Cara Menanam Kelengkeng Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Kelengkeng (lengkeng) adalah jenis tanaman tahunan dengan sistem akar yang cukup luas, batang yang kuat, dan akar tunggang yang sangat dalam. Untuk karakter fisiknya sendiri, lengkeng memiliki pohon yang cukup besar dan banyak cabang.

Adapun daun buahnya adalah sejenis daun majemuk, di mana setiap batangnya memiliki tiga hingga enam pasang daun. Bagian bunga lengkeng adalah dalam bentuk malai kuning muda di ujung ranting, dan cukup kecil. Sebab buahnya sendiri memiliki ukuran kecil, seukuran kelereng dengan kulit coklat cerah, tidak berbulu, memiliki daging bening, rasanya manis, dan aroma khas. Biji lengkeng berwarna hitam kecoklatan.

Kelengkeng dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 300-900 m di atas permukaan laut. Tanah yang dibutuhkan untuk budidaya lengkeng cukup untuk memiliki tekstur tanah yang halus dengan tingkat pH 5,5 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya lengkeng adalah iklim tipe B atau basah, iklim D atau sedang, dan. tipe C atau agak basah. Tanaman lengkeng dapat tumbuh dengan baik di area terbuka.

Biji lengkeng
Biji lengkeng dapat diperoleh secara vegetatif dan generatif. Namun, biasanya disarankan untuk menggunakan benih dari pembiakan vegetatif. Pemuliaan vegetatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk:
  • Koneksi. Intinya, sistem koneksi dilakukan dengan melampirkan bagian-bagian tertentu dari tanaman yang telah ditentukan ke bagian-bagian tertentu dari tanaman yang berfungsi sebagai induk, untuk selanjutnya menjadi satu tanaman.
  • transplantasi. Dalam bentuk mengeksploitasi sistem akar cabang tanaman dengan tidak memotong cabang induknya
  • Kompilasi. Metode pemuliaan vegetatif melalui persiapan dianggap lebih baik daripada sistem okulasi dan okulasi, karena batang atas dan batang bawah tidak harus memiliki usia yang sama.
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sistem pemuliaan vegetatif di atas, termasuk:
- Menghasilkan tanaman dengan sifat yang mirip dengan induknya.
- Tanaman tidak terlalu tinggi, sehingga lebih mudah dipelihara dan dipanen.
- Tanaman berbuah cepat.


Proses penanaman
1) Persiapan lahan
Untuk persiapan lahan, pertama-tama persiapkan lubang tanaman berukuran 60 x 60 cm dengan jarak setiap lubang tanam 10 x 10 m, dan kedalaman 60 cm. Selanjutnya, isi lubang dengan tanah yang dicampur dengan kompos atau pupuk kandang. Perbandingan tanah dan kompos adalah 3: 1.

2) Menanam lengkeng
Menanam benih tanaman lengkeng yang berasal dari pemuliaan vegetatif sebenarnya sama dengan menanam benih lengkeng dari biji. Namun, lubang tanam harus dibuat lebih dalam agar sistem akar menjadi lebih luas dan tanaman tidak mudah roboh.

Pemeliharaan
1) Pemupukan
Tahap pemupukan tanaman kelengkeng dapat dilakukan dua kali setiap tahun, yaitu pada awal musim hujan dan memasuki musim kemarau. Untuk pemupukan itu sendiri dengan merendam pupuk ke dalam tanah di sekitar tanaman yang kira-kira lebarnya sama dengan lingkar luar kanopi daun (dari batang utama).

2) Pemangkasan
Pemangkasan adalah kegiatan memotong beberapa cabang dan cabang tanaman yang bertujuan sebagai berikut:
- Untuk memperbanyak cabang atau cabang.
- Untuk mempersingkat ketinggian pohon, membuatnya lebih mudah dipanen.
- Meremajakan tanaman.
- Untuk berbuah cepat
- Sebagai ukuran kontrol terhadap hama dan penyakit.

Hama dan penyakit
Biasanya tanaman lengkeng cukup tahan terhadap berbagai serangan hama dan penyakit. Jenis-jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman lengkeng termasuk kutu daun, akar hitam, uret, buah busuk, dan bercak daun. Langkah-langkah untuk mengendalikan hama dan penyakit selain melalui pemangkasan juga dapat dilakukan dengan membungkus atau mengemas buah menggunakan pestisida dan kreneng.

Panen
Ciri-ciri kelengkeng siap panen adalah sebagai berikut:
- Aroma buah lengkeng berbau harum
- Buahnya padat dan warnanya lebih cerah

Ketika buah lengkeng telah menunjukkan tanda-tanda ini, lengkeng dapat dipanen segera dengan memetik dari batang. Untuk menangani kelengkungan pasca panen itu sendiri, cukup mudah, yaitu, hanya dengan mengumpulkan beberapa batang menjadi satu, kemudian diikat dan lengkeng siap dipasarkan.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.