10 Cara Mencegah Pencernaan Tidak Lancar 100% Ampuh

Cara Mengatasi Pencernaan Tidak Lancar - Ada banyak langkah dasar dan mudah yang dapat kita semua ambil untuk memperbaiki pencernaan. Setiap orang pasti pernah merasakan penecernaan tidak lancar, tidak hanya manusia yang merasakan seperti ini, hewan pun juga merasakan pencernaan tidak lancar. Kebiasaan buruk berakibat kesehatan terganggu, mari jaga kesehatan sebelum penyakit datang.

Ini 10 Cara Mencegah Pencernaan Tidak Lancar 100% Ampuh :

1. Jangan makan berlebihan. Makan berlebih menyebabkan lebih banyak tekanan pada keseluruhan sistem pencernaan dan menghalangi pencernaan yang baik.

2. Luangkan waktu untuk makan, dan kunyah makanan Anda secara menyeluruh. Fungsi gigi adalah secara mekanis memecah makanan menjadi partikel terkecil sehingga dapat lebih mudah ditindaklanjuti oleh cairan pencernaan dan enzim. Pastikan Anda memanfaatkan semuanya! Beberapa ahli menyarankan bahwa setiap suapan makanan harus dikunyah setidaknya 30 hingga 40 kali sebelum ditelan.

Menurunkan makanan tanpa mengunyah dengan benar menghalangi proses pencernaan bahkan sebelum dimulai. Makan lebih lambat juga memungkinkan sinyal dari
perut untuk memberitahu kita bahwa kita kenyang, mencegah makan berlebihan.

3. Hindari makan 'on the run', ketika stres atau saat melakukan sesuatu yang lain. Stres dalam bentuk apa pun entah itu dari tempat kerja atau sekadar menonton sesuatu yang emosional atau menjengkelkan di televisi menyebabkan respons stres tubuh Anda untuk menendang masuk. Sinyal saraf dialihkan dari saluran pencernaan dan menuju bagian-bagian tubuh yang diperlukan untuk 'pertarungan atau reaksi penerbangan: misalnya, jantung, untuk membuatnya berdetak lebih cepat, dan otot lengan dan kaki.

Bahkan jika Anda tidak terlalu stres, makan sambil berlari atau mencoba melakukan sesuatu yang lain pada saat yang sama dengan makan mengalihkan perhatian Anda dari makanan, membuat Anda cenderung untuk tidak mengunyahnya dengan benar, dan membuat Anda lebih mungkin untuk makan berlebihan.

4. Pastikan Anda mendapat cukup serat. Serat memastikan makanan bergerak secara normal melalui saluran pencernaan, mengeluarkan tinja untuk buang air besar yang baik, dan benar-benar memberi makan bakteri baik dalam usus, yang kemudian menghasilkan zat yang menyehatkan sel-sel usus. Sumber utama serat dalam diet Anda adalah sayuran, dan banyak dari mereka, karena mereka kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan serta serat.

Buah-buahan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan (lentil, buncis) dan biji-bijian juga bisa menjadi sumber yang baik. Namun, dalam beberapa kasus, terutama dengan IBS, penyakit radang usus dan kondisi pencernaan lainnya, terlalu banyak makanan berserat tinggi dapat memperparah gejala, terutama gandum utuh atau dedak gandum, biji-bijian lain yang mengandung gluten (rye, spelt, oats) dan kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Cara Mengatasi Pencernaan Tidak Lancar
5. Minum air putih yang cukup, tetapi di antara waktu makan. Cairan diperlukan untuk memindahkan makanan melalui sistem pencernaan, untuk menghasilkan jus pencernaan kita, dan melumasi tinja untuk mendorong gerakan usus yang normal. Kebanyakan orang harus minum antara 6 dan 8 gelas air sehari, atau 1,5 hingga 2 liter. Tetapi mayoritas ini harus diminum jauh dari makanan, karena dapat mencairkan asam lambung dan cairan pencernaan terlalu banyak ketika diminum dengan makanan.

6. Hindari makanan dan minuman yang mengganggu pencernaan atau mengiritasi saluran pencernaan. Ini termasuk kopi, teh, alkohol, minuman bersoda, makanan yang sangat dibumbui dan makanan yang digoreng. Alkohol mengiritasi lambung dan dapat mengurangi penyerapan nutrisi, jadi untuk pencernaan optimal harus dikurangi hingga minimum, atau diminum sesekali.

Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi, cobalah untuk mengurangi tidak lebih dari satu cangkir sehari, dan minum ini dari makanan; teh tidak mengiritasi, tetapi masih dapat mengganggu penyerapan nutrisi sehingga idealnya harus terbatas tidak lebih dari dua cangkir sehari, sekali lagi dari makanan. Minuman bersoda harus dihindari sama sekali. Makanan berbumbu dapat menyebabkan iritasi pada usus, dan makanan yang digoreng sulit dicerna serta mengandung lemak yang tidak sehat.

7. Hindari gula, makanan bergula dan karbohidrat olahan. Gula dapat mendorong pertumbuhan ragi dan bakteri 'jahat', yang mengganggu pencernaan kita dan kerja dari bakteri 'baik'.

Karbohidrat olahan
- Berarti makanan yang dibuat dengan tepung putih, seperti roti putih, kue, dll.
- cepat terurai menjadi gula, memiliki efek negatif yang sama dengan makan makanan manis. Mereka juga mengandung nutrisi minimal dan sedikit atau tanpa serat untuk mendorong fungsi pencernaan yang sehat.

8. Jangan makan larut malam. Idealnya, makanan terakhir hari ini harus tidak kurang dari 3 jam sebelum Anda pergi tidur. Kita mencerna lebih baik ketika kita bangun, dan tegak daripada berbaring. Selanjutnya, tahap awal pencernaan membutuhkan banyak pekerjaan pada bagian sistem pencernaan, yang idealnya harus beristirahat di malam hari. Jika Anda harus makan nanti di malam hari, makan hanya ringan seperti sup yang dapat dengan mudah dan cepat dicerna.

9. Dapatkan beberapa latihan! Aktivitas fisik membantu menstimulasi aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk usus. Ini juga merangsang otot-otot saluran pencernaan, membantu memindahkan makanan di sepanjang itu, dan mendukung gerakan usus yang sehat. Jangan melakukan olahraga intens setelah makan, namun - tinggalkan setidaknya 2 jam setelah makan.

10. Minumlah segelas air dengan jus lemon segar di pagi hari sebelum sarapan. Ini dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan merangsang pencernaan.

Jika membutuhkan tips sehat untuk jantung silahkan kunjungi halaman ini, dan untuk camilan yang cocok untuk penderita diabetes melitus bisa anda kunjungi halaman sebelumnya.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel di atas, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait