Luhut Usul Status Siaga Anak Krakatau Jangan Terburu-buru - BENDEBESAH.COM Luhut Usul Status Siaga Anak Krakatau Jangan Terburu-buru - BENDEBESAH.COM bendebesah bendebesah media informasi dan tutorial terbaru

Luhut Usul Status Siaga Anak Krakatau Jangan Terburu-buru

BMKG mendesak warga untuk waspada terhadap potensi tsunami di Selat Sunda. Sebab, Gunung Anak Krakatau dalam status siaga (level III).

Peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau sedang diawasi karena dapat memicu tsunami. Kekhawatiran masyarakat juga muncul sejalan dengan potensi ini.

Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan meminta masyarakat tidak terlalu khawatir. Menurutnya, sebagai negara di kawasan Ring of Fire, potensi bencana akan terus mengintai.

"Yang paling penting adalah kesiapan kita untuk menghadapinya sehingga saya memang mengusulkan untuk tidak terburu-buru menurunkan status tsunami," katanya di Kementerian Kelautan, Jakarta, Kamis (27/12).

"Karena kita melihatnya sebelumnya, gambar satelit dengan drone terlihat hari ini tetapi apakah drone ini pagi atau siang ini (dron) dapat terbang atau tidak karena cuaca. Jadi nanti dari hasil evaluasi, mungkin nanti malam ini mereka akan menyimpulkan statusnya bagaimana, jadi Anda ingin dilihat per 6 jam, per 12 jam, atau per 24 jam, "tambahnya.



Saat ini, lanjut Luhut, tim Kementerian Kelautan sedang mengadakan pertemuan dengan ahli vulkanologi. Semua pihak bersama-sama akan memberikan gambaran tentang potensi yang akan terjadi di Gunung Anak Krakatau.

"Karena ini dikhawatirkan tidak ada seorang pun yang ingin tanah longsor lagi. Karena hujan dan karena getaran, gempa tadi malam masih dilaporkan 3,2, 2,9. Akibat getaran ini apakah tanah itu bisa longsor lagi atau tidak karena hujan dan angin. kalau misalnya bisa lebih besar dari 64 hektar kemarin. Apakah (dampaknya) lebih besar atau lebih kecil atau tidak sama sekali (masih ingin mencari tahu), "katanya.

Sumber : https://jawapos.com/nasional/humaniora/27/12/2018/luhut-usul-status-siaga-anak-krakatau-jangan-buru-buru-diturunkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel