklat ini juga bisa menjaga kesehatan gigi jika dikonsumsi secara teratur.
Mentega coklat ini telah banyak ditemukan di wilayah Indonesia, tetapi bagi sebagian orang masih belum terbiasa dengan jenis mentega coklat dan juga untuk jenis sawo lainnya. Saat memanen mentega sawo ini, memang ada banyak cara mulai dari memotong batang dengan gunting atau mengambil buah dengan tiang yang ujungnya dilengkapi dengan jala. 

Buah sawo coklat ini memang jenis buah sawo yang cukup favorit di kalangan masyarakat. Pada saat ini buah sawo muda memiliki daging berwarna hijau muda sampai hijau tua. Sayangnya, mentega Sawo masih sedikit yang mencapai pasar ekspor (internasional). 

Ini merupakan tantangan bagi petani untuk bisa menjualnya ke pasar ekspor. Karena itu diperlukan peran pemerintah untuk membantu petani lokal dalam memasarkan buah cokelat ini. Buah sawo coklat ini rasanya manis dan memiliki tekstur daging yang sangat lembut di mulut. Jadi buah sawo coklat sebenarnya tidak kalah istimewa jika dibandingkan dengan jenis buah yang telah mencapai pasar ekspor. 

Jadi petani buah dapat mencoba menanam pohon buah ini. Getah mentega sawo ini juga sering digunakan sebagai gusi. Mentega Sawo telah dibudidayakan di berbagai negara di dunia.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat Budidaya Pohon Sawo Agar Cepat Berbuah Lebat Hasil Memuaskan.
Baca Juga

Hanya berbagi Informasi Saja, Nggak Aneh-Aneh kok. Yuukk... Ngopi ke Bondowoso, Tapi Jangan Ngajak Si Anida Yaa.