Solusi Gangguan dan Kelainan dalam Sistem Gerak

Ayo OlaRaga - Gangguan dan Kelainan dalam Sistem Gerak dan Upaya untuk Mencegah dan Mengatasinya - Pernahkah Anda melihat seseorang di kursi roda? salah satu alasan orang menggunakan kursi roda adalah karena orang mengalami patah tulang atau patah di kaki sehingga orang tersebut tidak dapat berjalan normal. Fraktura adalah jenis kelainan yang terjadi pada sistem gerak manusia. Mari kita pelajari beberapa kelainan dan kelainan yang sering terjadi pada sistem gerak berikut.

1. Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium. Osteoporosis umumnya terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Orang yang lebih tua biasanya menghasilkan lebih sedikit hormon, sehingga ooboblas sebagai pembentuk tulang kurang aktif dan massa tulang menurun. Tulang kekurangan tulang akan menjadi rapuh dan mudah patah.

Ostoporosis


2. Riketsia
Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pergeseran tulang terganggu. Penyakit ini terjadi pada anak-anak. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membungkuk seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.


Penyembuhan dan pencegahan penyakit ini adalah dengan menambahkan kalsium, fosfor dan vitamin D ke dalam diet. Vitamin D dapat diperoleh dari makanan, suplemen, dan berjemur di bawah terik matahari pagi.

Seseorang yang berusia 1-70 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 15 gram / hari. Sedangkan seseorang yang berusia 70 tahun ke atas membutuhkan vitamin D sebanyak 20 gram / hari. Mengapa  sinar matahari pagi melalui berjemurdapat menambah vitamin D? Melalui 10-15 menit tubuh terkena  sinar matahari, sinar ultraviolet dari matahari akan membantu tubuh mengaktifkan pro vitamin D.

Vitamin D aktif akan meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, sehingga meningkatkan jumlah kalsium dan fosfor dalam darah. Sehingga meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh akibat paparan sinar matahari, itu akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga dapat membantu memperbaiki rakhitis tulang.

3. Arthritis
Arthritis adalah penyakit sendi. Pasien dengan penyakit ini telah merusak tulang rawan sendi. Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok seperti yang ditunjukkan di bawah ini.



Kadang-kadang kadang-kadang sendi arthritis tidak dapat dipindahkan. Rematik adalah bentuk artritis. Beberapa hal yang menyebabkan arthritis adalah gangguan metabolisme asam urat, sehingga asam urat yang terkubur di persendian dan menyebabkan rasa sakit, terutama pada jari tangan dan kaki, akumulasi kapur antara kedua tulang membuat sendi sulit bergerak dan kaku. Upaya untuk mengurangi terjadinya arthritis adalah dengan makan makanan yang seimbang

4. Fraktura
Tulang memiliki struktur yang kuat dan lentur, tetapi tulang juga bisa patah. Salah satu penyebab patah tulang adalah karena tulang memiliki dampak yang keras, misalnya saat kecelakaan atau jatuh dari tempat yang tinggi. Patah tulang disebut patah tulang.


Ada beberapa jenis fraktur, umumnya dapat dikelompokkan menjadi fraktur tertutup dan fraktur terbuka. Jika tulang yang patah tidak menembus kulit, itu disebut fraktur tertutup.

Buka fraktur terjadi ketika tulang yang patah keluar melalui kulit. Fractura juga dapat dibedakan berdasarkan kondisi patah tulang. yaitu italics, kominuta (dibagi menjadi bagian kecil) dan spiral. Agar Anda tidak mengalami patah tulang karena kecelakaan, berhati-hatilah saat berolahraga.

5. Kyphosis, Lordosis, dan Skoliosis
Tulang belakang manusia normal tidak lurus, tetapi melengkung. Jadi Anda tahu itu, lihat gambar di bawah ini.



Bentuk tulang belakang mempengaruhi bentuk tubuh kita. Cobalah amati bentuk tubuh teman pria Anda ketika berdiri dan dilihat dari samping. Apa bentuknya? tulang belakang bisa mengalami kelainan. Tiga gangguan tulang belakang yang umum adalah lordosis kyphosis dan skoliosis.

1. Kyphosis
Kyphosis adalah kelainan dengan kelengkungan tulang belakang yang berlebihan di dada ke arah belakang, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Orang dengan kyphosis terlihat seperti tubuh. Fikosis dapat disebabkan karena penyakit seperti tuberkulosis dan rakhitis atau kebiasaan duduk yang salah.

2. Lordosis
Lordosis adalah kelainan dengan kelengkungan tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di pinggang, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Orang yang mengalami gangguan ini terlihat lebih menonjol ke depan. Lordosis dapat disebabkan karena perut pasien terlalu besar misalnya karena hamil atau obesitas, riketsia atau karena kebiasaan duduk yang salah.

3. Skoliosis
Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang ke sisi arang, seperti yang ditunjukkan. Skoliosis dapat disebabkan oleh polio atau kebiasaan duduk atau berada dalam posisi yang salah

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Artikel Terkait