Jangan Bawa Agama ke Politik kata Putri Gusdur

Putri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid, menasehati rakyat Indonesia untuk pemilihan 2019. Dia menyarankan agar masyarakat memisahkan urusan politik dari agama.

"Untuk segalanya, hal pertama yang ingin saya katakan adalah bahwa kami ingin pemilihan untuk memilih presiden, memilih wakil rakyat, memilih DPD. Tidak lagi memilih Nabi, tidak lagi memilih imam, tidak lagi memilih Tuhan." Jadi politik , politik, kita berbicara tentang negara, sungguh, "kata Inayah di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (29/12/2018).

Dia meminta kandidat dan kandidat presiden dan wakil presiden untuk mengajukan program. Ia menganggap pemilu itu berbicara tentang politik, bukan agama, sehingga tidak perlu dicampuradukkan.

"Ya, itu (berbicara tentang program), orang ini bukan masalah agama. Ini adalah politik. Ketika kita berbicara tentang politik, kita berbicara tentang kebangsaan, kenegaraan. Kita berbicara tentang fungsi negara," katanya.

"Jadi kita memilih aparatur negara, jadi kita tidak harus membawa agama, karena tidak ada koneksi," lanjutnya.

Dia juga menyoroti jumlah orang di media sosial yang berjuang karena mereka tidak setuju dalam mempromosikan pemimpin masa depan mereka. Menurutnya, ini tidak diperlukan.

"Jadi, beri tahu kandidat untuk membuktikan bahwa dia boleh dipilih. Jangan katakan pada kita untuk membuktikannya kepada mereka, setiap hari kita bertarung, bagi mereka yang telah menggunakan agama, menggunakan masalah identitas, bertanggung jawab," katanya .


Bertanggung jawab berarti bahwa para calon pemimpin diminta menunjukkan program kepada masyarakat bahwa pemimpin itu layak untuk memimpin negara, bukan seorang pemimpin yang memecah belah bangsanya.

"Ya, jangan gunakan itu lagi, karena dampaknya bisa buruk, komunitas bisa dipisahkan, bisa dikotak-kotakkan. Tidak benar-benar tepat bagi kita untuk menghadapi efek seperti itu, hanya untuk pertempuran lima tahun," dia disimpulkan

Sumber : https://news.detik.com/berita/4363635/putri-gus-dur-masyarakat-nggak-usah-baper-bawa-agama-ke-politik

Artikel Terkait