Khasiat dan Manfaat Teh Hijau Selain Untuk Kesehatan

Teh hijau - Teh hijau (green tea) dinamai sesuai warna hijau yang cerah yang diambil setelah menuangkan. Namun daunnya dipanen dari tanaman teh yang sama (Camellia sinensis) sebagai daun untuk teh hitam.

Saat ini banyak sekali produk green tea dengan berbagai kemasan dan meningkatkan cita rasa dari green tea asli seperti green tea latte, green tea thailand, green tea glaze, green tea bubuk, green tea holic. Green tea ala starbucks yang paling banyak di sukai karena di racik oleh ahlinya. Teh hijau aceh juga bagus rasanya juga tak kalah dengan starbukcs.

Teh hijau identik dengan negara jepang dan cina, orang jepang sering mengkonsumsi teh hijau setiap pagi, setiap tamu yang datang di suguhi teh hijau yang nikmat karena ke dua negara tersebut meyakini teh hijau baik untuk kesehatan.

Teh hijau yang bagus yakni teh yang di racik oleh ahlinya dan untuk soal harga teh hijau cukup terjangkau.

Untuk teh hitam, daun melalui fermentasi yang mengoksidasi tanin. Namun, untuk teh hijau, oksidasi tanin dicegah dengan memanggang atau mengukus daun sehingga baik warna hijau maupun fitokimia yang sehat dipertahankan.

Bahan-bahan berikut membuat teh hijau sangat sehat :
  • Flavonoid (katekin)
  • Asam amino
  • Mineral
  • Vitamin (A, B, C, E, K)
Selain itu, teh hijau kaya kafein, yang bagaimanapun, hanya dilepaskan secara bertahap. Inilah sebabnya efek stimulasi lebih ringan daripada kopi.
Lebih dari 2.000 penelitian mengaitkan efek kesehatan positif teh hijau dengan terutama katekin.

Secara khusus, aktivitas antioksidan katekin yang 20 kali lebih tinggi daripada vitamin C. Ini secara efektif dapat membuat radikal bebas yang tidak berbahaya serta mencegah banyak penyakit.

Teh hijau juga telah terbukti:
  • menurunkan kolesterol
  • meningkatkan sensitivitas insulin dan dengan demikian mencegah diabetes tipe 2
  • mengurangi serangan jantung dan risiko stroke
  • mencegah demensia
Selain itu, konsumsi teh hijau memiliki efek positif lain untuk meningkatkan pembakaran lemak dengan merangsang metabolisme; alasan mengapa teh hijau telah menjadi pokok dalam industri penurunan berat badan.

Khasiat dan Manfaat Teh Hijau
Manfaat Teh Hijau 
1. Teh hijau Menurunkan Tekanan Darah
Fakta bahwa teh hijau juga merupakan tekanan darah yang baik dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Poznan / Polandia pada tahun 2012. Selama 3 bulan, sekelompok 56 pasien kelebihan berat badan dengan hipertensi menerima kapsul yang mengandung 390 gram ekstrak teh hijau setiap hari.

Dosis ini sesuai dengan sekitar tiga cangkir teh. Sekelompok berukuran sama menerima persiapan plasebo. Pada akhir penelitian, kelompok yang menerima ekstrak memiliki tingkat tekanan darah atas dan bawah mereka turun sebanyak 5 mmHg. Pada kelompok yang menerima plasebo, tidak ada perubahan dalam nilai tekanan darah yang diamati.

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pertimbangkan mengganti secangkir kopi Anda dengan secangkir teh hijau lebih sering.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kanker tertentu seperti kanker usus besar. Sebuah penelitian di Universitas Glasgow / Inggris menunjukkan bahwa katekin dari daun teh hijau bisa menghadirkan peluang baru untuk pengobatan kanker.

2. Teh hijau Menghambat Pertumbuhan Tumor
Para ilmuwan telah mampu mengikat katekin ke media transportasi biologis sehingga dapat mencapai sel tumor secara langsung. Sejauh ini telah berhasil hanya dalam penelitian hewan dalam mengurangi tumor kulit ganas. Kemajuan ini, bagaimanapun, memberikan harapan asli untuk pengembangan masa depan terapi baru melawan penyakit ganas.

Sampai saat itu, Anda dapat mengurangi risiko kanker pribadi dengan meminum secangkir teh hijau setiap hari.

3. Teh hijau bagus untuk diet
Teh hijau sudah tak asing lagi bagi mereka-mereka yang sudah biasa menurunkan berat badan. Pengurus badan secara perlahan-lahan ini tidak menimbulkan efek samping dan terbukti untuk semua orang. Kolesterol akan luntur apabila teh hijau di minum rutin setiap hari.

Teh hijau di Indonesia telah banyak di pasarkan dengan berbagai merk yang telah di promosikan melalui media televisi seperti teh hijau tiens, teh hijau cap kepala jenggot, teh hijau cni, teh hijau 2 tang. Teh hijau juga di sebut pengobatan alternatif alami.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait