Tol Baru di Resmikan Jokowi Ambrol, Apa Penyebabnya?

Hanya difungsikan dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), 20 Desember lalu, Jalan Tol Salatiga-Solo tenggelam. Tepat di kilometer 491 atau di timur Aula Desa Tanjungsari, Kabupaten Banyudono, Boyolali. Dukungan tanah untuk jalan tol longsor.

Tanah dengan ketinggian sekitar 10 meter longsor sepanjang 100 meter. Konstruksi beton kaku jalan tol ini menggantung, seperti gua yang cukup lebar dan dalam. Tanah longsor juga menutupi saluran irigasi teknis sawah. Jika tidak segera diatasi, itu akan berdampak pada saluran irigasi sawah petani.

Rahmanta, 29, pengemudi yang sedang menyeberang jalan di sebelah jalan tol mengatakan dia terkejut dengan insiden tol itu. Padahal, saat kejadian kondisi cuaca cerah.

"TPA jalan tol tiba-tiba runtuh," katanya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Dia kemudian mendekati lokasi yang tidak jauh dari jalan desa. Acara ini juga menyulut perhatian publik dan pengguna jalan lainnya. Tidak sedikit warga yang tercengang dengan kejadian tersebut, mengingat jalan tol Salatiga-Solo baru saja selesai dan baru digunakan untuk mudik 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Bangunan baru telah rusak. Saya tidak tahu apa konstruksinya," kata seorang petani lokal, Narno, 50.

Bahkan, lanjutnya, di lokasi tanah longsor, kontur tanahnya sangat padat. Seperti kondisi tanah yang digunakan pada umumnya. Apalagi saat kejadian tidak hujan. Termasuk di kiri dan kanan sepanjang jalan tol juga sudah diberi saluran air.

Foto : RadarSolo
"Jadi air sebenarnya mengalir lancar dan tidak mengikis tanah. Mungkin ada penyebab lain," katanya.

Sementara itu, Manajer Administrasi PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) Fatahillah, mengatakan insiden itu sudah cukup lama. Namun warga hanya bisa mengetahuinya Senin lalu (24/12).

"Yang ambruk bukan di jalan tol, tapi tanah di pinggir jalan tol sudah terkikis aliran air, dan kami segera memperbaikinya," katanya.

Di lokasi longsor, petugas hanya mengamati kondisi longsor yang longsor. Meskipun ribuan kendaraan telah lewat dari arah Salatiga, belum ada upaya untuk meningkatkan atau memperkuat sementara.

Source : https://radarsolo.jawapos.com/read/2018/12/26/110199/baru-diresmikan-presiden-jokowi-talut-tol-salatiga-solo-ambrol

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel