Cara Menanam Buah Durian Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Durian ( duren ) ini berasal dari Thailand. Tanaman Durian Monthong adalah tanaman yang mulai populer. Mampu berproduksi pada umur 4-5 tahun sejak ditanam dengan bibit dari pucuk-pucuk, Produksi buahnya cukup banyak. 

Dapat ditanam di berbagai tempat. Sayangnya, tanaman ini tidak memiliki ketahanan terhadap Phytophthora .sp. Bentuk buahnya bervariasi, dari panjang sampai panjang persegi. Memiliki batang besar dan sedikit tersusun. Berat buah bisa mencapai 6 kg. Kulitnya tebal dengan warna hijau. Ada juring 5. Warna daging buah kuning keemasan, ada yang creamy. Dagingnya sangat kental dengan rasa manis manis dan aroma manis sedang, rasa yang paling banyak di sukai dan mahal yakni rasa manis-manis pahit.

Ciri-ciri durian telah matang akan jatuh dari pohonnya dan harum khas durian, namun apabila anda membeli di pasar susah membedakan mana durian yang sudah masak dan yang belum masak karena kita tidak tahu buah yang di jual jatuh dari pohon dengan sendirinya atau memang di petik oleh tangan manusia, harum khas durian bisa di semprot dengan pewangi. 

Butuh kepekaan dan terbiasa membeli durian untuk mengetahui buah durian matang atau belum matang, mungkin itu sedikit tips mengetahui durian siap di makan.

Manfaat Duren
Buah durian matang, yang dapat disajikan, yang merupakan bagian yang dapat dimakan, yang dikonsumsi dalam kondisi segar. Di pasaran, buah durian ini mengiklankan dirinya melalui aroma yang kuat dan khas. 

Buah durian sangat penting bagi masyarakat, sehingga panen padi di Indonesia akan terbengkalai jika bertepatan dengan panen buah durian, dan hingga puncak panen durian masyarakat masih bersemangat untuk membelinya. Buah durian diawetkan dengan mengeringkan buah menjadi kue durian, atau diolah menjadi dodol; dapat juga difermentasi atau dibuat acar. 

Sekarang durian arilus juga dipersingkat dan dibungkus, kemudian dibekukan untuk menambah pasokan durian; dengan cara ini buah durian dapat diterima di pasar ekspor. Rasa durian lebih disukai di es krim dan kue. Biji durian yang direbus atau dibakar dimakan sebagai cemilan. Tunas dan buah muda masih bisa dimasak untuk sayur. 

Kulit buah kering digunakan sebagai bahan bakar, terutama untuk kembung ikan. Beberapa bagian pohon durian digunakan sebagai obat; Buah durian dianggap menyembuhkan orang sakit atau hewan sakit. Menurut kepercayaan umum, orang yang menghabiskan durian disertai dengan minuman beralkohol dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian. Kayu kasar dan ringan tidak tahan lama, tetapi dapat digunakan untuk konstruksi di rumah klan alat rumah murah.

Cara Menanam Durian
Kondisi Tumbuh
Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaik dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman ini menyukai daerah dengan iklim basah atau tempat yang memiliki banyak hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya adalah tanah lembab, pinggiran kota, gembur, tidak berbatu, dan ketinggian air tanah tidak lebih dari 1 m.

Pedoman Budidaya Durian
Di Indonesia, sebagian besar durian masih tumbuh dari biji, meskipun beberapa metode perbanyakan juga telah dilakukan. Di Filipina, multiplikasi dengan biji telah diganti dengan konektor inarching dan sambungan fisura (cangkok sumbing). Di Thailand, pembibitan mendapatkan sejumlah besar 1 pohon durian dengan dua cara. Kompilasi tradisional mungkin merupakan konektor pengamplasan yang cukup sederhana dan sangat sukses.

Coba adalah batang bawah yang dipelihara dalam tas yang diarsir dan dimasukkan ke cabang kecil di pabrik induk. Cara lain adalah dengan menghubungkan hipokotil, gunakan bibit dalam pot, biarkan 5-6 minggu, yang digabung bersama dengan batang atas mini yang dipotong dari tunas lateral tipis. Perawatan fungisida, transisi plastik, dan naungan diperlukan untuk mendukung jaringan yang rapuh. Lima pekerja yang berhasil mengerjakan 300 koneksi, bekerja dari jam 8 malam hingga tengah malam.

Menghindari panas di siang hari dikatakan sebagai faktor penting yang mencapai tingkat keberhasilan di atas 90176. Biji durian kv. HanChanee umumnya digunakan di Thailand untuk meningkatkan pasokan batang bawah. Anakan durian dapat ditanam di lahan setelah pertemuan 1 tahun, dengan jarak tanam 8-16 m. Naungan dibutuhkan di tahun pertama. Pada jarak yang lebih dekat, mungkin kebun durian perlu ditipis setelah 8-1. 

Pemilihan bibit durian sangat di perlukan yang di mulai dari pemilihan biji durian yang berkualitas. Tidak sembarang memilih biji, harus memilih biji yang bagus dan rapi, serta asal usul biji tersebut berasal dari pohon induk berkualitas.

Perawatan
Gulma dibersihkan dan dibiarkan sebagai mulsa, tetapi tanah di bawah kanopi pohon dibudidayakan bebas dari gulma. Penyedotan unsur hara hingga panen mencapai 2,4 kg N, 0,4 kg P, 4,2 kg K, 0,3 kg Ca, dan 0,5 kg Mg per ton buah, tetapi total penyedotan unsur hara tidak pernah terjadi.

Praktik di Thailand menyediakan pupuk majemuk yang mendekati tetes-garis segera setelah kuncup bunga muncul, didukung oleh pemberian pupuk di tanah jika sudah ada pembuatan buah yang padat; pupuk lain diberikan setelah panen. Jika pupuk tersedia, pupuk terakhir dapat disetujui.

Orang bilang Pohon durian adalah pohon yang mudah marah berlarut-larut (ngambek), apabila kita salah memberikan pupuk akan marah, yang awalnya buahnya lebat dan rasanya enak akan berubah tidak lebat dan tidak enak bahkan tidak berbuah lagi. Jadi susah susah gampang budidaya buah durian ini.

Alasan pihak maskapai penerbangan menolak penumpang yang membawa buah durian karena bau yang sangat menyengat. Tidak semua orang menyukai bau durian, adapun orang yang sangat sensitif dengan baunya akan kambuh penyakitnya seperti orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.