Misteri Batu Soon

Bondowoso - Betoh Soon (Batu susun) yang baru-baru ini tayang di televisi karena heboh dengan judul misteri betoh so'on. Batu ini hampir sama dengan batu yang ada di Inggris yang di kenal nama stonehenge. Jadi tidak usah jauh-jauh datang ke Inggris hanya untuk melihat stonehenge, stonehenge Bondowoso juga menarik lho.

Sejarah Batu soon Bondowoso, stonehenge Indonesia
Sebelum membahas sejarah batu ini, sebaiknya kita mengetahui dulu letak batu soon ini. Batu ini terletak di Desa solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Kurang lebih 15km dari pusat kota Bondowoso ke arah timur. Batu soon ini orang sekitar menyebutnya batu solor karena lokasi berada di desa Solor, sebagian orang juga menyebutnya betoh so'on (Bahasa Madura) yang artinya batu susun (bahasa Indonesia).

Jika melihat batu yang tersusun ke atas ini pastinya kita penasaran dengan sejarah batu soon dan bertanya-tanya dengan peletakkan batu di atas batu dengan tinggi kurang lebih 5 meter. Tidak ada yang tahu persis bagaimana sejarah terbentunya batu soon.

Banyak yang menyangka batu tersebut asli dari alam tanpa ada campur tangan manusia. Dilihat lebih dekat tidak ada satupun pahatan tangan manusia, murni ukiran alam sejak zaman pra sejarah. Meski begitu, di harapkan dinas pariwisata Bondowoso bekerjasama dengan para ahli arkeolog untuk mencari asal usul batu tersebut. Batu tersebut bisa di kategorikan batu peninggalan pra sejarah.

Siapa sangka batu unik ini terdapat di Bondowoso yang notabenya kota kecil kota tertinggal dikenal sebagai Kota tape, dan lokasi tersebut saat ini sangat pantas sekali menjadi destinasi obyek wisata. Bondowoso memang tak memiliki laut, namun kota tape ini memiliki sejuta keindahan alam.

foto : akun FB Musasi Beih Korlabedehnyamanah
Stonehenge Bondowoso bila musim kemarau tiba terlihat gersang kekeringan tak nampak sekali tumbuhan hijau yang dapat menambah menariknya fenomena alam. Entah apa yang membuat tempat ini gersang, atau memang jauh dari penduduk dan masih banyak lahan-lahan yang belum di kelola oleh masyarakat sekitar sehingga tanah tidak produktif, dan memang sebagian lahan tanah kurang cocok untuk lahan pertanian karena tidak adanya irigasi yang melewati batu soon.

Bila musim hujam tiba, jangan kaget bila pemandangan di penuhi tumbuh-tumbuhan hijau bahkan batunya pun di tumbuhi tumbuh-tumbahan seperti kepala anak punk. Pemandangan ini tidak akan ada di daerah manapun karena Bondowoso satu-satunya yang memiliki stonehenge asli.

Foto : Acmad Taufik
Jalan menuju Desa Solor
Akses ke objek wisata Batu solor sudah nyaman. Jalan di Kecamatan Cermee telah mulus sampai memasuki Desa Solor walau jalurnya sedikit berkelok-kelok. Jika Anda menggunakan kendaraan roda 2, perjalanan anda terasa nyaman karena dinas Pariswisata Bondowoso telah merawatnya.

Sesampainya di kawasan wisata, mata anda akan di manjakan keindahan alam, hijaunya alam, dan uniknya bebatuan yang ada sekitar wisata. anda juga bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam. Udara yang segar serta kawasan yang tenag jauh dari bunyi mesin tak seperti kawasan kota, tempat ini cocok untuk merenung menenagkan hati pikiran kita.

foto : akun FB Musasi Beih Korlabedehnyamanah
https://www.instagram. com/p/BTBP2FdlK6D/
Apabila anda hendak berlibur ke wisata batu soon ini, sebaiknya berangkat pada saat akhir musim hujan atau awal musim kemarau tiba karena hijaunya pemandangan alam sangat menarik sekali, dan yang terpenting hujan telah jarang turun yang dapat mengganggu liburan anda.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait