Kesehatan Mulut Anda dapat Memicu Penyakit Berat

Kesehatan Mulut - Apakah Anda pernah berhemat dalam rutinitas perawatan mulut Anda belakangan ini? Ketahuilah bahwa ada lebih banyak yang dipertaruhkan selain hanya gigi dan gusi Anda.

Kesehatan mulut Anda dapat mempengaruhi seluruh tubuh Anda. Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara penyakit gusi dan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes, dan bahkan komplikasi kehamilan.

Chief Executive dari British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter, menjelaskan mengapa kesehatan Anda secara keseluruhan terkait dengan kesehatan mulut Anda. "Hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan didokumentasikan dengan baik dan didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Meskipun demikian, hanya satu dari enam orang yang menyadari bahwa orang dengan penyakit gusi mungkin memiliki peningkatan risiko stroke atau diabetes. Dan hanya satu dari tiga adalah sadar akan kaitan penyakit jantung. "

Apa hubungannya?

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana keadaan gusi dan gigi Anda dapat terhubung dengan kesehatan internal Anda. Berikut ini bagaimana penyakit gusi terkait dengan masalah kesehatan yang signifikan:

1. Kesehatan mulut dan jantung Anda
Dalam kasus penyakit jantung, beberapa teori tampaknya terkait dengan bakteri di mulut Anda. Bakteri ini memasuki aliran darah, di mana mereka mendarat di plak arteri yang ada dan membantu dalam pembentukan gumpalan, akhirnya menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Penelitian telah menunjukkan di masa lalu bahwa orang dengan penyakit gusi dua kali lebih mungkin menderita penyakit arteri sebagai orang tanpa penyakit gusi.


2. Kesehatan mulut dan diabetes
Ada hubungan yang lebih kuat antara penyakit gusi dan diabetes, menurut penelitian. Penyakit gusi sebenarnya dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes, atau membuatnya lebih sulit untuk mengontrol diabetes jika Anda sudah menderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi lebih cenderung memiliki gula darah yang tidak terkontrol daripada mereka yang tidak.

3. Kesehatan mulut dan peradangan
Kesehatan Anda secara keseluruhan juga dipengaruhi oleh adanya peradangan di dalam tubuh yang disebabkan oleh penyakit gusi. Semakin banyak peradangan di tubuh Anda, semakin tinggi risiko Anda untuk mengembangkan infeksi dan secara perlahan merusak jantung dan otak selama jangka waktu yang panjang. "Penyakit periodontal meningkatkan beban peradangan tubuh," kata Periodontist Dr Hatice Hasturk dari Forsyth Institute yang berafiliasi Harvard, sebuah organisasi riset nirlaba yang berfokus pada kesehatan mulut.

4. Kesehatan mulut dan komplikasi kehamilan
Ada beberapa bukti bahwa penyakit gusi dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti pre-eklamsia. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa 18 dari 100 kelahiran prematur dapat dikaitkan dengan penyakit gusi. Sayangnya fluktuasi hormonal yang disebabkan oleh kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit gusi karena ini mengubah respons tubuh terhadap plak. Untuk menghindari komplikasi kehamilan dan penyakit gusi sama sekali, penting untuk meningkatkan rutinitas gigi Anda selama kehamilan.

Kunjungi dokter gigi Anda sebelum Anda mencoba hamil untuk menyingkirkan kemungkinan tanda-tanda penyakit gusi dan risiko bakteri di mulut Anda memasuki aliran darah dan mempengaruhi plasenta.

5. Penyakit mulut dan risiko kanker
Penyakit gusi tidak hanya terkait dengan masalah medis di atas, tetapi juga dengan kanker kepala dan leher, seperti yang disebutkan sebelumnya dalam artikel. Bahkan, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kehilangan gigi yang disebabkan oleh penyakit gusi dapat dikaitkan dengan berbagai jenis kanker.

Bagaimana cara mencegah penyakit gusi

Rutinitas kebersihan mulut yang baik adalah kunci untuk membantu mencegah penyakit gusi. Pastikan untuk:

  • Sikat dan floss setidaknya dua kali sehari.
  • Gunakan obat kumur untuk menghilangkan plak.
  • Pergi untuk pemeriksaan rutin di dokter gigi - Anda disarankan untuk pergi setiap enam bulan, meskipun hal ini dapat bervariasi dari setiap tiga bulan hingga dua tahun, tergantung pada kesehatan mulut Anda secara keseluruhan dan risiko penyakit gusi.
  • Bersihkan gigi Anda secara profesional untuk menyingkirkan plak yang keras, juga dikenal sebagai tartar.

Menurut artikel ini sebelumnya, gejala awal penyakit gusi mungkin termasuk gusi berdarah saat menyikat atau flossing; gusi bengkak, merah atau lembut; gigi yang gembur; gusi yang surut atau menjauh dari gigi; nafas bau terus-menerus; atau rasa tidak enak di mulut yang tidak hilang dengan penyikatan atau flossing. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda ketika Anda mengalami gejala-gejala ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi.

Harvard Medical School juga menyatakan bahwa sementara belum ada bukti bahwa mencegah penyakit gusi pasti akan mencegah penyakit lain, masih penting untuk mengakui hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan dan merawat gigi dan gusi Anda dengan baik.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait